Hati-hati, Salah Memilih Cat Rumah Bisa Menyebabkan Kanker

Hati-hati, Salah Memilih Cat Rumah Bisa Menyebabkan Kanker

Hati-hati, Salah Memilih Cat Rumah Bisa Menyebabkan Kanker – Image: elblogdediy.com

Hati-hati, Salah Memilih Cat Rumah Bisa Menyebabkan Kanker – Memoles dinding rumah dengan warna cat yang beraneka ragam tentunya akan membuat rumah terlihat indah. Tidak hanya bisa membuat rumah terlihat lebih indah saja, namun cat juga akan melindungi rumah dari segala kerusakan. Dengan adanya cat, maka noda ataupun kerusakan pada dinding akan tersamarkan.

Namun tahukah kamu bahwa cat bisa berdampak buruk terhadap kesehatan? Cat sendiri terdiri dari beragam pilihan jenis. Ketika memilih cat rumah sebaiknya harus berhati-hati, sebab banyak cat yang mengandung bahan berbahaya yang tidak baik bagi kesehatan.

Lalu Bagaimana Cara Memilih Cat Rumah yang Aman?

Menurut penelitian, pemakaian cat di dalam sebuah hunian bisa mempengaruhi penghuninya apabila memilih cat rumah dengan bahan yang salah. Bahan kimia yang ada di dalam cat bisa mengganggu kesehatan jika terhirup bebas dalam batas yang tidak wajar.

Salah satu bahan utama yang ada di dalam cat adalah VOC atau Volatile Organic Compound. Zat VOC akan memberikan aroma yang menyengat pada cat ketika diaplikasikan ataupun sesudahnya.

Adapun yang termasuk ke dalam zat VOC salah satunya adalah solvent (pelarut). Solvent dipakai sebagai bahan pencampur cat, dengan takaran yang pas maka kekentalan cat pun akan pas pula. Hal ini berdampak pada cat, cat akan menjadi mudah diaduk, cepat kering dan mudah diaplikasikan.

Akan tetapi, solvent ini tidak ramah lingkungan dan tidak ramah untuk kesehatan manusia. Solvent yang terdapat di dalam kandungan cat akan menguap sesudah cat diaplikasikan. Secara instan, solvent ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan ringan seperti kulit perih, mata pedas, alergi dan gangguan pernafasan. Sedangkan jika dalam jangka waktu yang lama, maka solvent dapat menyebabkan penyakit kanker, gangguan sistem saraf dan kerusakan hati.

Baca: 3 Hal Penting Sebelum Memilih Cat Tembok Eksterior yang Wajib Diketahui

Tidak hanya VOC saja, bahan-bahan berbahaya lainnya yang ada di dalam cat adalah merkuri dan timbal. Merkuri adalah bahan logam berat yang ada di dalam kandungan cat. Di dalam sebuah, merkuri dipergunakan sebagai bahan anti jamur.

Sedangkan untuk timbal adalah bahan yang dipakai dalam campuran cat untuk bisa menghasilkan warna-warna cerah. Bahan timbal ini terkandung di dalam bahan pigmen, yakni bahan untuk memberikan warna pada cat.

Jika merkuri dan timbal terhirup maka akan memberikan efek buruk terhadap tubuh. Namun jangan khawatir, untungnya sekarang ini sejumlah produsen cat di Indonesia sudah menghapus timbal serta merkuri dari produknya, hal ini tentunya menunjukkan bahwa Indonesia bisa menghasilkan cat yang aman bagi penggunanya.

Kendati demikian meskipun sekarang ini sudah banyak produsen cat yang menghilangkan merkuri dan timbal dari produknya, sebelum kita memilih cat alangkah baiknya untuk menanyakan mengenai kandungan timbal serta merkuri yang ada di dalamnya. Apabila menemukan cat yang masih menggunakan timbal dan merkuri, maka pilihlah cat dengan kadar merkuri dan timbal yang rendah.

Add Comment