6 Tips Mudah Supaya Motor Matic Irit Bensin

6 Tips Mudah Supaya Motor Matic Irit Bensin

6 Tips Mudah Supaya Motor Matic Irit Bensin

6 Tips Mudah Supaya Motor Matic Irit Bensin – Pengguna sepeda motor termasuk motor matic tentu ikut merasakan efek kenaikan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM. Ditambah motor matic memakai mesin yang dicap lebih boros daripada motor bebek maupun motor sport.

Tentu para pengguna motor matic mesti mempunyai cara pintar serta bijak agar pengeluarannya untuk BBM bisa lebih teratur serta tak mengganggu terhadap pengeluaran kebutuhan yang lainnya. Di tambah keadaan jalan serta lalu lintas yang kiat padat semakin menambah masalah terhadap pemborosan bensin menjadi lebih parah.

Maka dari itu, lakukanlah 6 tips berikut ini supaya motor irit bensin terutama motor matic.

6 Tips Mudah Supaya Motor Irit Bensin

Jangan Memutar Gas Berlebihan

Kelebihan serta keuntungan yang diperoleh dari motor matic ialah pengguna tak perlu repot memindahkan transmisi. Akan tetapi kelebihan tersebut justru banyak pengendara motor matic kerap memutar gas secara berlebihan, hal tersebut menyebabkan kebutuhan BBM kian besar.

Jaga Putaran Mesin

Supaya motor matic irit bahan bakar, sebaiknya jagalah putaran RPM-nya dalam kondisi yang ideal. Usahakanlah untuk selalu mengendarai dalam kecepatan yang stabil. Putaran mesin yang aman idealnya berada pada 3000 RPM serta umumnya berada pada kecepatan lebih dari 80 km per jam.

Jangan Sering Melakukan Engine Brake

Engine Brake atau dengan kata lain yaitu mengurangi laju motor dengan cara menurunkan putaran mesinnya dengan cepat pun membuat motor boros bahan bakar. Supaya motor irit bensin, turunkanlah gas secara perlahan, lain halnya jika sedang panik dan dalam keadaan darurat atau mendadak.

Jangan Pakai Ban Terlalu Besar

Menggunakan ban besar terlihat keren, namun apabila ukurannya tak sesuai dengan pabrikan maka akan membuat motor boros bahan bakar. Solusinya gunakanlah ban sesuai standar pabrikan. Apabila masih memakai ban dalam, maka dapat menggunakan ban tubles yang ukurannya sama.

Jaga Tekanan Angin Ban

Usahakanlah untuk selalu menjaga tekanan ban kendaraan Anda sesuai dengan standar pabrikan. jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kempis. Apabila ban kekurangan tekanan maka akan berdampak terhadap beban mesin dan akan boros bahan bakar. Tidak hanya itu saja, ban yang kempis pun bisa membahayakan diri sendiri serta pengguna jalan lainnya.

Baca: Kenapa Ban Kendaraan Sering Kempes Tiba-tiba?

Pastikan Tutup Bensin dalam Kondisi Bagus

Bensin bersifat menguap jika terdapat udara masuk, maka dari itu lakukanlah pengecekan secara detail komponen karet penyekat pada tutup bensinnya. Jika karetnya sudah melar, maka gantilah dengan komponen yang baru guna mencegah terjadinya penguapan bensin.

Itulah 6 cara supaya motor irit bensin, khususnya motor matic, semoga bermanfaat.

Add Comment