7 Cara Jitu Merawat Kulkas Agar Awet

tips cara merawat kulkas agar awet

Cara Merawat Kulkas Agar Awet – Image: www.vemale.com

Cara Merawat Kulkas – Kehadiran kulkas di dalam rumah sangat membantu sekali, dengan adanya kulkas maka makanan serta minuman tetap segar dan awet. Namun padatnya aktivitas membuat kita lupa akan segala hal termasuk merawat kulkas.

Melakukan perawatan terhadap kulkas sangat penting dilakukan. Memilih kulkas terbaik pun rasanya percuma saja jika tidak dirawat, sebab dengan melakukan perawatan maka secara tidak langsung kita dapat menghemat biaya perbaikan dan kulkas yang kita miliki bisa bertahan lama.

Baca: Seperti Ini Tips Memilih Kulkas Yang Tepat

Kulkas sendiri merupakan peralatan elektronik termahal kedua sesudah AC. Maka dari itu jagalah kondisinya supaya kulkas Anda dalam kondisi baik, kinerja, pendinginannya maksimal dan tahan lama. Berikut ini 7 cara merawat kulkas agar awet.

7 Cara Merawat Kulkas Agar Awet

1. Sewaktu membuka kulkas, janganlah terlalu lama membukanya. Hal ini bertujuan saya udara dingin dari dalam kulkas tak banyak yang berhembus keluar. Apabila membuka kulkas terlalu lama, maka mesin pun akan bekerja terlalu keras alhasil kulkas akan cepat rusak.

2. Jangan mengisi kulkas secara berlebihan. Mengisi kulkas dengan makanan atau minuman secara berlebihan akan membuat mesin kulkas tersebut bekerja lebih keras. Mengisi kulkas secara berlebihan pun bisa membuat kulkas mengeluarkan aroma tak sedap.

Baca: 7 Cara Alami Ini Bisa Menghilangkan Bau Kulkas

3. Hindarilah kulkas dari sorotan sinar matahari langsung serta jangan dekatkan kulkas dengan sejumlah benda yang mengeluarkan panas. Jangan pula memasukan makanan atau minuman yang masih panas, sebaiknya tunggu sampai suhu makanan dingin.

4. Aturlah temperatur kulkas sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya suhu kulkas jangan terlalu dingin, suhu kulkas yang terlalu dingin membuat mesin bekerja dengan ekstra dan akan menambah biaya listrik.

5. Sewaktu membersihkan kembang, bunga atau batu es yang menempel di sejumlah bagian-bagian kulkas jangan memakai benda tajam ataupun benda keras. Hal tersebut akan merusak sistem kulkas, alhasil sistem pendingin kulkas tidak akan bekerja maksimal. Untuk membersihkan kembang es yang menempel caranya cukup mematikan kulkas, buka pintu kulkas hingga es yang menempel mencair sampai habis.

6. Dalam peletakan lemari es sebaiknya jangan sampai menempel dengan dinding. Berilah jarak sekitar 20 cm antara kulkas dengan dinding. Hal ini bertujuan supaya udara panas dari mesin kulkas bisa keluar dengan sepenuhnya.

7. Poin paling penting dalam merawat kulkas supaya awet ialah membersihkannya secara rutin. Bersihkanlah bagian kondensornya. Biasanya pada bagian tersebut banyak sekali debu yang menempel, debu tersebut menghambat kinerja mesin kulkas.

Itulah 7 cara merawat kulkas agar awet, semoga membantu.

3 Comments

  1. irpan 4 Januari 2017
  2. zahra 8 Maret 2017
    • Ahmad Sape'i 16 Maret 2017

Add Comment