Tips Memilih Cat Pagar Rumah yang Bagus Berdasarkan Materialnya

Tips Memilih Cat Pagar Rumah yang Bagus

Tips Memilih Cat Pagar Rumah yang Bagus

Cat pagar rumah – Tidak bisa dipungkiri lagi kalau interior rumah indah maka akan menambah daya tarik tersendiri. Sehingga nggak sedikit orang yang menghabiskan banyak waktu serta biaya untuk mendekorasi dan juga menata penampilan rumahnya masing-masing baik itu interior ataupun eksteriornya demi terlihat menawan dan sedap dipandang.

Baca: 3 Hal Penting Sebelum Memilih Cat Tembok Eksterior yang Wajib Diketahui

Berbicara mengenai eksterior, enggak cuma area halaman aja yang bisa kamu hias dengan cara membuat kebun kecil, tapi pagar rumah yang berfungsi sebagai lapisan terluar pun bisa kamu hias. Pagar sendiri adalah salah satu elemen penting yang mesti kamu pilih secara hati-hati. Enggak cuma pemilihan material yang kokoh saja, tapi pemilihan bahan dan warna cat pagar rumah pun harus dipertimbangkan dengan hati-hati, tujuannya supaya penampilan rumah menjadi indah secara keseluruhan, warna cat pagar rumah tidak pudar dan membuat pagar rumah awet. Nah, dalam artikel ini akan membahas cat pagar rumah yang bagus sesuai material pagar rumah yang digunakan. Berikut ulasannya.

Tips Memilih Cat Pagar Rumah yang Bagus Berdasarkan Materialnya

Ada banyak sekali jenis-jenis material pagar yang tersedia antara lain pagar kayu, besi, beton, bambu, batu bata dan alumunium. Beda material pagar, beda pula cat yang digunakan. Maka dari itu sangat penting untuk menyesuaikan bahan cat dengan material pagar yang digunakan.

1. Pagar Kayu

cat pagar rumah kayu

Gambar: Rosetown.info

Pagar rumah dengan material kayu cukup rentan terhadap perubahan cuaca seperti siraman hujan, paparan sinar ultraviolet dan terik matahari. Pagar kayu ini lebih cepat rusak, terlebih kalau enggak dirawat dengan baik.

Di dalam pagar kayu terkandung zat Tannin serta elemen natural lainnya yang enggak selalu cocok dengan cat pagar rumah berbahan biasa. Pemilihan cat pagar yang salah akan membuat warna cat pagar rumah cepat tampak pudar.

Warna cat pagar kayu yang bagus adalah yang memiliki lapisan acrylic latex berkualitas tinggi. Warna cat pagar rumah dengan lapisan tersebut akan menjaga kelembaban pagar kayu rumahmu dari hujan ataupun percikan air. Enggak cuman itu aja, cat untuk pagar kayu dengan lapisan tersebut pun lebih fleksibel serta dapat menyesuaikan kondisi cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah.

2. Pagar Besi

cat pagar rumah besi

Gambar: FB.ru

Di antara material lainnya, pagar besi merupakan material yang paling banyak di gunakan, sebab pagar besi ini terbilang cukup kuat, cukup terjangkau serta sangat mudah di dapatkan. Permasalahan yang sering terjadi jika menggunakan pagar besi adalah karatan. Namun jika memilih cat pagar besi yang bagus maka pagar besi rumahmu tidak akan karatan. Ada banyak jenis cat untuk pagar besi yang bisa kamu gunakan. Dalam memilih cat pagar rumah besi, yang harus diperhatikan adalah apakah cat pagar rumah besi tersebut mempunyai lapisan anti karat atau tidak.

3. Pagar Beton

pagar rumah beton

Selain pagar besi, pagar beton juga sering digunakan sebab pagar ini sangat kokoh. Dalam mempercantik eksterior rumah, jangan cuma memilih dari segi warnanya saja. Enggak cuma warna cat pagar betonnya saja, tapi pilihlah warna cat yang mempunyai bahan akrilik. Gunakan cat pagar beton akrilik berkualitas tinggi. Memang, harganya cukup mahal tapi keawetannya sangat kuat. Untuk bisa memangkas biaya cat pagar rumah, bisa juga menggunakan cat akrilik berkualitas sedang.

4. Pagar Bambu

pagar rumah bambu

Pagar bambu sekarang ini banyak diminati sebab pagar rumah dengan material ini akan menambah unsur natural. Tapi banyak pula yang mengecat pagar bambunya dengan cat pagar rumah yang tidak tepat. Jika tidak diberikan dengan cat pagar rumah yang tepat, maka bambu-bambu tersebut mudah membusuk karena tingkat kelembaban udara yang tinggi, bagian luarnya akan berwarna keputih-putihan dan nampak tidak elegan. Jika pagar rumahmu bermaterial bambu, maka gunakan cat pagar bambu jenis waterproof serta cat sealant untuk “membungkus” bahan bambu dengan seksama.

5. Pagar Batu Bata

pagar batu bata unik

pagar batu bata unik

Pagar batu bata mempunyai keindahan dan juga karakter tersendiri. Susunan dan tumpukan batu bata tersebut tampak unik. Karena itulah banyak pemilik rumah yang jarang mengecat pagar rumah yang terbuat dari batu bata, dikarenakan terlihat lebih natural dan asli. Tapi kalau kamu ingin mengecat pagar rumah bermaterial batu bata, pilih warna cat pagar rumah berbahan acrylic latex dengan tingkat “breathability” tinggi

6. Pagar Aluminium

pagar rumah aluminium unik

pagar rumah aluminium unik

Pagar rumah material alumunium sebenarnya tidak perlu diberikan cat, sebab pagar alumunium ini sudah dilapisi dengan bahan khusus ketika proses pembuatannya. Bahan khusus tersebut berupa bubuk coating, yang fungsinya untuk mencegah karat serta tahan segala kondisi cuaca.

Tapi, kalau ingin mengecat pagar rumah alumunium sah-sah saja. Kalau ingin mengecat pagar alumunium bisa menggunakan cat pagar besi.

Demikianlah beberapa cat pagar rumah yang bagus sesuai dengan material pagarnya. Tidak hanya dari bahan dan material pagarnya saja, namun tata cara mengecat pagar rumah pun bisa mempengaruhi hasil akhir tampilan.

Add Comment