4 Hal yang Tidak Diinginkan HRD dalam CV Pelamar Kerja

4 Hal yang Tidak Diinginkan HRD dalam CV

4 Hal yang Tidak Diinginkan HRD dalam CV

Dalam setiap perekrutan, HRD menerima puluhan bahkan hingga ratusan lamaran kerja. sebuah penelitian menyebutkan, bahwa HRD rata-rata hanya memerlukan waktu tidak lebih dari satu menit untuk menentukan apakah kita layak untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya ataukah tidak.

Baca: Seperti Apa Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

Dengan kurung waktu yang sesingkat itu dalam menyeleksi lamaran kerja, Sebenarnya apa yang dicari perusahaan serta apa yang mesti kita hindari dalam CV?

4 Hal yang Tidak Diinginkan HRD dalam CV Pelamar Kerja

Jangan Menjelaskan Riwayat Hidup Kita Terlalu Rinci

Setiap orang pastinya ingin membuat CV yang bagus agar HRD terkesan, akan tetapi terkadang malah memasukan hal yang tidak penting. Misalnya, memasukkan informasi pengalaman magang, namun tidak ada kaitannya dengan jabatan yang akan dilamar.

Solusinya ialah hanya masukkan informasi mengenai riwayat pekerjaan yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang akan dilamar. Misalnya, apabila perusahaan mencari seorang kandidat di bidang marketing, sudah pasti HRD akan mencari seorang kandidat yang memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut. Apabila seorang kandidat tidak memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut, kemungkinan besar CV-nya tidak akan dilirik pihak HRD.

CV yang Berantakan

CV yang Berantakan adalah hal yang sangat di benci pihak HRD. Sebab mereka akan sulit memperoleh informasi secara cepat. Solusinya, susunlah CV seringkas dan sejelas mungkin. Masukkan secara detail nama kita, pekerjaan sekarang ini serta pengalaman kerja yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Tujuan yang Standar

Menuliskan tujuan yang standar di dalam surat lamaran merupakan salah satu hal yang mesti dihindari. Misalnya, “Mencari pekerjaan yang menantang serta menawarkan pengembangan profesional”, sebaiknya jaga ditulis.

Fokuslah pada pekerjaan yang diinginkan serta jabarkan hanya pengalaman kerja dan kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Baca: Saat Wawancara Kerja, Perhatikan 9 Bahasa Tubuh Ini Agar di Terima Bekerja

Kemampuan yang Umum

Pihak HRD tentunya akan merasa bosan mendengar apabila kita menerangkan bahwa kita sangat mahir Microsoft Office. Seluruh pekerja di zaman yang modern seperti sekarang ini mempunyai skill tersebut bukanlah sesuatu yang istimewa. So, berhentilah membanggakan keahlianmu dalam mengoperasikan Microsoft Office.

Beda halnya apabila kita melamar untuk industri pengembangan perangkat lunak serta melamar sebagai pengembang software, maka keahlian mengoperasikan Microsoft Office mungkin akan diperlukan.

Itulah 4 Hal yang tidak diinginkan HRD dalam CV pelamar kerja. Ketika melamar pekerjaan, hal yang pertama HRD lakukan ialah melihat CV. Maka dari itu jangan lupa periksa lebih detail CV mu sebelum dikirim ke HRD.

Add Comment