5 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal Di kemudian Hari

5 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal

5 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal

5 Tips Membeli Mobil Bekas – Bagi yang ingin membeli mobil namun dana yang dimiliki masih minim, mungkin membeli mobil bekas bisa jadi pilihan. Dalam membeli mobil bekas, sebaiknya perhatikan hal berikut ini agar aman, tidak tertipu dan tidak menyesal di kemudian hari.

Baca: Gaji 3 jt an Bisa Beli Mobil, Seperti Ini Caranya

Kebanyakan dari kita sewaktu hendak membeli sesuatu hanya melihat dari penampilan fisiknya saja, begitu pula dengan membeli mobil bekas. Dalam membeli mobil bekas tidak hanya menilai dari masih mulus atau tidaknya mobil tersebut.

Bagi Anda yang berencana membeli mobil bekas, berikut beberapa tips membeli mobil bekas yang mesti diperhatikan.

5 Tips Membeli Mobil Bekas

Cek fisik.

Tips membeli mobil bekas yang pertama adalah memeriksa lebih teliti kondisi fisik kendaraan merupakan salah satu hal penting dalam membeli mobil bekas. Kondisi fisik dari mobil bekas yang dibeli akan berkaitan dengan keadaan finansial Anda di masa depan.

Besar kecilnya dana perbaikan bergantung pada ketelitian ketika meninjau mobil tersebut. Apabila mempunyai dana lebih tentu tidak masalah jika terjadi kerusakan, namun bagaimana jika tidak mempunyai cukup dana?

Hal penting yang mesti diperhatikan sewaktu memeriksa kondisi mobil bekas antara lain kondisi mesin, jarak tempuh, kondisi bodi, kondisi transmisi, kondisi interior, kondisi cat dan kondisi kelistrikan. Sewaktu memeriksa mobil bekas, ajaklah teman yang ahli dalam hal otomotif ke showroom tersebut .

Berasuransi atau Tidak.

Asuransi Mobil

Asuransi Mobil – Pictures of Flickr.com / Pictures of Money – Car Insurance –

Harap di ingat, tidak semua pemilik mobil mengansurasikan mobilnya. Dalam membeli mobil bekas, sebaiknya pilihlah yang telah diasuransikan. Asuransi mobil pada umumnya berlangsung minimal selama satu tahun serta bisa diperpanjang. Apabila berhasil memperoleh mobil bekas yang telah diasuransikan maka Anda bisa memanfaatkan jangka waktu yang masih berjalan untuk melakukan perbaikan yang mesti dilakukan terhadap mobil tersebut.

Tidak hanya itu, mobil yang telah diasuransikan pada umumnya berada dalam keadaan baik sebab perawatannya terjamin oleh pihak asuransi. Akan tetapi, apabila mobil bekas yang diinginkan tidak mempunyai atau belum diasuransikan, sebaiknya asuransikanlah untuk mobil tersebut. Dengan mempunyai asuransi, maka akan terhindar dari biaya perbaikan mobil apabila terjadi kerusakan.

Cek Pajak Tahunan.

Tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu memeriksa pajak tahunan. Periksalah pajak tahunan mobil bekas tersebut. Pilih mobil yang jatuh tempo pajak tahunannya cukup panjang. Misalnya di atas 6 bulan. Dengan membeli mobil bekas yang pajak tahunannya masih panjang maka Anda dapat menunda membayar pajak serta membalik nama sampai kondisi finansial membaik. Namun apabila kondisi finansial membaik namun mempunyai cukup dana, tidak ada salahnya membeli mobil bekas dengan pajak tahunan yang tidak begitu panjang.

Test Drive.

Tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu melakukan Test Drive. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan yang tersembunyi atau tidak yang tidak bisa diketahui hanya dengan memeriksa kondisinya saja. Lakukanlah Test Drive dalam kecepatan sedang atau tinggi.

Cara Pembayaran, Kredit atau Tunai.

Putuskanlah ingin membeli secara tunai atau secara kredit. Sesuaikanlah dengan keadaan finansial pada saat ini dan masa depan. Apabila mempunyai dana tunai yang lumayan cukup, dan masih mempunyai pendapatan tetap serta tabungan lainnya untuk keseharian, maka kondisi finansial dalam keadaan ideal, sebaiknya belilah secara tunai, dana tabungan tersebut nantinya digunakan untuk membeli asuransi, melakukan perbaikan dan lainnya. Begitu sebaliknya, apabila dirasa tidak memungkinkan, maka secara kredit merupakan pilihan yang tepat.

Itulah 5 tips membeli mobil bekas, dengan adanya tips tersebut semoga Anda mendapatkan mobil bekas dengan hasil yang memuaskan.

Add Comment