Inilah Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Inilah Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Inilah Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Ide Bisnis Kreatif – Pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa dilihat dari keaktifan dan kekratifan masyarakatnya dalam membangun usaha, atau yang biasa disebut kelompok usaha modal kecil.

Bahkan semenjak Jokowi menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-Tujuh, pertumbuhan kelompok usaha modal kecil begitu pesat. Tercatat pada tahun 2007, angka pertumbuhan kelompok modal kecil hanya sekitar 5%. Namun sekarang sudah bertambah hingga mencapai 40%, dan angka ini akan terus bertambah seiring dengan mudahnya proses kredit bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang ingin membuka UKM.

Sebelum kamu mulai meminta bantuan modal usaha ke suku dinas terkait, sebaiknya kamu harus fokus dulu menentukan bidang usaha UKM mana yang mau kamu geluti. Untuk itu kamu perlu mencari referensi ide bisnis kreatif mana yang mau kamu tekuni.

Cukup banyak kok jenis ide bisnis kreatif yang bisa kamu terapkan. Tapi usahakan bahwa kamu benar-benar memahami prosesnya, memahami bagaimana cara mengelolanya, dan memahami cara kerja ide bisnis kreatif tersebut.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan ide bisnis kreatif sebagai dasar dalam pengembangan usaha ?

Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif

Inilah Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Inilah Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

1. Lakukan Riset Produk dan Bisnis

Hal ini sangat penting, terutama bagi kamu yang ingin menjual produk baru yang belum ada di pasaran. Sehingga untuk bisa berhasil dalam penjualan, maka kamu harus melakukan riset pasar. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan perencanaan segmentasi pelanggan dan portofolio pelanggan. Caranya cukup mudah, silahkan kamu “rajin-rajin” mengunjungi mall-mall, pusat perbelanjaan, atau kamu bisa surfing/browsing di internet. Kemudian lakukan pencarian terhadap bisnis atau produk yang satu niche dengan produk yang akan kamu lempar kepasaran.

2. Cermati Kesuksesan Pesaing Bisnis

Kamu harus sering-sering “berkelana” ke tempat-tempat pesaing bisnis yang sukses, lalu kamu cermati bagaimana caranya kompetitor kamu meraih kesuksesan, pokoknya kamu harus terapkan konsep ATM- amati, tiru dan modifikasi.

3. Ide Bisnis Bisa Muncul dari Problematika Sehari-hari

Contoh nyatanya adalah Gojek. Inspirasi pendirian Gojek sebenarnya bermula dari tidak ada akses yang mudah dan cepat hanya untuk mencari angkutan Ojek. Sebaliknya, Tukang Ojek juga tidak mudah untuk mencari penumpang, bahkan harus menunggu begitu lama sampai akhirnya dapat satu atau dua penumpang. Bahkan ada pula Tukang Ojek yang dari Pagi hingga Sore tidak dapat penumpang satu pun. Hal ini tentunya menjadi masalah yang sering kali menjadi polemik kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di kota-kota besar.

4. Amati Trend yang Sedang Berkembang

Kamu harus rajin-rajin membaca berita atau mengamati social media mengenai informasi-informasi update yang menjadi trend sekarang ini. Bisa jadi, informasi tersebut adalah celah untuk mendapatkan sebuah ide bisnis kreatif. Salah satu contoh UKM yang sukses karena mengamati trend terbaru adalah tokopedia dan bukalapak. bukalapak dan tokopedia sama-sama didirikan pada tahun 2007. Namun pada saat itu trend berbelanja online masih belum booming. Baru pada awal-awal Jokowi menjabat muncullah trend industry kreatif startup (bisnis dibidang internet).

5. Berpikir Diluar Kotak (Thinking out of the box)

Bagi kamu yang merasa sering memikirkan ide-ide “nyeleneh” atau ide-ide gila, pastinya akan sangat mudah menemukan peluang usaha atau ide bisnis kreatif.  Sebenarnya menurut fakta banyak pelaku bisnis di industri kreatif yang sukses karena ide-ide kreatif nya didapatkan dari proses berpikir di luar kotak.

Add Comment