Langkah Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Langkah Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Langkah Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar – Image: Flickr.com – thetaxhaven

 

Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar – Setiap hari, jam, menit, bahkan setiap detik terdapat jutaan orang yang tengah berharap menerima panggilan bekerja. Setiap orang tentunya menginginkan yang terbaik untuk dirinya, mereka akan berusaha dengan keras untuk memenangkan persaingan dengan kandidat lain.

Persaingan memperoleh pekerjaan dimulai dari tahap pencarian serta memahami informasi lowongan kerja, setelah itu membuat surat lamaran pekerjaan, dan tahap selanjutnya yaitu mengikuti tes, dimulai dari tes tertulis, wawancara kerja, hingga tes kesehatan.

Dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar sebaiknya jangan bertele-tele dan terlalu panjang, sebab akan menggambarkan bahwa Anda merupakan seseorang yang kurang mampu menggunakan kalimat yang efektif. Surat lamaran pekerjaan yang terlalu panjang akan membuat pembaca (pihak perekrut) menjadi jenuh serta tidak akan memperhatikan inti surat lamaran kerja yang Anda buat.

Dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, Anda mesti bisa membayangkan bahwa Anda tengah berbicara dengan pihak perusahaan. Usahakanlah untuk membuat surat lamaran kerja yang mana menciptakan rasa penasaran atau keingintahuan untuk perusahaan agar mau mengundang Anda untuk melakukan pertemuan yaitu wawancara kerja.

Baca: 4 Tips Jitu Menghadapi Tes Wawancara Kerja

Dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, perhatikanlah kriteria berikut ini.

Kriteria Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

1. Impresif

Tampilkanlah jati diri kita secara menarik. Isi surat lamaran kerja yang baik dan benar mesti memunculkan kesan simpatik, tak terlalu arogan namun juga tidak merendah.

2. Menarik Minat Calon Atasan

Kesan pertama sangatlah penting. Usahakanlah memuat surat yang sewaktu calon atasan mulai membacanya akan langsung tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kriteria Anda.

3. Menyebutkan Kualifikasi yang Diperoleh

Prestasi kerja ataupun pengalaman sukses mesti disebutkan untuk menandakan bahwa kita memiliki prestasi serta pengalaman yang patut untuk dipertimbangkan perusahaan.

4. Bahasa

Dalam surat lamaran kerja yang baik dan benar, gunakanlah bahasa yang ringkas, enak dibaca serta padat. Untuk menjabarkan secara rinci, dijelaskan di sesi tes wawancara kerja.

5. Kalimat yang Efektif

Hindarilah kalimat yang tak efektif, kalimat berulang tanpa alasan, ejaan yang salah ataupun tata bahasa buruk. Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, kesalahan umum yang kerap terjadi ialah penggunaan kata yang berulang-ulang ataupun mengakibatkan kalimat terbaca janggal.

6. Bahasa Indonesia

Apabila tidak terdapat keterangan untuk menggunakan bahasa Inggris, sebaiknya gunakanlah bahasa Indonesia saja. Sah-sah saja memang menggunakan bahasa Inggris walaupun tanpa ada keterangan harus menggunakan bahasa Inggris, asalkan kemampuan bahasa Inggris kita bagus. Hal tersebut tentu menjadi “nilai plus”. Namun bagaimana jika kemampuan kita dalam berbahasa Inggris kurang baik?

7. Alasan dan Tujuan Melamar Pekerjaan

Cantumkanlah alasan dan tujuan kita melamar pekerjaan tersebut, misalnya kita memiliki kemampuan serta pengalaman yang memadai pada bidang pekerjaan yang sedang kita lamar.

Membuat dan Mengirim Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Melalui Email

Mengirim Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Melalui Email

Mengirim Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Melalui Email – Image: Pixabay.com – Peggy_Marco

 

Dahulu mengirim surat lamaran pekerjaan hanya bisa melalui surat dalam bentuk kertas. Namun sekarang ini sudah banyak perusahaan yang memperbolehkan para pencari kerja untuk mengirimkan sura lamarannya melalui email. Mengirim surat lamaran kerja tentu sangat menguntungkan, baik bagi perusahaan ataupun pelamar.

Bagi perusahaan, pengiriman surat lamaran kerja melalui email akan mengurangi jumlah surat dalam bentuk kertas  yang mesti diterima dan diarsipkan. Selain itu akan memudahkan perusahaan untuk mengirim balasan.

Bagi calon karyawan, keuntungan mengirim surat lamaran kerja melalui email adalah bisa mengirimkan lamaran ke lebih dari satu perusahaan dengan mudah, dan tidak memakan banyak biaya terhadap pembelian kertas untuk menulis surat tersebut.

Berikut ini adalah tips membuat dan mengirim surat lamaran kerja yang baik dan benar melalui email.

1. Judul Email

Tulislah judul email dengan jelas dan singkat. Contohnya “Lamaran Kerja Posisi Digital Marketing”. Namun sebelumnya bacalah dengan baik dan teliti iklan lowongan yang ada temukan. Sering kali pihak perusahaan memberikan kode tertentu sebagai judul ataupun subjek email.

2. Lokasi Penulisan

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, surat lamaran kerja yang baik dan benar ditulis langsung di badan email atau melalui file (attachment). Pengiriman surat lamaran kerja yang baik dan benar melalui email ditulis langsung di badan email, jangan berupa file, kecuali untuk daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae atau CV).

3. Jenis File Attach

Jenis file yang bisa dikirim dalam melamar kerja memalui email yaitu file berformat .doc, .xls, dan .pdf. Namun kebanyakan perusahaan meminta file berformat .doc. File dengan format .doc merupakan file Microsoft Word.

4. Size Email

Usahakan jangan mengirim email lamaran kerja beserta lampiran (attach) berukuran lebih dari 300KB. Dikhawatirkan pihak perusahaan membatasi size email yang bisa diterima dan email yang kita kirim tidak akan bisa terbuka oleh perusahaan.

5. Periksa Kembali

Sebelum mengirimnya, periksa kembali semuanya baik itu surat lamaran dan file attach. Apakah kata-kata yang digunakan sudah benar, apakah sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan lainnya.

Itulah berapa tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Apabila ada yang ditanyakan silakan bertanya melalui komentar atau menu kontak. Semoga sukses.

Add Comment