Analisa Peluang Usaha Laundry, Salah Satu Usaha yang Menjanjikan

Analisa Peluang Usaha Laundry, Salah Satu Usaha yang Menjanjikan

Analisa Peluang Usaha Laundry, Salah Satu Usaha yang Menjanjikan

Analisa Peluang Usaha Laundry, Salah Satu Usaha yang Menjanjikan – Berkat Perkembangan teknologi kini  telah merambah ke berbagai sektor kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang cukup pesat ini menyebabkan perubahan-perubahan yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia. Dengan kelebihan teknologi yang mampu meringankan beban pekerjaan manusia membuat gaya hidup dan kinerja manusia menjadi lebih efisien dan efektif.

Jika sebelumnya manusia harus melakukan pekerjaan secara manual dan harus mengeluarkan tenaga ekstra keras untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maka sekarang dengan adanya teknologi pekerjaan manusia sangat terbantukan dengan bantuan peralatan-peralatan canggih.

Peralatan-peralatan canggih yang sengaja diciptakan ini memang sangat membantu kehidupan rumah tangga. Tidak bisa dipungkiri lagi memang, jaman sekarang peralatan-peralatan canggih ini memang sangat dibutuhkan.

Peralatan-peralatan canggih yang biasa ada dalam kehidupan rumah tangga manusia antara lain perangkat elektronik, seperti televisi, kulkas, mesin jahit, lampu, setrika, bahkan kini kegiatan seperti mencuci pakaian dapat dilakukan dengan bantuan mesin cuci.

Ya, mencuci pakaian adalah salah satu kegiatan vital di dalam rumah tangga. Mencuci pakaian merupakan hal yang sangat vital, dikarenakan pakaian adalah kebutuhan primer setiap manusia, apabila tidak memiliki pakaian yang bersih, maka manusia tidak bisa melakukan aktivitas keseharian dengan normal.

Untuk itulah, manusia perlu menjaga agar pakaian yang dimiliki selalu bersih dan rapi. Di dalam kegiatan rumah tangga, mencuci pakaian harus dilakukan paling tidak setiap hari, agar pakaian-pakaian yang dimiliki tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya.

Nah sekarang masalahnya adalah kegiatan mencuci pakaian adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan. Paling tidak setiap hari pakaian harus segera dicuci, agar keesokan harinya pakaian tersebut dapat dipakai lagi. Terutama jenis pakaian-pakaian yang setiap hari wajib dikenakan misalnya saja pakaian seragam sekolah, atau pakaian seragam kantor.

Namun selain pakaian wajib tersebut, pakaian-pakaian lain juga harus dijaga kebersihan dan kerapiannya dengan cara dicuci. Tentunya kegiatan mencuci pakaian tersebut pastinya akan menyita waktu dan tenaga. Dengan kondisi seperti ini harusnya Anda dapat memanfaatkannya dengan cara membuka usaha laundry. Lalu seberapa besar peluang usaha laundry? Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini lebih lanjut.

Analisa Peluang Usaha Laundry, Salah Satu Usaha yang Menjanjikan

Analisa Peluang Usaha Laundry, Salah Satu Usaha yang Menjanjikan

Analisa Peluang Bisnis Laundry, Salah Satu Usaha yang Menjanjikan

Jasa laundry merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang jasa pencucian pakaian. Usaha laundry ini menggunakan alat berupa mesin cuci front loading dan atau top loading. Usaha laundry adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan, apalagi jika Anda bertempat tinggal di daerah yang cukup padat penduduk.

Dengan adanya rumah kost-kostan dan rumah kontrakan yang dihuni oleh mahasiswa atau penduduk perantauan, pastinya mereka-mereka ini tidak memiliki pengetahuan bagaimana caranya mencuci pakaian dengan benar. Selain itu mereka juga tidak memiliki alat-alat mesin cuci, dan juga tidak punya waktu untuk mengurusi pakaian kotor milik mereka. Karena keterbatasan tersebut pastinya mereka akan beralih menggunakan jasa laundry.

Dengan pertimbangan lebih praktis dan lebih murah. Jenis usaha laundry sepert ini biasanya merupakan jasa laundry dengan model yang sederhana yang dikenal dengan cuci-setrika. Biasanya pelanggan yang paling banyak menggunakan jasa laundry ini berasal dari rumah-rumah kost atau kontrakan, di mana sang pemilik kost/kontrakan tidak menyediakan fasilitas cuci dan setrika baju.

Dengan model usaha laundry kiloan seperti ini biasanya harga jasanya tidak begitu mahal, kira-kira sekitar 3.500 sampai 5.000 per kilogram. Atau bahkan ada juga usaha laundry pakaian yang membuat pilihan cuci per paket.

Biasanya usaha laundry dengan pilihan cuci per paket lebih murah dari pada usaha laundry yang biasa, dan biasanya pula mereka memberikan ekstra gratis antar jemput cucian (pakaian kotor).  Dengan adanya gratis antar jemput cucian membuat para pelanggan tidak perlu repot harus mengantarkan cuciannya sendiri ke tempat usaha laundry. Melainkan pihak bisnis laundry sendirilah yang akan menjemput dan mengantarkan cucian yang akan di laundry-kan(cucian kotor), dan pakaian bersih yang sudah selesai di cuci – setrika.

Memulai Usaha Laundry

Sebelum Anda memulai usaha laundry, Anda memerlukan sejumlah modal atau investasi.  Modal tersebut nantinya digunakan untuk membeli peralatan mesin cuci, menyewa kios, dan mendanai seluruh operasional bisnis.

Selain modal, anda juga butuh kios untuk membuka usaha laundry. Tentunya pemilihan kios untuk membuka usaha laundry ini tidak sembarangan, Anda perlu memilih lokasi kios yang strategis. Tidak hanya itu saja, namun sumber instalasi air bersih, dan instalasi listrik yang tersedia juga harus memadai supaya bisnis laundry yang akan dijalankan berjalan dengan lancar tidak ada hambatan. Namun apabila tidak mempunyai cukup modal (modal kecil), kios ini bisa diganti dengan rumah Anda.

Selain itu, untuk membuka usaha laundry ini Anda memerlukan mesin cuci, mesin pengering, dan  mesin setrika (manual). Jika berencana ingin membuka usaha laundry antar jemput, Anda juga perlu kendaraan seperti motor untuk mengantarkan atau mengambil cucian ke tempat pelanggan.

Add Comment