Jangan Salah Pilih, Ini 11 Jenis Bahan Sofa yang Harus Diketahui

Bahan Sofa yang Bagus

Bahan Sofa yang Bagus

Ketika membeli sofa, jangan cuma melihat dari tampilannya saja. Tapi perhatikan pula bahan sofa yang digunakan. Jangan sampai memilih sofa dengan bahan yang salah sehingga tidak nyaman sewaktu digunakan.

Baca Juga: Ini Dia Tips Memilih Sofa Yang Nyaman Untuk Ruang Tamu

Ada banyak jenis bahan sofa yang beredar di pasaran. Agar memudahkanmu dalam membeli sofa, berikut jenis-jenis bahan kain untuk sofa yang perlu kamu ketahui, sehingga kamu bisa menentukan mana bahan sofa terbaik yang harus dimiliki.

Apa saja Jenis Bahan Sofa yang Bagus?

1. Rayon (Viscose)

Jenis bahan rayon berasal dari serat yang dihasilkan oleh regenerasi selulosa. Kelebihan bahan sofa rayon adalah harganya lebih murah serta mempunyai daya tahan yang lebih lama dari bahan lainnya. Untuk kekurangan, bahan kain sofa rayon ini mudah sekali mengkerut serta terbakar.

2. Katun

Sofa berbahan katun sangat populer, sebab harganya lebih terjangkau. Enggak cuma dari segi harganya yang terjangkau, tapi katun juga sudah dianggap sebagai bahan yang sangat kuat, sehingga membuat sofa yang kamu miliki bertahan lama. Selain itu, tekstur bahan sofa katun yang enggak kasar ini bisa membuatmu betah berlama-lama duduk di atasnya. Dikarenakan bahan untuk sofa ini sangat mudah sekali menyerap air, sehingga akan membuat sofa mudah rusak apabila ketumpahan cairan.

3. Linen

Bahan sofa Linen dipercaya mempunyai ketahanan tiga kali lipat dari kain katun. Dengan ketahanan tersebut, maka jangan heran kalau harga sofa Linen ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan sofa berbahan katun.

Jika kamu mencari bahan sofa minimalis, sofa Linen merupakan pilihan yang tepat. Karena bisanya sofa berbahan linen tidak memiliki banyak corak. Dikarenakan bahan sofa Linen ini memakai serat alami dalam proses pembuatannya, maka cara pembersihannya juga enggak semudah seperti membersihkan jenis bahan sofa lain.

4. Kulit

bahan sofa kulit

Bahan kulit selalu menghadirkan kemewahan bagi siapa saja yang melihatnya. Soal kekuatan bahan kulit ini enggak perlu ditanya lagi, dari semua jenis bahan yang tersedia, sofa berbahan kulitlah yang mampu memberikan umur panjang.

Adapun kekurangan bahan sofa kulit adalah tidak tahan terkena sinar panas matahari sebab akan mengelupas. Apabila kamu ingin membeli sofa berbahan kulit, pastikan kamu sudah mempunyai pendingin udara.

5. Chenille

Bahan sofa Chenille mempunyai tekstur yang sangat lembut serta tidak panas. Bagi kamu yang betah berlama-lama duduk ataupun tiduran, sofa Chenille merupakan pilihan yang sangat tepat. Hanya saja jangan sesekali bersantap atau minum di atas sofa yang satu ini, sebab bahan Chenille sangat sulit dibersihkan apabila sudah terkena noda. Enggak cuma itu aja, biaya perawatan dari sofa berbahan Chenille pun lebih mahal ketimbang bahan lainnya sebab membutuhkan perawatan khusus.

6. Nilon

Nilon adalah sejenis kain sintetis yang dikenal cukup kumal serta kedap air. Karena hal inilah bahan sofa nilon menjadi pelapis pilihan terutama di ruangan yang sering digunakan oleh anak-anak. Enggak cuma itu aja, kainnya yang tebal juga dianggap awet dan tidak mudah sobek.

Namun, ketebalan bahan nilon tersebut mempengaruhi kenyamanan bagi penggunanya. Sofa berbahan nilon akan terasa lebih cepat panas. Jadi, apabila kamu ingin tidur dalam waktu yang lama di sofa, maka jangan memilih sofa bahan nilon.

7. Polyester

Satu lagi bahan sofa yang lumayan populer, yaitu bahan Polyester. Daya tahan sofa berbahan Polyester ini enggak perlu diragukan lagi. Dari segi perawatan dan membersihkannya pun tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu menggunakan konsep Dry Cleaning.

Akan tetapi, bahan Polyester ini sangat kurang nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, sofa Polyester akan terasa cepat panas apabila terlalu lama diduduki.

8. Akrilik

Bahan sofa Akrilik adalah jenis bahan yang termasuk ke dalam serat sintetis serta merupakan imitasi dari bahan wol. Apabila kamu ingin mengaplikasikan sofa di luar ruangan, maka jenis bahan sofa Akrilik ini merupakan pilihan yang tepat. Karena sofa berbahan Akrilik tahan terhadap sinar matahari serta akan mudah kering apabila terkena air sehingga bisa membuatnya awet. Enggak cuma itu aja, bahan Akrilik juga tidak mudah kusut serta ringan.

9. Velvet

Bahan sofa selanjutnya adalah Velvet. Tampilan yang mewah bisa kamu dapatkan apabila membeli sofa berbahan velvet. Sebab bahan yang satu ini mempunyai tekstur yang mengkilap serta lebih halus. Untuk kekurangannya, bahan Velvet ini sangat sulit dibersihkan, selain itu harganya pun lebih mahal ketimbang bahan lainnya.

10. Kain Fabric

Bahan sofa kain fabric mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahan lainnya, yaitu lebih dingin serta sangat nyaman sekali untuk digunakan dalam waktu yang lama sekalipun. Hal tersebut disebabkan bahan fabric ini mempunyai pori-pori yang lebih besar dari bahan lainnya.

Akan tetapi, besarnya pori-pori tersebut sangat mudah dimasuki oleh debu-debu dan hewan kecil yang bisa saja mengganggu kesehatan. Sehingga, sofa berbahan kain Fabric sangat tidak cocok jika digunakan bagi seseorang yang menderita gangguan pernafasan. Tapi, apabila kamu tetap ingin membeli sofa ini, sangat disarankan untuk membersihkannya secara rutin satu Minggu sekali. Kamu bisa membersihkannya menggunakan Vacuum Cleaner.

11. Oscar/ Semi Kulit

Bahan sofa terakhir adalah Oscar. Bahan yang satu ini mirip seperti bahan kulit. Kelebihan bahan Oscar ini lebih mudah dibersihkan apabila terkena kotoran. Cara membersihkannya cukup memakai lap basah, noda ataupun debu bisa dibersihkan dengan mudah.

Namun dibalik kelebihannya, bahan sofa Oscar tidak terlalu nyaman apabila digunakan dalam waktu yang cukup lama. Sebab bahan Oscar tidak mempunyai pori-pori sehingga akan terasa panas apabila diduduki dalam waktu yang lama.

Add Comment