Cara Memperbaiki AC Berisik, Sulit Hidup dan Terbakar

Cara Memperbaiki AC Berisik, Sulit Hidup dan Terbakar – Permasalahan yang terjadi pada compressor AC yang telah dipakai dalam waktu yang lumayan lama umumnya ialah ketidakmampuannya compressor AC dalam memapatkan dengan baik freon AC atau gas refrigerant ke tekanan yang cukup. Diperlukan teknisi yang sangat berpengalaman dalam mengevaluasi serta melakukan test terhadap sistem ataupun untuk mengganti compressor AC tersebut.

cara memperbaiki ac

cara memperbaiki ac – hirotomo t / flickr.com

Karena perbaikan ataupun penggantian compressor AC memerlukan biaya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu mengapa compressor AC tersebut tak berfungsi dengan baik. Pastikan pula bahwa permasalahan tersebut tak diakibatkan karena tak stabilnya tegangan listrik sebab tegangan listrik yang fluktuatif bisa mengakibatkan compressor AC tak bisa bekerja dengan baik sehingga yang terjadi ialah AC akan kehilangan kemampuan pendinginan. Pemasalahan lain yang kerap terjadi terhadap compressor Ac di antaranya yaitu compressor sulit menyala, berisik serta terbakar.

Cara Memperbaiki AC Berisik, Sulit Hidup dan Terbakar

Seorang teknisi berpengalaman akan melakukan pengecekan secara menyeluruh sebelum ia memastikan bahwa compressor tersebut rusak, kecuali telah terdapat indikasi secara jelas bahwa ada permasalahan pada kompresor AC semisal berisik, sulit dinyalakan serta terbakar. Pengecekan secara menyeluruh meliputi pemeriksaan kondisi filter serta duct, pemeriksaan kelistrikan dan pemeriksaan kipas pada blower.

Sewaktu kompresor AC terbakar, berarti hal ini menunjukkan bahwa kumparan yang ada di dalam kompresor mengalami kerusakan parah, terjadinya korsleting serta terbakar. Apabila hal tersebut terjadi, maka jalan yang terbaik ialah mengganti kompresor AC tersebut dengan yang baru.

Mengganti kompresor AC ialah pekerjaan yang mesti dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman serta terlatih. Tak hanya karena kompresor merupakan bagian yang paling mahal namun proses penggantian cukup rumit dilakukan.

  • Pastikanlah bahwa kompresor AC memang sudah rusak dan harus dilakukan penggantian.
  • Lakukanlah identifikasi model serta kapasitas dari kompresor AC sehingga proses penggantian bisa dilakukan secara tepat.
  • Matikanlah AC termasuk jaringan listrik di lokasi AC tersebut dipasang.
  • Kosongkanlah Freon atau Refrigerant AC. Untuk mengutangi polusi di dalam prosedur modern, refrigerant tidak dilepas melainkan ditampung.
  • Langkah selanjutnya ialah potonglah pipa refrigerant serta copotlah kompresornya.
  • Setelah itu pasang kompresor AC yang baru serta jangan lupa untuk menghubungkan pipa refrigerant kembali.
  • Lakukanlah vacuuming terhadap sistem, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan udara dari pipa refrigerant serta dari kompresor AC. Hal ini pun bertujuan pula untuk memeriksa apakah ada kebocoran di dalam sistem atau tidak. Apabila masih terdapat udara serta bercampur dengan refrigerant maka akan mengakibatkan sistem tak bekerja dengan baik dan begitu pula apabila refrigerant bercampur dengan air.
  • Masukkanlah regrigerant ke dalam sistem dengan jumlah yang tepat tidak lebih dan tidak kurang. Kelebihan maupun kekurangan volume refrigerant akan mengakibatkan sistem tak beroperasi dengan baik.
  • Langkah terakhir ialah lakukanlah test serta evaluasi terhadap sistem.

Itulah sejumlah Cara Memperbaiki AC Berisik, Sulit Hidup dan Terbakar.

Add Comment