3 Cara Jitu Bisnis Online Untuk Pemula Agar Beromzet Ratusan Juta Perbulan

Bisnis Online Untuk Pemula

Bisnis Online Untuk Pemula

Salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis adalah Popularitas. Artinya semakin banyak orang yang menggunakan bisnis Anda, maka semakin banyak pula income yang akan didapatkan.

Sebagai contoh, misalkan saja Anda membuka toko peralatan musik yang berlokasi di wilayah yang ramai / strategis. Meskipun toko Anda berada pada wilayah yang ramai sekalipun jika Anda tidak mempromosikannya ke orang-orang, maka tidak akan mendapatkan pengunjung, dan otomatis penjualan Anda tidak menghasilkan apapun.

Beda halnya jika toko peralatan musik Anda berlokasi di wilayah yang sepi, namun karena Anda pintar berjualan Online dan merangkul pembeli dari berbagai wilayah, dan Anda jago memasarkan produk yang Anda jual melalui Website, maka jangkauan pemasaran Anda akan semakin luas, dan hal ini dapat memicu angka penjualan yang meningkat secara drastis.

Lantas bagaimana cara bisnis online untuk pemula yang baik ? bagaimana cara yang baik dalam mendatangkan pengunjung demi meningkatkan penjualan ? Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini lebih lanjut.

Cara Bisnis Online Untuk Pemula yang Baik

1. Membangun Kepercayaan

Dalam bisnis apapun termasuk bisnis online untuk pemila, kepercayaan adalah hal yang sangat krusial, apalagi ketika berbicara mengenai Online. Kepercayaan adalah RAJA, kenapa ? karena internet adalah dunia maya, dunia yang tidak nyata, sehingga ketika berada di dunia maya akan sangat rentan terhadap penipuan. Semua orang bisa memanipulasi identitas untuk digunakan sebagai alat untuk memperdaya orang yang kurang waspada di dunia maya.

Di dalam jual beli Online, ada satu rumus yang secara permanen akan selalu berlaku. Ketika Anda membeli barang melalui Online, Anda harus membayar (transfer) sejumlah uang dulu kepada penjual , dan setelah penjual menerima transfer masuk dari Anda, maka barang baru dikirimkan ke alamat Anda. Jadi Anda baru menerima barang setelah penjual mengkonfirmasi bahwa uang sudah masuk ke rekeningnya.

Nah ini yang menjadi persoalan rumit, yang biasanya terjadi indikasi penipuan. Bagaimana ketika saya sebagai pembeli sudah mengirim sejumlah uang ke penjual, lalu barang yang kita beli / pesan tidak kunjung tiba. Atau barang sudah diterima, tetapi tidak sesuai kondisi yang tertera pada perjanjian awal ( barang rusak, pecah, tertukar, sengaja ditukar dengan benda lain).

Maka dari itu, jika Anda adalah seorang seller, atau pelaku bisnis Online untuk pemila, Anda harus membangun kepercayaan para calon konsumen Anda, yakni dengan cara selalu menampilkan data dan informasi akurat mengenai diri Anda (foto, alamat, nomor telpon), dan Anda harus selalu aktif bergaul di dunia maya (kaskus, facebook group, Instagram, twitter, dll), bila perlu anda ikuti acara-acara yang diadakan oleh komunitas-komunitas Online tersebut, agar Anda “membuka” diri Anda, dan lebih dipercaya oleh publik.

2. Berilah bonus

Dapat dipastikan bahwa semua orang suka sesuatu yang gratis.  Strategi memberikan bonus kepada konsumen terbukti berhasil meningkat kan penjualan bisnis, salah satu contoh perusahaan yang mengadopsi model tersebut adalah restoran cepat saji (KFC / MCDonald), dan Gerai Minimarket (AlfaMart / Indomaret).

Biasanya Minimarket (AlfaMart / Indomaret) akan memberikan bonus potongan harga apabila konsumen berbelanja dengan total lebih dari Rp. 100.000, atau biasanya juga mereka memberikan voucher berbelanja senilai Rp. 200.000 hingga jutaan. Dan ketika Anda memesan menu/paket di restoran cepat saji (KFC/McDonald) pasti akan diberi bonus berupa mainan dengan karakter kartun yang disukai anak-anak. Kedua perusahaan tersebut menyadari, jika memberikan lebih banyak bonus kepada konsumen, maka mereka merasa lebih menghargai konsumen yang telah menggunakan bisnis mereka. Jika tidak ada konsumen yang menggunakan bisnis mereka, pasti mereka akan bangkrut.

Maka, untuk Anda yang baru memulai bisnis Online, berilah sesuatu yang gratis kepada calon konsumen Anda. Tidak usah memberi yang terlalu mewah, apabila anda menjalankan bisnis Online seperti jualan produk fashion wanita, maka Anda bisa memberikan panduan atau tutorial yang berhubungan dengan fashion wanita, seperti tutorial hijab, tutorial make-up, dan sebagainya. Dengan cara ini, calon konsumen akan tertarik pada bisnis Online yang Anda jalankan.

3. Gunakan Media Iklan Facebook Ads, Instagram Ads atau Google Adwords

Ketika pertamakali memulai bisnis onlien yakni dengan meluncurkan website  yang berisikan produk-produk yang Anda jual, maka otomatis website Anda masih sepi pengunjung. Untuk itu Anda perlu mengiklankan website Anda, agar orang-orang lebih mengenalnya. Sama seperti halnya ketika baru pertama membuka toko, pasti orang-orang belum tahu mengenai toko Anda, bukan ?. Iklankanlah konten website Anda, mungkin bisa berupa katalog, atau foto produk dengan menggunakan media iklan FB Ads atau Google Adwords.

Seperti yang kita ketahui bahwa Facebook dan Google adalah media Online yang digunakan oleh puluhan hingga ratusan juta pengguna. Bahkan saking populernya, facebook menyediakan platform aplikasi tersendiri yang memungkinkan orang-orang berbagi foto yang disebut Instagram. Instagram adalah tempat yang cocok untuk memasarkan bisnis Online anda, misalnya Anda membuka bisnis online baju wanita, maka pasanglah katalog dan foto-foto produk secara menarik dan eye cathing, hal tersebut bertujuan supaya bisa menarik calon konsumen dengan jangkauan ratusan hingga puluhan juta pengguna.

Nah, pembaca demikianlah artikel mengenai cara bisnis Online untuk pemula. Sebenarnya masih ada banyak materi mengenai cara berbisnis Online untuk pemula.

Add Comment