Seperti Apa Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

Seperti Apa Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

Seperti Apa Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

Pencarian kerja adalah pintu untuk masuk ke dalam dunia yang sebenarnya. Pada proses tersebut sejumlah orang dapat menemukan pekerjaan yang diinginkan, dan ada pula yang sulit mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Baca: Susah Dapat Kerja? Lakukan 4 Hal Ini

Banyak orang yang menyatakan bahwa mendapatkan pekerjaan sangat sulit karena selalu gagal dalam sesi wawancara. Wawancara kerja merupakan poin penting di dalam proses perekrutan tenaga kerja. Semaki bagus jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan pihak pewawancara, maka peluang untuk memperoleh posisi yang dilamar pun akan semakin besar. Di dalam sesi wawancara ada hal menentukan diterima atau tidaknya kita untuk bekerja salah satunya kelengkapan dokumen lamaran kerja.

Banyak pencari kerja yang menganggap sepele dokumen lamaran kerja, mereka menganggap hanya formalitas saja dan kebanyakan hanya meniru penulisan lamaran dari orang lain saja. Ternyata dalam menulis lamaran kerja dibutuhkan seni tersendiri. Sebab, selembar kertas tersebut menjadi sebuah sarana pemasaran sang pelamar kerja dengan menekankan sejumlah aspek kekuatan dan kelebihan mereka.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar tidak hanya menjelaskan kualifikasi saja, namun juga menjelaskan pengalaman, kemampuan serta bagaimana keduanya bisa memberikan kontribusi dalam tercapainya target perusahaan baik itu surat lamaran kerja bahasa Inggris ataupun bahasa indonesia.

Lantas bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar? Berikut ulasannya.

Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tujuan

Dalam surat lamaran kerja yang baik dan benar, terdapat informasi seseorang yang dituju dengan jelas. Contohnya, Manajer HRD perusahaan B, Bapak C.

Maka dari itu pencari kerja mesti mengetahui dan mencari tahu siapa orang yang berwenang di dalam perekrutan karyawan baru.

Perkenalan

Awali surat lamaran kerja dengan perkenalan diri secara jelas dan singkat. Jangan lupa sampaikan pula mengapa kita melamar posisi tersebut.

Langsung

Tidak harus menulis berbelit-belit. Tuliskanlah maksud kita secara langsung. Jika perlu, batasi panjang surat maksimal 5 paragraf.

Sederhana

Dalam menulis surat lamaran kerja tidak perlu memakai kata-kata canggih. Di dalam surat lamaran kerja yang baik dan benar terdapat bahasa dan kalimat yang mudah dipahami.

Penyesuaian

Berilah penekanan mengenai minat kita pada perusahaan serta pada posisi yang dilamar. Solusinya, buat korelasi kualifikasi serta kemampuan kita dengan kriteria yang sedang dicari perusahaan. Sampaikan pula bagaimana kemampuan kita tersebut bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan.

Tanda Tangan

Surat lamaran kerja yang baik dan benar pada akhir surat tersebut terdapat tanda tangan. Jangan lupa sertakan pula informasi mengenai nomor kontak maupun alamat email kita, supaya pihak HRD bisa dengan mudah menghubungi kita.

Itulah beberapa hal dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Terus berusaha dan jangan menyerah. Semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Add Comment