Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak, Pelajari 6 Hal Ini

Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak

Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak – Image: https://www.flickr.com/photos/pictures-of-money/17123248749

Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak, Pelajari 6 Hal Ini – Mengapa klaim asuransi ditolak? Mungkin sebagian dari kita pernah mengalaminya dan bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Kebanyakan pemegang polis asuransi kendaraan kurang begitu memperhatikan poin perjanjian asuransi tersebut, alhasil pemegang polis asuransi kendaraan kerap kesulitan ketika mengajukan klaim asuransi mobil atau motornya tersebut.

Agar klaim asuransi mobil atau motor tidak ditolak, ada berapa hal yang harus diketahui. Berikut 6 tips Agar klaim asuransi mobil atau motor tidak ditolak.

6 Hal Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak

Baca Polis dan Tanyakan.

Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak

Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak – Image: http://www.thebluediamondgallery.com/highlighted/i/insurance-claim.html

Polis asuransi memuat segala hal mengenai klaim. Maka dari itu ketika membaca polis asuransi, apabila terdapat hak serta kewajiban yang tidak kita pahami, alangkah baiknya tanyakan secara langsung kepada pihak perusahaan asuransi.

Jika hak serta kewajiban yang tertera kurang seusai, kita bisa pula melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan asuransi tersebut dan mengganti poin yang ingin kita ubah.

 

 

Tidak Modifikasi Secara Berlebihan.

Ketika mendaftar asuransi, maka pihak perusahaan asuransi akan mencatat kondisi kendaraan kita sesuai kondisi saat kita mendaftarkannya. Nah, hal inilah yang menjadi masalah bagi yang mempunyai hobi modifikasi mobil atau mobil. Jadi apabila gemar memodifikasi mobil atau motor, kita sebagai pemegang polis asuransi kendaraan wajib melaporkannya kepada pihak perusahaan asuransi, beri tahu bagian mana saja yang dilakukan modifikasi. Selanjutnya, pihak perusahaan asuransi pun akan mendata ulang kendaraan kita.

Penggunaan Sesuai.

Kondisi kendaraan yang diasuransikan mesti sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Maksudnya, ketika kita mendaftar asuransi, maka pihak perusahaan asuransi akan menanyakan mengenai penggunaan kendaraan yang akan di asuransikan. Jadi jika kendaraan tertulis untuk digunakan secara pribadi, maka kendaraan yang diasuransikan tersebut tidak boleh digunakan sebagai kendaraan rental.

Rusak Akibat Kelalaian.

Saat mengajukan klaim asuransi mobil atau motor yang kecelakaan, pihak perusahaan asuransi akan mengidentifikasi apa saya penyebab kecelakaan tersebut. Biasanya jika kecelakaan Aung terjadi diakibatkan karena melanggar peraturan lalu lintas seperti menyetir ketika mabuk, menerobos lampu lalu lintas, kebut-kebutan, pengemudi tidak mempunyai SIM (Surat Izin Mengemudi), sudah dipastikan klaim asuransi ditolak.

Digunakan Tindak Kejahatan.

Penyebab klaim asuransi ditolak lainnya adalah jika kendaraan terbukti menjadi sarana kejahatan, misalnya perampokan, penculikan, penjambretan, dan lainnya. Terlebih jika kendaraan sengaja dihilangkan, dengan harapan memperoleh biaya klaim ganti rugi, entah itu yang dilakukan oleh pemegang polis asuransi kendaraan ataupun oleh orang lain di bawah pengetahuan dari pemegang polis asuransi kendaraan tersebut. Jika seperti itu, sudah dipastikan klaim asuransi mobil atau motor ditolak.

Polis Masih Berlaku.

Polis asuransi kendaraan akan menjadi bagian dari hidup kita. Maka dari itu, catat dan juga ingatlah sampai kapan polis asuransi kendaraan yang kita milik masa berlakunya. Tentunya kita tidak ingin klaim asuransi ditolak hanya karena polis asuransi kendaraan yang kita miliki sudah tidak berlaku, bukan?

Itulah 6 hal agar klaim asuransi mobil atau motor tidak ditolak, semoga pengajuan klaim asuransi mobil atau motor Anda berjalan lancar. Apabila ada yang kurang dan ingin ditanyakan, silahkan berbagi melalui kolom komentar.

Add Comment