4 Tips dan Cara Merawat Mobil Sport

 

4 Tips dan Cara Merawat Mobil Sport

4 Tips dan Cara Merawat Mobil Sport – Image: OpenClipartVectors / pixabay.com

4 Tips dan Cara Merawat Mobil Sport – Di Indonesia keberadaan mobil sport sudah tidak asing lagi. Baik itu melihat mobil sport melintas di jalan raya atau mungkin Anda merupakan salah satu pemilik mobil sport.

Bahkan sejumlah perusahaan mobil sport membuka outletnya di sejumlah kota besar Indonesia, seperti perusahaan Lamborghini, Porsche, BMW, jaguar, dan lainnya. Dalam merawat mobil sport tidak sama seperti merawat mobil sedan biasa. Perawatannya tidak boleh asal-asalan. Lantas bagaimana cara merawat mobil sport ? berikut ulasannya.

4 Tips dan Cara Merawat Mobil Sport

1.Penggantian oli 6 bulan sekali

Oli berperan penting bagi setiap kendaraan. Sama seperti mobil lainnya, mobil sport pun memerlukan penggantian oli. Sebaiknya ganti oli setiap 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan supaya mesin tetap maksimal serta aman. Jika penggunaan oli melebihi 6 bulan, maka oli film akan berubah serta mesin akan kasar. Minyak rem yang ada pada mobil sport mesti rajin diperiksa. Minimal dikuras sekitar 2 tahun sekali.

2. Penggunaan bahan bakar

Bagi pengguna mobil sport, hal lainnya yang tak boleh dilupakan ialah bahan bakar. Tentunya bahan bakar yang digunakan oleh mobil sport berbeda dengan bahan bakar mobil sedan biasa. Apabila diisi dengan bahan bakar yang tidak sesuai maka akan memperpendek umur mesin, mesin mobil akan berkerak sehingga kehilangan daya. Untuk mobil sport menggunakan bahan bakar RON tertinggi.

3. Bodi Kendaraan

Tidak hanya memperhatikan keadaan mesinnya saja, namun bodinya pun perlu diperhatikan, perlu dirawat dengan benar supaya tetap terlihat mulus, tidak terjadi korosi serta memancarkan pesona elegan.

Agar bodi mobil tak terjadi korosi, sebaiknya lakukanlah pengecekan bodi mobil satu tahun sekali. Korosi dapat terjadi akibat pengaruh iklim serta lingkungan. Bagi Anda pemilik sport yang tinggal dekat dengan laut, sebaiknya sering periksa keadaan bodi mobil sportnya, karena mempunyai risiko yang lebih sebab kadar garam di daerah tersebut sangat tinggi.

4. Mengontrol Sistem Keamanan

Sistem pengamanan yang ada di dalam mobil sport berbeda dengan mobil biasa. Di dalam mobil sport tertanam sejumlah fitur seperti Dynamic Stability Control (DSC), Active Stability Control (ASC), serta Antilock Braking System (ABS).

Pengguna mesti mengetahui fungsi dari fitur keamanan yang ada di dalam mobil sport. Periksa pula apakah semua sistem pengaman aktif berfungsi dengan baik. Sistem keamanan yang ada pada mobil sport saling berhubungan. Terdapat indikator yang mesti diperiksa sebelum mobil sport digunakan. Demi keselamatan, semua sistem tersebut mesti dipastikan aktif atau berfungsi. Semoga 4 Tips dan Cara merawat mobil sport bermanfaat.

Add Comment