9 Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran

tips rumah aman saat mudik meninggalkan

9 Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran – Image: tiket.com

Tips Rumah Aman Saat Mudik – Mudik adalah salah satu aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya dan menjadi sesuatu hal yang membuat rindu terhadap bulan ramadhan. Mudik sendiri merupakan aktivitas di mana kita akan merayakan kemenangan hari raya Idul Fitri bersama sanak saudara di kampung halaman setelah sebelumnya menjalankan puasa satu bulan penuh.

Baca: 9 Momen Ini Membuat Kamu Rindu Bulan Ramadhan

Merayakan hari raya Idul fitri dengan sanak saudara bisa menjadikan suasana lebih berbeda serta menyenangkan. Acara berkumpul dengan keluarga di kampung halaman pastinya akan terasa kian menyenangkan apabila tak ada sesuatu di pikiran kita, biasanya yang kerap dipikirkan oleh pemudik ialah memikirkan apakah rumah akan selalu aman terjaga ? Meninggalkan rumah dalam rentan waktu yang cukup lama seperti ditinggal mudik mesti diperlukan persiapan yang matang, karena salah sedikit saja akan menyebabkan kerugian. Lantas langkah apa yang harus dilakukan supaya rumah aman ketika di tinggal mudik ?

Berikut ini 9 tips rumah aman saat mudik yang bisa anda terapkan supaya rumah selalu aman ketika ditinggal mudik, berikut ulasannya.

9 Tips Rumah Aman Saat Mudik

1. Tips pertama yang bisa anda terapkan supaya rumah Anda lebih aman ketika di tinggal mudik ialah memastikan seluruh pintu serta jendela sudah tertutup dan terkunci dengan rapat. Simpan kunci dengan aman. Mengunci pintu sangatlah penting sebab hampir 50% kasus perampokan diakibatkan akibat penggunaan kunci. Janganlah sesekali menyembunyikan kunci pada di suatu tempat yang mudah ditebak, semisal di atas pot bunga atau di bawah keset.

2. Lepaskanlah aliran listrik pada semua alat-alat elektronik semisal televisi, komputer, radio, dispenser, pompa air, AC dan yang lainnya. Tidak hanya menghemat uang, namun mencabut aliran listrik pun menghilangkan risiko terjadinya kebakaran ketika rumah ditinggalkan.

3. Berhati-hatilah sewaktu bercerita mengenai perjalanan mudik Anda. Media sosial bukanlah tempat yang terbaik untuk memberitahukan bahwa Anda hendak melakukan mudik dan selalu berhati-hati pula ketika bercerita kepada lingkungan sekitar. Apabila Anda bercerita bahwa Anda akan melangsungkan mudik, bisa jadi orang yang mengetahui rumah Anda mempunyai rencana untuk melakukan pencurian, sebab rumah dalam kondisi ditinggalkan.

4. Rapikan atau potong rumput halaman rumah. Apabila rumput terlihat tumbuh liar, para pencuri akan menyimpulkan bahwa rumah Anda tengah ditinggalkan atau kosong. Sehingga hal tersebut akan memudahkan para pencuri untuk melakukan pencurian. Apabila berencana meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya pekerjakanlah seseorang yang bisa dipercaya guna mengurusi taman Anda.

5. Aktivitas di rumah umumnya akan dilihat dari ada atau tidak adanya lampu menyala di teras ataupun di halaman. Supaya rumah aman ketika ditinggal mudik, maka sewaktu pergi jangan sampai kondisi rumah nampak terlihat sepi. Pergunakanlah lampu LED yang menyala dengan otomatis ketika malam hari yang menggunakan sensor cahaya. Lampu LED otomatis ini akan menyala dengan sendirinya menjelang malam.

6. Mintalah bantuan kepada tetangga, saudara ataupun orang yang bisa dipercaya untuk memeriksa rumah Anda secara berkala. Mintalah mereka untuk mengawasi atau sesekali mendiami rumah Anda, sehingga para pencuri tak akan curiga apabila pemilik yang sebenarnya tengah pergi.

7. Hentikanlah semua langganan, majalah, koran atau yang lainnya yang datang setiap hari. Sebab semua itu tentunya akan menumpuk di depan rumah Anda sehingga akan menimbulkan kecurigaan bahwa rumah tengah kosong.

8. Apabila diperlukan serta Anda pun mempunyai dana tambahan, langkah lainnya yang bisa dilakukan supaya rumah aman ketika ditinggal mudik yaitu memasang alarm ataupun kamera pengintai (Kamera CCTV) di tempat tertentu guna mencegah para pencuri untuk masuk ke rumah.

9. Tips rumah aman saat mudik yang terakhir ialah jangan meninggalkan barang ataupun surat berharga. Lebih baik titipkanlah di bank atau di tempat yang Anda rasa aman semisal di rumah orang tua, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan semisal terjadinya kebakaran ataupun pencurian.

One Response

  1. Anugrah Panca Teknik 27 Desember 2016

Add Comment