4 Cara Menggunakan CCTV agar Hasilnya Maksimal

Cara Menggunakan CCTV – Penggunaan CCTV dapat dimaksimalkan dengan segala macam cara yang sederhana. Namun masih banyak yang belum mengetahui dan paham terhadap bagaimana cara menggunakan CCTV agar hasilnya maksimal. Peran kamera CCTV sangat penting, dengan adanya kamera CCTV maka kita dapat mencegah tindak pencurian dan bisa digunakan untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan.

cara menggunakan cctv

Image Credit: stux / pixabay.com

Kamera CCTV merupakan alat yang sangat penting di dalam menjaga keamanan, terlebih untuk digunakan di tempat usaha. Apabila cara penggunaan atau cara memasang cctv tersebut dilakukan dengan benar, maka pemilik usaha dapat mengetahui segala aktivitas atau kegiatan semua karyawan dan sewaktu malam hari maka kamera CCTV ini dapat mengawasi keadaan ruang usaha.

Baca: Sejarah CCTV Analog Hingga Menjadi CCTV Online

Tentunya Anda selaku pemilik usaha berharap kamera CCTV yang terpasang di tempat usaha Anda dapat merekam segala kegiatan termasuk tindak kejahatan para pelaku dengan begitu jelas yang kemudian rekaman tindak kejahatan tersebut di jadikan sebagai barang bukti untuk di proses oleh pihak yang berwenang.

Lantas bagaimana cara menggunakan CCTV agar hasilnya maksimal ? Berikut ulasannya.

4 Cara Menggunakan CCTV agar Hasilnya Maksimal

Beli Kamera CCTV Sesuai Kebutuhan.

Agar penggunaan kamera CCTV maksimal, maka lebih baik beli kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih kamera untuk digunakan pada malam hari atau siang hari, sebab kamera CCTV yang digunakan untuk malam dengan siang hari berbeda.

Jika berencana menggunakan kamera CCTV untuk siang hari saja, maka jenis kameranya sudah banyak yang mendukung. Namun jika kamera tersebut digunakan untuk memantau keadaan ketika malam hari, maka ketika membeli sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah kamera tersebut terdapat infrared atau tidak.

Tempatkan Kamera CCTV di Tempat yang Tepat.

CCTV akan berfungsi maksimal apabila di tempatkan di tempat yang tepat. Ketika memasang CCTV, maka pada bagian bidikannya jangan sampai terhalang benda. Perhatikan pula tinggi peletakannya serta perhatikan pula jarak tangkapnya. Jangan sampai terdapat area maupun sudut yang tak terekam oleh kamera, sebab hal ini dapat dijadikan celah oleh pencuri.

Pilih Kamera CCTV serta Lensa CCTV yang Tepat.

Pilihlah kamera CCTV yang sesuai dengan fungsi kamera CCTV tersebut. Gunakanlah lensa yang sesuai, apakah lensa untuk siang hari atau lensa untuk malam hari.

Pilih DVR CCTV yang Tepat.

Pemilihan CDR pun penting dilakukan ketika hendak memasang CCTV. Dalam pemilihan CDR, sebaiknya sesuaikan dengan kamera CCTV yang akan di pasang. Apabila CCTV yang dipasang berjumlah 4 maka gunakanlah 4 layar tampilan layar CCTV. Untuk tampilan layar CCTV itu sendiri ada yang 4, 8 hingga mencapai 16 tampilan layar. Itulah 4 Cara Menggunakan CCTV agar Hasilnya Maksimal.

Add Comment