5 Hal Sebelum Mengambil Kredit Mobil Bekas atau Baru

Kredit Mobil Bekas atau Baru

Kredit Mobil Bekas atau Baru – Image: OpenClipartVectors / pixabay.com

5 Hal Sebelum Mengambil Kredit Mobil Bekas atau Baru – Mempunyai mobil merupakan impian bagi semua orang. Akan tetapi, karena harga mobil yang begitu mahal menjadikan seseorang memilih opsi untuk membelinya secara kredit melalui bank maupun memalui lembaga peminjaman uang yang lainnya.

Apabila Anda berencana hendak mengajukan kredit mobil bekas atau baru, sebaiknya pertimbangkan dahulu beberapa hal berikut ini supaya Anda tak menyesal di kemudian hari. Berikut ulasannya.

5 Hal Sebelum Mengambil Kredit Mobil Bekas atau Baru

Uang Muka

Biasanya uang muka untuk kredit mobil sekitar 20% hingga 30% dari harga mobil. Kredit mobil tidak sama seperti kredit motor di mana bisa melakukan kredit tanpa dp atau tanpa uang muka. Maka dari itu siapkanlah sejumlah uang untuk membayar uang muka.

Suku Bunga

Hal selanjutnya yang mesti diketahui dalam melakukan kredit mobil bekas atau baru ialah suku bunganya. Terdapat dua jenis suku bunga yang dapat dipergunakan di dalam proses perkreditan mobil yaitu suku bunga tetap serta suku bunga mengambang.

Untuk suku bunga tetap itu berarti bunga yang diberikan pada kredit bersifat tetap setiap bulannya sampai masa kredit berakhir. Sedangkan untuk suku bunga mengambang berarti bunga yang diberikan akan berubah setiap bulannya ataupun setiap tahunnya.

Denda

Jangan beranggapan bahwa mengambil kredit mobil merupakan langkah yang gampang. Apabila Anda tak siap secara finansial, maka bersiaplah menerima denda dari bank. Apabila Anda telat dalam membayar cicilan bulanan, maka pihak bank akan memberikan denda serta tambahan bunga. Denda tersebutlah yang nantinya akan memberatkan Anda jika pembayarannya terus ditunda.

Penjamin

Sewaktu bank memberikan pinjaman kredit mobil, tentunya bank tak mau mengambil risiko serta mengalami kerugian. Maka dari itu, umumnya pihak bank akan meminta Anda untuk mencari seorang atau pihak penjamin sebagai persyaratan bahwa Anda mampu membayar kredit mobil tersebut. Jika suatu saat Anda gagal dalam membayar cicilan beserta dendanya maka penjamin inilah yang harus bertanggung jawab.

Asuransi

Sebagai upaya perlindungan kepada nasabah supaya tak mengeluarkan banyak uang sewaktu mengalami kecelakaan, biasanya pihak bank mewajibkan kepada peminjam kredit mobil supaya mengasuransikan mobilnya. Biasanya asuransi yang mesti di ambil yaitu asuransi mobil All Risk atau asuransi mobil Komprehensif.

Baca: Ini Manfaatnya jika Memiliki Asuransi Mobil

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kredit mobil bekas atau baru. Apabila Anda serta penjamin Anda sama sekali gagal atau tidak mampu melunasi kredit mobil, maka pihak bank akan mereposisi mobil apabila. Janganlah mangkir dari kewajiban dalam membayar cicilan. Apabila secara finansial memang belum mampu, lebih baik urungkanlah niat Anda untuk kredit mobil.

Add Comment