Apa itu Barometer Air Raksa dan Aneroid, Bagaimana Cara Kerjanya ?

Cara Kerja Barometer Air Raksa dan Aneroid – Barometer merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan atmosfer, untuk tekanan atmosfer itu sendiri ialah berat udara di atmosfer, dan alat ini dipergunakan untuk memprediksi pola suatu cuaca.

Cara Kerja Barometer Air Raksa dan Aneroid

Cara Kerja Barometer Air Raksa dan Aneroid

Pola cuaca biasanya disertai dengan adanya perubahan tekanan atmosfer dari tinggi ke rendah ataupun sebaliknya dari rendah ke tinggi. Peristiwa tersebutlah yang dipergunakan para ahli sebagai dasar acuan prakiraan cuaca.

Barometer sendiri terdapat 2 jenis utama, jenis klasik atau barometer air raksa yang cara kerjanya memakai air raksa serta barometer aneroid atau bisa disebut juga sebagai barometer digital.

Cara Kerja Barometer Air Raksa dan Aneroid

Berikut ini merupakan cara kerja barometer air raksa dan aneroid .

Barometer Air raksa.

Barometer jenis ini terbuat dari tabung kaca lurus, di mana pada bagian salah satu ujungnya disegel sedangkan pada bagian ujung terbuka diletakkan secara tegak pada semacam piring atau dikenal pula dengan sebutan reservoir yang diisi air raksa.

Cara barometer air raksa mengukur tekanan atmosfer ialah dengan cara menyeimbangkan berat pada merkuri dengan berat udara yang ada di sekitarnya. Bagian kosong pada tabung bagian atas akan menciptakan efek vakum. Level air raksa yang ada di dalam tabung akan naik ketika berat merkuri lebih kecil apabila dibandingkan dengan tekanan atmosfer yang ada di sekitarnya. Begitu pun dengan sebaliknya, sewaktu air raksa mempunyai berat lebih besar daripada tekanan atmosfer, maka level air raksa di dalam tabung akan menurun.

Barometer Aneroid.

Jenis barometer yang kedua ialah barometer aneroid. Barometer aneroid dalam mengukur tekanan suatu atmosfer ialah dengan muatan listrik. Barometer aneroid terdiri dari cakram ataupun kapsul yang terbuat dari bahan logam yang tipis.

Pada logam tersebut mempunyai dua strip logam kecil di kedua bagian sisi interiornya. Strip logam tersebut dihubungkan ke arus listrik. Ketika tekanan udara naik ataupun turun maka logam tersebut akan memuai ataupun menciut. Sewaktu logam memuai ataupun menciut, maka jarak antara dua strip logam serta waktu kontak dengan arus listrik pun akan bervariasi. Lantas barometer pun mengukur panjang muatan listrik serta kemudian dikonversi menjadi pembacaan tekanan udara. Itulah Cara Kerja Barometer Air Raksa dan Aneroid.

Add Comment