6 Penyebab dan Cara Mengkilapkan Cat Motor Kusam

Penyebab dan Cara Mengkilapkan Cat Motor Kusam

Penyebab dan Cara Mengkilapkan Cat Motor Kusam – Image: commons.wikimedia.org / A Triumph engine in a Norton “featherbed” frame / Mark Robinson from Williton, UK

Penyebab dan Cara Mengkilapkan Cat Motor Kusam – Setiap pemilik kendaraan sepeda motor tentunya ingin motornya terlihat bersih dan juga kinclong. Sebab, motor bersih, cat body yang mengkilap, cat motor yang bagus dan lainnya akan menjadi kebanggaan tersendiri yang mana membuat pemilik kendaraan tersebut menjadi lebih percaya diri dalam mengendarainya.

Dalam melakukan perawatan motor, sebagian orang lebih berfokus pada bagian mesinnya saja, padahal merawat cat motor pun merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari cat motor yang mengkilap. Selain menambah rasa percaya diri pemilik, namun juga motor yang bersih dengan cat yang mengkilap menggambarkan pemilik kendaraan merupakan orang yang peduli terhadap kebersihan.

Ada berapa hal yang bisa menyebabkan cat motor Anda terlihat kusam. Apa sajakah itu? Berikut 6 penyebab dan cara mengkilapkan cat motor kusam

Penyebab dan Cara Mengkilapkan Cat Motor Kusam

Panas Matahari.

Panas terik matahari bisa menyebabkan cat motor kusam. Biasnya terjadi karena memarkirkan motor di area terbuka, terlebih jika berlangsung hingga berjam-jam lamanya. Mengapa panas matahari bisa menyebabkan cat motor kusam? Alasannya sangat sederhana, sama halnya seperti kulit kita, apabila kita berlama-lama di bawah panas terik matahari maka kulit akan menjadi kusam. Radiasi UV atau sinar ultraviolet yang ada pada panas matahari bisa mempengaruhi lapisan cat motor, yang mana akan menyebabkan warna cat motor menjadi kusam, menguning, ataupun pudar.

Solusi

Solusi atau cara mengkilapkan cat motor kusam akibat panas matahari adalah, parkirkanlah motor Anda di area yang teduh serta tertutup. Jika memang harus parkir di tempat terbuka, sebaiknya tutupi motor Anda dengan sarung motor. Anda bisa mendapatkannya di toko asesoris sepeda motor.

Debu.

Debu yang melekat di bodi motor bisa membuat daya kilap dari plastik kian berkurang. Kebanyakan pemilik menganggap sepele hal ini. Terlebih apabila dibiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Solusi

Luangkanlah waktu untuk membersihkan atau mencuci motor kesayangan Anda. Perlu diingat, ketika membersihkannya, jangan langsung mengelap debu menggunakan lap kering sebab bisa menyebabkan bodi motor baret-baret tipis. Basuhlah terlebih dahulu dengan air agar debu yang menempel luntur dari bodi kemudian lap menggunakan microfiber atau lebih dikenal dengan kanebo.

Terkena Air Hujan.

Penyebab cat motor kusam selanjutnya yaitu terkena air hujan. Banyak pemilik motor yang menganggap sepele hal ini. Mengapa air hujan bisa menyebabkan cat motor kusam? Karena di dalam air hujan terkandung zat asam nitrat atau HNO3 yang mana zat tersebut bisa merusak lapisan kilap cat motor. Tidak hanya menyebabkan cat motor kusam saja, namun air hujan pun akan mempercepat korosi atau karat pada bagian logam. Sedangkan pada sepeda motor sebagian besar terdiri dari logam.

Solusi

Agar cat motor tidak kusam, setiap kali motor kesayangan Anda terkena air hujan maka segera bersihkan dengan air bersih, jangan menundanya.

Terkena Minyak.

Minyak yang bisa menyebabkan cat motor kusam yaitu minyak rem. Memang minyak rem ini mempunyai yang sangat penting. Akan tetapi apabila mengenai cat motor Anda, maka bisa merusak lapisan kilap cat motor. Bisanya kejadian ini terjadi ketika motor sedang berada di bengkel.

Solusi

Ketika mengetahui motor kesayangan Anda terkena minyak, maka segera bersihkan menggunakan kanebo dan jangan menundanya.

Sabun Colek.

Dalam mencuci motor, sebaiknya gunakan sabun khusus pencuci motor, jangan menggunakan sabun colek atau deterjen. Banyak pemilik motor yang melakukan hal ini dan menganggap sepele. Mengapa sabun colek atau deterjen bisa menyebabkan cat motor kusam? Di dalam sabun colek atau deterjen terkandung zat kimia keras yang mana dapat merusak kualitas serta bisa mengikis kilap cat motor kesayangan Anda.

Solusi

Solusinya, gunakanlah sampo khusus motor dalam mencuci motor kesayangan Anda. Di dalam sampo khusus motor terdapat zat yang berfungsi sebagai pengkilap cat motor yang kusam. Sampo motor bisa Anda dapatkan di toko ataupun supermarket. Menggunakan sampo khusus motor pun bisa mengkilapkan body motor yang sudah kusam.

Proses Pengeringan.

6 Penyebab dan Cara Mengkilapkan Cat Motor Kusam

6 Penyebab dan Cara Mengkilapkan Cat Motor Kusam

Pengeringan yang kurang tepat pun salah satu penyebab cat motor kusam. Misalnya masih terdapat air pada motor setelah dicuci. Noda air tersebut nantinya bisa memicu tumbuhnya jamur yang sulit dihilangkan.

Solusi

Keringkanlah semua bagian-bagian motor kesayangan Anda sampai ke celah-celah sesudah selesai mencucinya. Gunakan kenebo agar tiang merusak cat motor.

Itulah 6 penyebab dan cara mengkilapkan cat motor kusam. Rawatlah motor kesayangan Anda dengan baik. Semoga 6 penyebab dan cara mengkilapkan cat motor kusam dapat membantu Anda..

4 Comments

  1. arifin 6 Oktober 2016
    • Ahmad Sape'i 7 Oktober 2016
  2. pendi 29 Desember 2016
    • Ahmad Sape'i 10 Januari 2017

Add Comment