Cara Merawat Vacuum Cleaner Supaya Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Vacuum Cleaner Supaya Awet – Vacuum cleaner tentunya telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di dalam rumah modern. Fungsi dari alat ini ialah untuk menghisap debu supaya rumah semakin nyaman untuk di tempati.

Cara Merawat Vacuum Cleaner

Cara Merawat Vacuum Cleaner

Banyak yang mengabaikan perawatan terhadap alat ini, vacuum cleaner sama seperti peralatan lainnya di mana akan mudah rusak jika tak dipergunakan dengan benar. Berkaitan dengan hal tersebut tentunya sangatlah penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara merawat vacuum cleaner supaya bisa bertahan dan memberikan manfaat lebih lama untuk pemiliknya.

Baca: Ingin Membeli Vacuum Cleaner ? Perhatikan dulu Fiturnya

Jika alat ini dirawat dengan baik, tentunya fungsi yang akan Anda rasakan pun dapat bertahan lama, degan demikian biaya perawatan pun dapat dihemat. Berikut ini merupakan sejumlah cara merawat vacuum cleaner yang mesti diketahui.

Cara Merawat Vacuum Cleaner Supaya Awet

Langkah pertama yang mesti dilakukan ialah usahakanlah untuk tak menghisap debu di tempat yang masih basah. Lantas, apa yang mesti dilakukan apabila menemukan area basah dan terdapat banyak debu ? Keringkanlah tempat tersebut dengan cara mengelapnya. Sesudah kering, barulah vacuum cleaner bisa digunakan untuk menghisap debu yang ada. Alasannya mengapa vacuum cleaner mesti dipergunakan di area yang kering ialah untuk menghindari butiran-butiran air supaya tak masuk ke dalam mesin, di mana air tersebut dapat menyebabkan korosi. Semakin sering terjadinya korosi maka yang terjadi akan semakin cepat rusak pula mesin vacuum cleaner tersebut.

Baca: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyedot Debu

Langkah kedua yang mesti dilakukan yaitu jangan menghisap partikel-partikel berukuran besar. Jika hal tersebut dilakukan maka yang terjadi ialah bagian ujung vacuum cleaner yang kerap disebut dengan Nozzle akan sangat mudah tersumbat. Jika bagian tersebut sering tersumbat maka akan mudah rusak. Untuk mengatasi hal ini yaitu sapulah terlebih dahulu area yang hendak dibersihkan.

Dalam merawat vacuum cleaner amat erat kaitannya terhadap penggantian kantong debu secara berkala. Lakukanlah penggantian kantung satu bulan sekali. Namun waktu tersebut dapat berubah sesuai intensitas pemakaian. Semakin sering alat tersebut digunakan maka semakin cepat pula kantung tersebut mesti diganti. Jika kantung jarang diganti, dampak yang terjadi ialah alat tersebut akan menjadi sumber debu, dengan demikian akan menjadi sumber penyakit di rumah sehingga akan mengganggu kesehatan penghuni rumah.

Menghentikan pengoperasian vacuum cleaner ketika mesin terasa sangat panas dan terdengar suara aneh pun menjadi hal yang wajib diperhatikan dalam merawat vacuum cleaner. Jika ketika menggunakan vacuum cleaner dan terdengar suara aneh, maka hentikanlah pemakaian. Periksalah bagian dalamnya untuk memastikan bahwa tak terdapat pipa yang tersumbat ataupun bagian mesin tak berfungsi dengan semestinya.

Pada intinya, hal yang sangat penting dalam perawatan vacuum cleaner ialah membersihkannya secara rutin dan teratur sesudah dipergunakan. Pembersihan secara teratur tentunya akan membuat setiap kerusakan dapat diketahui lebih awal dengan demikian bisa diperbaiki kerusakan tersebut dan vacuum cleaner pun dapat bertahan lama.

Itulah sejumlah cara merawat vacuum cleaner. Tentunya semua hal tersebut mesti dilakukan dengan rutin supaya vacuum cleaner yang kita miliki dapat berfungsi dengan sewajarnya dan bisa bertahan lebih lama.

Add Comment