Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tidak Bau

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tidak Bau

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tidak Bau

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tidak Bau – Lemari es atau lebih dikenal dengan sebutan kulkas adalah salah peralatan yang berpotensi menyimpan begitu banyak kuman di rumah. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk membersihkan kulkas secara rutin dan teratur. Bersihkanlah kulkas minimal satu bulan sekali.

Tidak hanya menjaga kualitas makanan saja, namun juga sekaligus mengecek apakah terdapat bahan makanan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi yang harus dibuang atau tidak. Selain itu, membersihkan kulkas pun menghindari bau tidak sedap.

Baca: 7 Cara Alami Ini Bisa Menghilangkan Bau Kulkas

Membersihkan kulkas membutuhkan cara dan langkah yang tepat, hal ini bertujuan supaya makanan yang akan disimpan di dalamnya tetap terjaga dan higienis. Berikut ini berapa cara membersihkan kulkas yang benar agar tidak bau.

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tidak Bau

Siapkan Pembersih.

Cara membersihkan kulkas pertama yaitu menyiapkan pembersih. Dibandingkan menggunakan pembersih yang dijual di toko yang mungkin saja mengandung bahan kimia berbahaya, sebaiknya gunakan cairan pembersih kulkas buatan sendiri.

Untuk membuat cairan pembersih kulkas ini cukup campurkan cuka dan air ke dalam satu tempat atau baskom, dengan perbandingan 50:50. Siapkan kain lap untuk membersihkan dan mengeringkan. Selain itu, sediakan pula penyedot debu dan sikat untuk membersihkan rak kecil dan bagian sulit lainnya.

Keluarkan Semua Barang dari Kulkas.

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tidak Bau

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Agar Tidak Bau

Setelah semua yang dibutuhkan di atas sudah tersedia, cara membersihkan kulkas selanjutnya yaitu keluarkan seluruh barang dari dalam kulkas mulai dari sayur, makanan, minuman, buah, ikan, daging, termasuk rak, laci penyimpanan ikan, dan rak pintu. Mengeluarkan semua komponen yang ada di dalam kulkas bertujuan untuk memudahkan kita dalam membersihkan kulkas secara menyeluruh.

 

Bersihkan.

Cara membersihkan kulkas selanjutnya yaitu basahi kain lap dengan campuran cuka yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk proses pembersihan, lakukan dari bagian atas terlebih dahulu kemudian menuju bagian bawah. Apabila terdapat noda yang menempel, maka bersihkan dengan menggunakan sikat. Apabila bagian dalam kulkas sudah dibersihkan, tahap selanjutnya bersihkan bagian luar. Jangan lupa ganti filter air yang berada di bagian bawah kulkas.

Baca: Seperti Ini Tips Memilih Kulkas Yang Tepat

Bersihkan Rak.

Cara membersihkan kulkas selanjutnya yaitu bersihkan semua rak dan laci yang sudah di keluarkan tadi. Untuk bagian ini, pembersihan boleh memakai deterjen ataupun cairan desinfektan. Akan tetapi jangan menggunakan cairan yang berbahan kimia terlalu keras. Campurkanlah deterjen dengan air hangat, kemudian rendamlah rak dan laci berapa menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih lalu keringkan.

Penempatan.

Apabila semua rak dan laci sudah kering, cara membersihkan kulkas selanjutnya adalah menempatkan kembali pada tempatnya sesudah bagian dalam kulkas sudah benar-benar kering. Susunlah semua makanan, minuman, buah daging, dan lainnya seperti semula. a

Add Comment