Ternyata Jenis Kompor Tidak Hanya Kompor Gas Saja, Ini Jenis-jenisnya

Ternyata Jenis Kompor Tidak Hanya Kompor Gas Saja, Ini Jenis-jenisnya

Ternyata Jenis Kompor Tidak Hanya Kompor Gas Saja, Ini Jenis-jenisnya

Jenis Kompor Mana yang Tepat Untuk Digunakan? – Sekarang ini dapur tidak lagi mengedepankan fungsi saja, namun sekarang ini dapur sudah menjadi bagian interior yang sangat penting untuk ditampilkan. Berbicara mengenai dapur, tentunya tidak akan bisa lepas dari sebuah alat memasak, yakni kompor dan ketika berbicara kompor maka tidak akan ada habisnya. Mengapa demikian? Dikarenakan peralatan dapur yang satu ini terus mengalami inovasi..

Jenis Kompor Mana yang Tepat Untuk Digunakan?

Kompor terdiri dari beragam jenis, seperti jenis kompor gas dan kompor listrik. Tipenya pun berbeda-beda, ada yang Free Standing atau Portable dan ada pula yang tanam.

Kompor portable atau Free Standing sudah diproduksi sejak puluhan tahun lalu, dan jenis kompor ini paling banyak digunakan. Sedangkan kompor tanam tidak sepopuler jenis kompor Portable. Sesuai dengan namanya, kompor tanam ini ditanam di dalam sebuah top Table Kitchen Set. Kompor tanam tampilannya akan sejajar dengan permukaan meja sehingga penggunaan kompor ini akan terlihat lebih rapi dan modern.

Jenis kompor tanam sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni jenis kompor tanam vitroceramik dan kompor tanam induksi. Kompor tanam vitroceramik dengan induksi mempunyai kemiripan, yang membedakan hanyalah pada kompor tanam vitroceramik mempunyai panas pada permukaannya. Sedangkan pada kompor tanam induksi tidak akan ditemukan api, energi listrik yang ada pada kompor tanam induksi diolah menjadi medan magnet yang menginduksi alat yang berada di atasnya menjadi panas.

Tidak hanya jenis dan tipenya saja, material kompor pun sangat beragam. Ada yang terbuat dari bahan stainless Steel, enamel, dan juga kaca. Selain itu, ada pula yang dilengkapi layar sentuh atau touch screen yang sangat modern dan canggih.

Ukuran kompor pun beragam, mulai dari 30cm hingga 120 cm. Sedangkan untuk jumlah tungkunya ada yang 2 bahkan hingga lebih dari 5 tungku sekaligus dalam satu buah kompor. Kompor dengan lebih dari 2, fungsinya tidak hanya satu, namun sangat beragam. Ada yang untuk menggoreng, memanggang dan lainnya. Semua jenis kompor serta tungku akan ditempatkan berjajar pada satu meja atau sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Add Comment