Begini Cara Membersihkan Mesin Motor dengan Pertamax

Begini Cara Membersihkan Mesin Motor dengan Pertamax

Begini Cara Membersihkan Mesin Motor dengan Pertamax

Begini Cara Membersihkan Mesin Motor dengan Pertamax – Mesin motor yang beredar di pasaran Indonesia dirancang supaya bisa memakai bahan bakar dengan oktan rendah seperti bahan bakar premium. Akan tetapi, supaya mesin motor tetap bersih dan juga awet, maka disarankan sesekali mesin diisi bahan bakar dengan oktan yang tinggi seperti bahan bakar pertamax.

Bahan bakar pertamak bisa membersihkan mesin motor sebab di dalam pertama terkandung zat aditif detergency, zat tersebut dapat membersihkan kerak karbon yang melekat di mesin motor. Selain itu pertamax pun mengandung zat corrosion inhibitor serta zat demulsifier.

Corrosion inhibitor mempunyai fungsi sebagai anti karat pada dinding-dinding tangki kendaraan, ruang pembakaran, dan pada saluran bahan bakar. Dengan demikian mesin tidak akan terdapat karat, mesin pun akan awet dan terlindungi. Supaya mesin motor awet, dalam hal mencuci pun perlu diperhatikan.

Baca: Lakukan Hal ini Ketika Mencuci Motor Supaya Mesin Awet

Kembali ke pertamax, untuk zat demulsifier berfungsi untuk menjaga kemurnian bahan bakar terhadap campuran air, sehingga proses pembakaran akan menjadi lebih sempurna.

Perlu diketahui, pada setiap bahan bakar akan mengandung air sewaktu berada di dalam mesin kendaraan. Nah, dengan adanya zat demulsifier ini maka air yang ada di dalam tersebut akan dimusnahkan supaya pembakaran lebih sempurna.

Supaya mesin benar-benar bersih tidak hanya sekedar mengisi yang kemudian kendaraan dijalankan begitu saja. Namun terdapat beberapa proses yang mesti dilakukan. Apa saja yang harus dilakukan ? berikut ini cara membersihkan mesin motor dengan pertamax.

Cara Membersihkan Mesin Motor dengan Pertamax

Sewaktu ingin mengisi dengan bahan bakar pertamax, pastikan tangki benar-benar dalam keadaan kosong. Setelah diisi hidupkan mesin lalu jalankan dengan kecepatan tinggi minimal 60 km/ jam. Ketika menjalankan motor, jaga kecepatannya secara stabil.

Dengan menjalankan kecepatan tinggi secara stabil, maka panas tinggi pada mesin akan tetap terjaga. Panas tersebut berguna dalam memicu zat zat aditif detergency yang terkandung di dalam pertamax untuk meleburkan kerak karbon yang menempel di dalam mesin termasuk di saluran intake.

Banyak sekali keuntungan menggunakan bahan bakar pertamax, tidak hanya membersihkan mesin namun juga irit. Sudah banyak pengakuan konsumen bahwa menggunakan bahan bakar pertamax lebih irit dibandingkan premium. Hal tersebut dikarenakan sifat pertama yang sulit terbakar di mana proses pembakaran di dalam ruang pembakaran lebih sempurna.

Itulah beberapa cara membersihkan mesin motor dengan pertamax. Apabila ada hal lain silahkan share melalui komentar.

Add Comment