Ingin Hasil Cucian Maksimal ? Pahami Dulu Program Mesin Cucinya

Fungsi Program Mesin Cuci – Seharusnya kehadiran mesin cuci bisa membantu meringankan kita dalam kegiatan mencuci pakaian. Pernahkah Anda memperhatikan pakaian yang telah dicuci menggunakan mesin cuci ? Tentunya pernah bukan hasil cucian tersebut tak maksimal ? Nah, supaya hasil cucian maksimal, maka harus paham terhadap fungsi program mesin cuci tersebut.

cara menggunakan mesin cuci fungsi program mesin cuci

Image: www.vemale.com

Di mesin cuci terdapat sejumlah tombol, fungsi pada tiap-tiap tombol tersebut ialah untuk mengatur program mesin cuci yang dengan sesuai jenis cucian. Dengan mengatur pemrograman yang sesuai, penggunaan air serta deterjen yang tepat, maka hasil cucian pun akan lebih maksimal.

Baca: Seperti Ini Cara Mencuci Pakaian Katun yang Benar

Berikut ini beberapa program mesin cuci beserta fungsinya.

Fungsi Program Mesin Cuci

Quick Wash Program.

Program ini dipakai untuk mencuci pakaian yang tingkat kekotorannya normal namun berat cucian tak lebih dari 3 kilogram. Lama waktu pencucian menggunakan program ini sangat singkat yaitu sekitar 30 menit.

Economy Wash atau Half Load.

Program ini berfungsi untuk mengatur penggunaan listrik serta air yang sedikit. Jangan menggunakan program ini untuk mencuci dalam jumlah banyak. Lantas seberapa banyak pakaian yang diperbolehkan ? Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa mesin cuci yang terdapat sensor, di mana sensor tersebut bisa mengukur berat cucian yang ada di dalam tabung dan setelah itu mesin akan menyesuaikan pemakaian listrik serta air terhadap berat cucian tersebut.

Handwash Program.

Apabila pakaian yang dicuci berbahan halus semisal sutra atau kasmir, maka gunakanlah program ini. Cara kerja Handwash Program lebih halus daripada program lainnya sehingga pakaian tak akan berubah bentuk serta tak akan menyusut.

Reduced-ironing Program.

Tak seluruh mesin cuci terdapat program ini. Dengan menggunakan Reduced-ironing Program maka putaran mesin akan lebih pelan sehingga terjadinya kusut pada cucian sangat kecil terjadi.

Freshen-up Program.

Sama seperti program Reduced-ironing, tak seluruh mesin cuci terdapat program Freshen-up. Program ini dipakai untuk pakaian yang tak terlalu kotor, misalnya untuk pakaian yang masih bersih namun berbau karena asap. Sebenarnya cara kerja Freshen-up Program hanyalah sebatas membilas serta mengeringkannya kembali.

Sports Equipment.

Apabila pada mesin cuci terdapat program ini, itu berarti mesin bisa dipakai untuk mencuci berbagai pakaian olah raga berbahan sintetis tanpa membuat pakaian berkerut.

Itulah fungsi program mesin cuci. Gunakanlah program tersebut sesuai dengan jenis cucian agar hasil cucian maksimal.

Add Comment