Sebelum Asuransi Mobil berakhir, Lakukan 4 Hal Ini

Sebelum Asuransi Mobil berakhir, Lakukan 4 Hal Ini

Sebelum Asuransi Mobil berakhir, Lakukan 4 Hal Ini – www.flickr.com/photos/pictures-of-money/

Ketika masa asuransi mobil sudah habis, masih banyak di antara kita merasa kebingungan sewaktu mesti memperpanjang perlindungan asuransi kendaraan tersebut. Apa yang mesti dilakukan, apakah asuransi kendaraan yang sudah habis akan diperpanjang secara otomatis?

Setiap perusahaan asuransi mempunyai kebijakan yang berbeda tentang perpanjangan periode asuransi. Ada perusahaan yang akan otomatis memutus masa asuransi mobil begitu periodenya sudah berakhir dan ada pula perusahaan yang secara otomatis memperpanjang masa asuransi kendaraan tanpa perlu diperbarui lagi oleh nasabah.

Asuransi dengan perpanjangan otomatis terlihat tidak merepotkan, sebab Anda tidak perlu berbuat apa-apa, secara otomatis periode masa asuransi kendaraan bermotor akan diperpanjang. Akan tetapi, sebaiknya tidak menerima atau menyetujui begitu saja mengenai proses perpanjangan otomatis asuransi kendaraan tersebut. Alangkah baiknya lakukan peninjauan terlebih dahulu polis asuransi mobil Anda. Sewaktu asuransi kendaraan hendak habis, lakukanlah berapa langkah berikut apakah asuransi tersebut layak diteruskan atau tidak.

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Asuransi Mobil Berakhir

1. Perlindungan yang diterima

Sewaktu perlindungan asuransi kendaraan bermotor Anda hendak berakhir. Satu atau dua bulan sebelumnya lakukanlah peninjauan terlebih dahulu mengenai polis asuransi mobil yang Anda ambil.

Apakah perlindungan yang sudah diberikan adalah yang terbaik untuk Anda, atau masih kurang? Apabila dirasa polis asuransi kendaraan yang Anda miliki sudah sangat cocok sesuai dengan kebutuhan, maka untuk perlindungan berikutnya Anda perlu memberi tahu bahwa polis yang dimiliki harus sama seperti polis asuransi mobil sebelumnya.

Begitupula dengan sebaliknya, apabila polis asuransi mobil sebelumnya dirasa ada perlindungan yang tidak terpakai ataupun kurang dibutuhkan maka sebaiknya mintalah untuk menghapus perlindungan yang tidak diperlukan tersebut, sehingga akan lebih menghemat pengeluaran.

2. Cek harga kendaraan

Apabila perusahaan asuransi kendaraan secara otomatis memperpanjang asuransi dan dengan nilai premi asuransi yang tetap sama maka lakukanlah protes. Karena besarnya premi asuransi yang dibayarkan tergantung dari sejumlah faktor dan salah satunya adalah dari harga mobil itu sendiri.

Sewaktu hendak memperpanjang polis asuransi kendaraan bermotor, maka jangan sampai Anda mau membayar biaya premi asuransi dengan harga yang sama, karena harga mobil yang Anda miliki pastinya akan mengalami penyusutan.

3. Premi dan klaim asuransi mobil

Sebelum memperpanjang polis asuransi mobil terbaik Anda, sebaiknya tanyakanlah terlebih dahulu kepada pihak perusahaan asuransi, apakah masih terdapat premi asuransi kendaraan serta kalim asuransi mobil yang belum dibayarkan. Apabila memang masih ada, maka mintalah kepada pihak perusahaan asuransi supaya mempercepat proses tersebut sehingga tak sampai ke periode selanjutnya.

4. Negosiasi

Walaupun perusahaan asuransi kendaraan membuat penawaran yang sesuai dengan usulan Anda, namun terkadang ada kalanya pihak asuransi menambahkan penawaran produk yang tidak Anda minta. Maka dari itu pembahasan mengenai program perpanjangan asuransi mobil masih diperlukan, hal tersebut bertujuan untuk memastikan jenis pertanggungan asuransi, perluasan jaminan asuransi, beserta detail-detailnya.

Add Comment