Apa saja Manfaat dan Fungsi GPS Tracker ?

Fungsi GPS Tracker – Semakin berkembangnya teknologi membuat GPS Tracking pun semakin canggih. Tidak hanya digunakan untuk memantau keberadaan serta lokasi kendaraan saja, akan tetapi sejumlah fitur tambahan yang ada di dalamnya sangat berguna untuk keperluan manajemen perusahaan.

manfaat dan fungsi gps tracker

manfaat dan fungsi gps tracker – Image: Foundry / pixabay.com

Pada umumnya GPS Tracker ini banyak digunakan untuk keamanan kendaraan saja semisal apabila kendaraan di curi maka akan mudah di ketahui lokasi kendaraan tersebut. Akan tetapi semakin berkembangnya teknologi, maka GPS ini pun lebih dikembangkan lagi.

Baca: Langkah Mengoptimalkan Fungsi GPS agar Maksimal

Apa saja Manfaat dan Fungsi GPS Tracker ?

Ketika Anda menggunakan atau memasang GPS Tracker di kendaraan Anda, maka receiver GPS akan langsung menerima sinyal koordinat letak keberadaan kendaraan yang dipasangi GPS tersebut berada. SIM Card yang terpasang di dalam GPS setiap beberapa detik sekali akan mengirim koordinat keberadaan atau letak kendaraan ke server pelacakan, pengiriman tersebut memakai jaringan GSM atau GPRS.

Selanjutnya data koordinat tersebut akan di masukan ke dalam sebuah peta digital. Peta ini sangat mudah di mengerti dan di paham yang bisa menggambarkan rute-rute perjalanan dari titik awal hingga titik akhir kendaraan. Peta digital ini bisa Anda akses melalui situs yang sudah di buat produsen GPS Tracker itu sendiri.

Banyak sekali jenis GPS Tracker, namun pada umumnya semua macam GPS tracker dapat memantau ritme, kondisi mesin mati atau hidup, kecepatan kendaraan, sensor batas kecepatan, mendengarkan pembicaraan dalam kabin kendaraan, serta tombol darurat.

Fungsi GPS Tracker yang paling utama tentunya ialah untuk mengantisipasi tindak pencurian, pelacakan secara langsung sehingga dapat mengetahui keberadaan atau lokasi kendaraan dengan akurat. GPS Tracker pun tak hanya bisa melacak keberadaan kendaraan yang hilang ketika tercuri saja, akan tetapi bisa pula mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh hanya dengan SMS, namun fitur tersebut hanya ada pada merek tertentu saja.

Untuk keperluan usaha seperti travel, penyewaan kendaraan atau rental maka alat ini sangat pas digunakan, alat ini akan memudahkan Anda dalam mengatur jadwal serta Anda bisa melihat histori rute kendaraan tersebut sudah ke mana saja serta bisa di unduh atau di download untuk di jadikan arsip ataupun laporan kepada atasan.

Pada sejumlah merek terdapat pula aplikasi tracking, di mana aplikasi ini sangat mudah dipahami serta dapat di buka secara langsung di smartphone. Untuk memilih GPS tracker mana yang terbaik, banyak sekali hal yang mesti di perhatikan. Tips memilih GPS Tracker, yang terpenting yaitu pilihlah yang support teknisinya handal. Itulah sejumlah manfaat dan fungsi GPS tracker. Semoga artikel ini bisa membantu.

One Response

  1. kapalomen 7 November 2016

Add Comment