Di Rumah Banyak Nyamuk ? Beginilah Cara Mengusirnya

cara mengusir nyamuk secara alami ampuh

Cara mengusir nyamuk – Image: www.vemale.com

Cara mengusir nyamuk – Di musim hujan seperti sekarang ini menjadi waktu yang tepat bagi nyamuk untuk berkembang biak. Keberadaan binatang penghisap darah yang satu ini tentunya sangat mengganggu sekali bukan ? sebab, tidak hanya menyebabkan rasa gatal serta benjolan saja, akan tetapi gigitan nyamuk pun dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya serta mematikan semisal malaria serta demam berdarah.

Dalam upaya menangkal nyamuk supaya tak menghinggapi tubuh, biasanya kebanyakan orang rata-rata memakai alat pengusir nyamuk. Namun apakah dengan memakai lotion anti nyamuk sudah tentu aman serta cocok bagi anggota keluarga ? Salah-salah bukannya bisa mengusir nyamuk, namun malah menyebabkan alergi serta sesak napas sesudah menggunakannya.

Oleh karena itu, lebih baik gunakanlah cara alami dalam mengusir nyamuk yang tentunya sudah pasti aman bagi kesehatan. Lantas bagaimana cara yang efektif dan juga aman guna membebaskan rumah terhadap serangan nyamuk, dan seperti apa pembasmi nyamuk paling ampuh ?
Berikut ini ada beberapa cara mengusir nyamuk yang bisa anda terapkan di rumah

Cara mengusir nyamuk

Hilangkan genangan air.

Cegahlah jangan sampai terdapat genangan air di dalam serta di sekitar rumah, sebab genangan air bisa dimanfaatkan nyamuk dalam berkembang biak. Cekungan di wadah kecil semisal kaleng atau di talang air dapat menjadi area terdapatnya genangan air. Lebih baik keringkanlah air yang ada di talang serta mengubur wadah tersebut. Apabila mempunyai hewan peliharaan semisal burung berkicau, ceklah wadah minumnya. Apabila ada jentik nyamuk, maka bersihkanlah serta ganti air 2 kali dalam satu Minggu.

Rapikan Pakaian.

Nyamuk gemar sekali hinggap di pakaian yang menggantung di balik pintu ataupun di inding. Dengan merapikan pakaian maka bisa mengurangi nyamuk serta jangan menjemur pakaian di dalam rumah, sebab kelembaban udara akan meningkat dan area menjadi lembab, seperti yang sudah dijelaskan bahwa nyamuk menyukai serta bersarang di tempat yang lembab.

Baca : Menjemur Pakaian di Dalam Rumah Bisa Mendatangkan Penyakit

Maksimalkan sirkulasi udara.

Area yang lembab, gelap serta dingin adalah tempat yang terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Apabila tak ingin hunian kita berubah menjadi sarang untuk tumbuh kembang nyamuk maka perbaiki sirkulasi udara keluar serta udara masuk, dan pencahayaan alami. Untuk memperoleh pencahayaan alami Anda dapat memasang genteng kaca, fiber transparan, serta Glassblock pada area yang gelap serta lembab di mana area tersebut berpotensi menjadi markas nyamuk untuk berkembang biak, misalnya di kamar mandi.

Potong tanaman di halaman.

Pangkaslah tanaman yang sudah rimbun. Seperti yang dikutip dari Brightnest.com bahwa nyamuk kerap kali menetap di tumbuhan yang rimbun serta di semak liar. Dengan memotongnya maka akan meminimalkan jumlah nyamuk yang ada di rumah.

Tanaman yang tak disukai nyamuk.

Daripada memakai lotion untuk membasmi nyamuk yang mungkin dapat memberikan efek samping semisal sesak napas ataupun alergi lebih baik memakai cara alami guna mengusirnya. Salah satunya ialah dengan menanam tumbuhan hias yang mempunyai aroma tak digemari nyamuk semisal Geranium, Ageratum, Lavender, Rosemary, Zoda dan yang lainnya. Tidak hanya membebaskan rumah serta lingkungan terhadap nyamuk yang membandel, tetapi tumbuhan hias ini tentunya akan memperindah tampilan taman di rumah Anda.

Baca: Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Sangat Ampuh Mengusir Nyamuk

Periksa kawat nyamuk.

Periksalah kawat ataupun kasa nyamuk yang berada di lubang angin ataupun jendela dalam keadaan baik serta tidak berlubang. Jika kawat nyamuk dalam keadaan baik maka nyamuk tidak dapat masuk ke rumah.

Bau yang disukai nyamuk.

Dikutip dari Webmd.com bahwa nyamuk bisa mencium mangsanya sampai jarak 50 meter. Seseorang yang mengidap kolesterol, asam urat, serta steroid pada permukaan kulit serta keringat, menjadi sasaran yang paling utama bagi nyamuk. Studi menunjukkan bahwa nyamuk menyukai seseorang dengan golongan darah O serta nyamuk tak menyukai seseorang dengan golongan darah A.

Dalam upaya mengurangi atau mencegah digigit nyamuk, alangkah baiknya mandi secara rutin guna membersihkan kulit terhadap bau keringat, di mana nyamuk sangat menyukai bau keringat.

Itulah sejumlah cara mengusir nyamuk yang bisa anda terapkan di rumah, pada intinya menjaga kebersihan lingkungan entah itu di dalam atau di luar rumah, tentunya risiko terjadinya penyakit seperti adanya nyamuk bisa dicegah.

Add Comment