Fungsi Senter Sebagai Sumber Cahaya dan Tanda Bahaya

Fungsi Senter Sebagai Sumber Cahaya dan Tanda Bahaya

Fungsi Senter – Image: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Flashlight_(Wuzur).jpg

Fungsi Senter Sebagai Sumber Cahaya dan Tanda Bahaya – Senter adalah alat listrik portabel sumber cahaya yang berfungsi untuk menerangi, dan dioperasikan dengan sebuah baterai. Sumber cahaya baterai ini dari bola lampu pijar kecil ataupun lampu pendar yang biasa disebut dengan lampu LED.

Model dan teknologi senter berkembang sangat pesat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tersedia juga berbagai pilihan harga, yang biasanya berbanding lurus dengan kualitasnya. Untuk penggunaannya bisa ditenteng atau dikenakan di kepala. Ukurannya pun dirancang agar lebih sesuai dengan keinginan dan kepraktisannya, antara lain senter besar dan senter kecil atau mini. Nah, agar fungsi senter lebih optimal, pastikan Anda memilih produk yang sesuai.

Fungsi Senter

Fungsi Senter Sebagai Penerangan dan Tanda Bahaya

Secara umum, konstruksi sumber cahaya ini menggunakan material plastik, alumunium, atau besi. Lampu LED semakin banyak digunakan sebagai sumber cahayanya. Senter LED terbukti lebih awet dan hemat energi. Beragam warna cahaya bisa dihasilkan, antara lain putih, kuning, hijau, dan biru. Sedangkan sumber energinya dipasok oleh baterai yang bisa diisi ulang atau charger. Sehingga semakin menekan pengeluaran, dibandingkan teknologi produk sebelumnya.

Fungsi senter bukan sebagai alat penerangan saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk menyampaikan sandi morse dalam kondisi darurat atau tanda bahaya. Sehingga  bisa menjadi penolong saat tersesat di kawasan terpencil. Nyala lampunya dirancang agar bisa berkedip-kedip. Sehingga orang lain yang melihatnya, akan segera tanggap dan langsung menuju sumber cahaya. Supaya mereka bisa cepat melakukan pertolongan.

Pengaturan Tingkat Pencahayaan

Jarak tembak cahayanya sangat jauh, bisa mencapai 500 meter. Kemampuan tersebut sangat dipengaruhi oleh spesifikasi setiap produknya. Semakin tinggi teknologi dan kualitas komponennya, maka semakin bagus hasil cahayanya. Agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan, biasanya produk  flashlight juga dilengkapi dengan beragam fitur pengaturan tingkat pencahayaan.

Anda lebih leluasa untuk mendapatkan tingkat kecerahan dari cahaya yang dihasilkan. Dengan begitu, Anda bisa memilih cahaya senter normal atau cahaya senter paling terang. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur zoom in dan zoom out. Agar memudahkan Anda dalam mengatur kebutuhan cahaya, sehingga lebih fokus pada satu titik atau melebar. Adanya fitur tersebut akan sangat membantu untuk melihat sasaran dengan lebih jelas.

Dengan segala teknologi yang disematkan, maka keberadaan senter sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Tidak hanya bisa digunakan di dalam rumah saja, tetapi sangat mendukung aktivitas pertambangan, berburu, camping, menelusuri hutan, dan sebagainya. Untuk pemasangannya bisa di kepala atau headlamp, dengan tambahan tali khusus. Bisa juga disematkan pada senapan, sepeda, dan sebagainya.

Terdapat juga produk alat penerangan lain yang dikenal dengan sebutan penlight atau pulpen cahaya. Cahaya yang dihasilkan berwarna merah layaknya sinar laser. Untuk suplai energinya digunakan baterai AAA. Untuk penggunaannya, biasanya dimanfaatkan dalam keperluan medis. Terkadang juga digunakan pengajar sebagai penunjuk di papan tulis.

Meskipun banyak juga ponsel yang dilengkapi fitur senter, tetapi keberadaan alat penerangan tersebut tetap diperlukan. Nah, agar lebih tepat dalam pemilihan produknya, pastikan Anda mengetahui setiap fungsi senter dari model yang tersedia di pasaran.

Add Comment