Tak di Sangka, Ternyata Usaha Fotocopy Memberikan Banyak Keuntungan, Asalkan..

Analisa Usaha Fotocopy dan Tips Menjalankannya

Analisa Usaha Fotocopy dan Tips Menjalankannya

Bagi yang tinggal di kota-kota besar pasti sudah lazim dengan menjamurnya usaha fotocopy. Apalagi jika bertempat tinggal di dekat kawasan perguruan tinggi atau sekolah-sekolah, yang merupakan kawasan atau tempat yang strategis untuk membuka beberapa usaha yang menjanjikan dan menarik perhatian salah satunya adalah usaha fotocopy.

Adanya usaha fotocopy berawal dari kebutuhan pekerjaan yang mengharuskan untuk menggandakan laporan dokumen-dokumen penting. Proses menggandakan dokumen tersebut tidak bisa apabila dikerjakan dengan cara manual. Memang ada mesin fotokopi yang cara kerjanya menggunakan manual, tidak menggunakan listrik, namun menggunakan “kekuatan tangan”, namun mesin tersebut tidak relevan lagi apabila masih digunakan sekarang. Makanya sekarang hadirlah mesin fotokopi digital, yang mampu mencetak dan menggandakan ribuan eksemplar dokumen-dokumen dengan waktu yang relatif singkat.

Analisa Usaha Fotocopy

Membuka usaha fotocopy bisa dibilang sebagai usaha yang menjanjikan. Mengapa bisa dibilang usaha yang menjanjikan ? karena semua orang butuh menggandakan dokumen dengan waktu yang cepat. Sekarang ini semua keperluan pasti membutuhkan dokumen yang notabene adalah hitam di atas putih. Misalnya saja keperluan menggadakan kartu tanda penduduk, SIM, STNK, untuk syarat pengajuan kredit, atau syarat membuat sim/perpanjang sim dan stnk. Atau misalnya para mahasiswa dan anak-anak sekolah yang membutuhkan jasa usaha fotocopy untuk menggandakan tugas-tugas kuliah, laporan tugas, atau dokumen-dokumen penting lainnya.

Sesuai dengan hukum ekonomi, jika suatu usaha dibutuhkan orang (prospektif), maka usaha tersebut akan meraih keuntungan apabila dikerjakan dengan profesional. Jadi jika tidak dikerjakan secara profesional, walaupun usaha tersebut prospektif, maka bisa juga usaha tersebut terancam bangkrut. Maka dari itu Anda perlu memikirkan bagaimana caranya agar bisnis fotocopy yang Anda geluti menjadi berkembang, omzet yang terus berlimpah, dan syukur-syukur bisa membuka cabang usaha fotocopy.  Lalu bagaimana caranya? Simak artikel ini lebih lanjut.

Cara Usaha Fotocopy yang Sukses

1. Lokasi

Apapun itu bisnisnya pemilihan lokasi sebagai tempat berjualan adalah hal yang sangat krusial. Apabila ingin mendatangkan banyak pembeli, pilihlah lokasi yang sangat strategis. Jika Anda ingin membuka usaha fotocopy, maka pilihlah lokasi yang berada di kawasan yang berdekatan dengan sekolah-sekolah atau perguruan tinggi, kenapa ? karena 80% pasar konsumen bisnis fotocopy adalah mahasiswa, dan anak sekolah selebihnya bervariasi antara pegawai, karyawan, atau masyarakat biasa.

2. Perincian Modal Usaha Fotocopy

Sama seperti bisnis lainnya, sebelum memulai bisnis fotocopy Anda harus menghitung rincian modal yang dibutuhkan untuk membangun dan menjalankan bisnis fotocopy.

Contoh rincian modal usaha fotocopy (modal pertama / bulan ke-0) :

  • Biasa sewa tempat : 700.000 / bulan
  • Beli mesin fotocopy (bekas) : 8 juta sampai 10 juta
  • Pc middle- end : 3 juta sampai 4 juta
  • Alat tulis /kantor (untuk di jual atau dipakai sendiri) : 2 juta
  • Meja kursi : 600.000
  • Etalase kaca : 1.500.000
  • Printer hitam putih : 2 juta
  • Printer foto + berwarna (2 buah) : 8 juta

3. Kualitas Fotocopy

Untuk dapat memperbanyak pelanggan, agar omzet usaha fotocopy bisa bertambah maka yang Anda perlukan bukan hanya lokasi yang strategis, namun harus diperhatikan juga kualitas Fotocopy nya. Kualitas fotocopy bergantung pada kondisi mesin fotocopy yang digunakan. Apabila ada salah satu kerusakan, maka harus segera di perbaiki, agar tidak mengganggu kualitas fotocopy Anda. Selain itu Anda pun harus memperhatikan perawatan mesin-mesin tersebut, misalnya saja seberapa sering mengganti tinta yang habis, perawatan catridge, perawatan kabel-kabel (kabel Jaringan, listrik,), dan lainnya.

4. Pelayanan yang Ramah

Bisnis fotocopy adalah jenis bisnis dalam bentuk memberikan pelayanan jasa. Untuk bisa memberikan jasa dengan kualitas prima diperlukan pelayanan yang ramah. Setiap kali Anda melayani pelanggan, harus disertai dengan senyuman, dan perilaku yang baik agar pelanggan Anda semakin betah menggunakan jasa usaha fotocopy Anda.

One Response

  1. Toni 17 Juli 2017

Add Comment