3 Tips Ampuh Agar Percaya Diri Saat Interview Kerja

Percaya Diri Saat Interview Kerja

Percaya Diri Saat Interview Kerja

Mendapat panggilan kerja tentunya hal yang ditunggu-tunggu oleh pencari kerja. Interview kerja mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pencarian kerja, pada tahap ini akan menentukan apakah Anda layak menjadi karyawan atau tidak. Oleh karena itu, wawancara kerja harus dilalui dengan sebaik mungkin.

Dalam tahapan interview kerja, pihak perusahaan akan mengajukan berbagai pertanyaan, dan apabila Anda gugup dalam menjawab pertanyaan interview kerja tersebut, bisa dipastikan Anda akan gagal. Namun sebaliknya, apabila menjawab pertanyaan interview kerja dengan yakin dan percaya diri, besar kemungkinan akan diterima menjadi karyawan.

Jika Anda merasa gugup dan kurang percaya diri, berikut ini ada 5 tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan ketika wawancara kerja. Berikut ulasannya.

3 Tips Ampuh Agar Percaya Diri Saat Interview Kerja

1. Paham dengan Profil Perusahaan

Supaya Anda percaya diri, sebelum mengikuti tes wawancara kerja sebaiknya cari tahu terlebih dahulu profil perusahaan dan bidang pekerjaan tersebut. Mempunyai bekal skill saja tidak cukup, Anda harus paham dengan bidang pekerjaan dan perusahaan tersebut. Jangan anggap sepele hal ini jika ingin lolos wawancara kerja. Biasanya perusahaan akan menanyakan “ Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini ? ”, “ Mengapa Anda ingin bekerja diPerusahaan kami ? ”, “ Mengapa kami harus mempekerjakan Anda ? “ dan lainnya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu informasi perusahaan. Cara yang paling tepat adalah dengan membuka Website perusahaan tersebut. Cari informasi mengenai perusahaan sebanyak mungkin supaya pihak pewawancara terkesan. Apabila Anda mempunyai pengetahuan mengenai hal tersebut, Anda akan menjadi percaya diri ketika interview nanti.

2. Latih Terus Jawaban

Setelah memperoleh informasi yang cukup, maka langkah selanjutnya yaitu persiapan menjawab pertanyaan yang kira-kira diajukan oleh pihak pewawancara. Buatlah contoh pertanyaan interview kerja yang sekiranya akan diajukan, kemudian berikan contoh jawaban interview kerja dengan semenarik dan sejelas mungkin.

Banyak pencari kerja yang meremehkan hal ini, banyak di antara mereka yang mengarang bebas ketika pihak pewawancara menanyakan pertanyaan yang tak terduga. Dengan mengumpulkan pertanyaan beserta jawabannya, maka Anda akan lebih yakin dan percaya diri.

3. Selalu Berpikir Positif

Hilangkanlah semua pikiran negatif dengan bersikap optimis. Selalu bayangkan bahwa Anda bisa menjawab semua pertanyaan wawancara kerja yang dilontarkan HRD dengan penuh percaya diri mulai dari awal hingga akhir proses interview kerja. Jawab semua pertanyaan wawancara kerja dengan pelan-pelan, jangan terburu-buru.  Jawab semua pertanyaan dengan sejelas dan seringkas mungkin, seolah-olah Anda sudah mengetahu banyak tentang perusahaan.

Add Comment