Susah Dapat Kerja? Lakukan 4 Hal Ini

Mencari Kerja

Mencari Kerja

Sebagian dari kita tentu pernah merasakan betapa susahnya mendapatkan pekerjaan, bukan?. Keadaan perekonomian yang kian sulit serta tingginya tingkat persaingan pencari kerja, mengharuskan kita untuk lebih kreatif dan jeli dalam melihat potensi yang ada.

Tidak sedikit yang menunggu begitu lama untuk bisa memperoleh pekerjaan yang mereka dambakan. Apabila posisi Anda sekarang ini bertentangan dengan apa yang Anda inginkan, tentu kegelisahan bisa terjadi kapan saja.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa memperoleh pekerjaan yang di dambakan dengan cepat, seperti dikutip dari halaman careerealism, berikut ulasannya.

Cari lowongan di waktu yang tepat

Dalam mencari kerja, ada bulan-bulan tertentu di mana perusahaan sedang mencari karyawan dalam jumlah besar yaitu bulan Januari – Februari, dan September – Oktober. Mencari kerja sekar bulan tersebut mempunyai kesempatan lebih besar untuk segera dipilih sebagai karyawan.

Proses pencarian karyawan sedikit melonggar pada musim panas. Apabila Anda berencana ingin mencari kerja pada waktu ini, sebaiknya urungan niat Anda tunggu satu atau dua bulan ke depan. Perbaruilah CV, surat lamaran kerja dan membangun jaringan yang luas sembari menunggu waktu yang tepat.

Baca: Seperti Apa Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

Biarkan orang tau bahwa Anda sedang mencari kerja

Apabila Anda hanya mencari kerja melalui internet, maka Anad melewatkan kesempatan yang berharga. Survei membuktikan, 41% bagian HRD memperoleh karyawan melalui jaringan dari juga teman-temannya. Ada begitu banyak posisi pekerjaan yang tidak di publish secara Online.

Janganlah ragu membuat pernyataan publik bahwa Anda sedang mencari kerja. Cobalah untuk menghubungi kembali rekan-rekan Anda secara pribadi, tanyakanlah apakah terdapat posisi pekerjaan.

Berikan gambaran jelas tentang apa yang sudah Anda lakukan sebelumnya

Banyak orang yang memilih menulis tujuan dan sasaran yang ingin diraih di dalam resumenya. Bahkan ada pula yang terlalu bertele-tele dalam menulis resume. Sebaiknya, cobalah tuliskan apa yang telah Anda peroleh dari pekerjaan sebelumnya pada resume yang dibuat. Hal ini sangat membantu pewawancara kerja untuk mengetahui apa dan seberapa besar kemampuan yang Anda miliki.

Hati-hati dengan sosial media

Mulai sekarang Anda mesti berhati-hati terhadap unggahan Anda ke sosial media. Sebab, sangat mungkin pihak HRD melihat sosial media dari Anda sebagai pencari kerja. Survey membuktikan, bahwa sekitar 43% HRD perusahaan mencari kandidat di sosial media. Mengunggah postingan yang tidak sepantasnya maupun informasi rahasia yang seharusnya tidak dibagikan, bisa merugikan Anda dalam memperoleh pekerjaan yang diimpikan. Apabila di dalam CV Anda melampirkan sosial media, pastikanlah terlebih dahulu bahwa postingan di sosial media tersebut tidak ada masalah.

Add Comment