Ikuti Cara Ini Untuk Mencegah Tikus Masuk Rumah

cara mencegah tikus masuk rumah mengusir membasmi ampuh plafon alami

cara mencegah tikus masuk rumah – Image: www.ideaonline.co.id

Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah – Tikus merupakan hewan yang sering kali menimbulkan permasalahan yang tidak pernah usai, selalu saja terdapat ulah yang membuat kita kesal semisal memakan kabel listrik, mengacak-acak makanan sampai meninggalkan kotoran di dalam rumah. Supaya rumah terbebas dari tikus, membasminya saja tidaklah cukup.

Baca: Cara Membasmi Tikus Di Rumah, Praktis, Alami dan Terbukti Ampuh

Langkah mencegah tikus masuk rumah pun perlu dilakukan, hal ini bertujuan supaya rumah benar-benar terbebas dari tikus. Lantas bagaimana caranya ? berikut ulasannya.

Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

Tikus sangat menyukai tempat kotor, lorong kecil, tumpukan barang dan semacamnya. Usahakanlah untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan tidak ada satu pun area rumah yang kotor dan usahakan pula jangan ada tumpukan barang di dalam rumah, biasanya tumpukan barang paling banyak ditemukan di area gudang. Apabila rumah terdapat lorong kecil, sebaiknya tutup lorong tersebut.

Cara mencegah tikus masuk rumah selanjutnya ialah dengan cara menutup sarangnya. Umumnya tikus bersarang di lubang tanah yang gembur di area taman rumah. Biasanya hewan pengerat ini memanfaatkan bagian sisi pojok taman. Lakukanlah pemadatan tanah, atau Anda bisa menambahkan batu kerikil pada lubang tersebut atau bisa juga dengan menutup lubang tersebut dengan pot tanaman dan lainnya.

Cara mencegah tikus supaya tidak masuk ke rumah selanjutnya yaitu memutus ratai makanannya. Tikus yang datang ke rumah dikarenakan terdapat makanan di dalam rumah. Maka dari itu janganlah menyimpan makanan di tempat terbuka serta mudah di jangkau. Alangkah baiknya simpanlah makanan di dalam satu tempat yang kuat serta rapat semisal lemari yang terbuat dari bahan metal, di mana tikus tak bisa melubangi lemari tersebut.

Buanglah semua sisa makanan segera mungkin serta jangan membiarkan menumpuk di tempat sampah. Dengan melakukan hal ini maka tikus tidak bisa mencari sumber makanannya, sehingga mereka pun tak akan kembali lagi ke rumah dan mereka pun akan mencari sumber makanan di tempat lain.

Mengenali Jenis Tikus.

Tikus terbagi menjadi 3 jenis, yaitu tikus got, tikus atap, serta tikus rumah. Untuk tikus got amat menyukai area basah yang bau serta kotor. Umumnya bersarang di selokan serta tanah, tikus jenis ini mencari-cari makanan di tempat sampah. Namun, adakalanya tikus got pun sesekali masuk ke rumah untuk mencari makanan.

Untuk tikus atap bersarang di bagian atap rumah yang gelap serta kotor. Sumber makanannya berasal dari sisa-sisa makanan yang menumpuk di dapur serta tempat sampah. Tikus atap ini kerap merusak sejumlah benda rumah yang terbuat dari bahan kayu semisal lemari dan mereka pun sering merusak kabel, rangka atap dan lainnya.
Baca: Cara Mengusir Tikus di Atap Rumah

Tikus rumah ataupun biasa disebut dengan sebutan curut berukuran kecil atau nying-nying. Tikus jenis ini kerap ada di dalam rumah di bagian kolong meja, tumpukan buku, kolong lemari, tumpukan kardus dan yang lainnya. Sumber makanan dari tikus rumah ini hampir sama seperti tikus atap.

Itulah beberapa cara mencegah tikus masuk rumah yang bisa diterapkan, semoga dengan adanya artikel ini rumah terbebas dari tikus yang sangat merugikan baik merugikan rumah itu sendiri dan merugikan kesehatan di mana keberadaan tikus ini bisa menularkan sejumlah penyakit berbahaya.

Baca: Siap-siap Terserang 5 Penyakit Berbahaya Jika Di Rumah Terdapat Tikus

Jika ada cara lain silahkan share melalui komentar.

2 Comments

  1. FatKhur Rohman 16 Juli 2015
  2. Aden Adid 23 Juli 2015

Add Comment