Kekurangan dan Kelebihan Tangki Air Stainless Steel, Fiber Glass dan Polyethlene

Kekurangan dan Kelebihan Tangki Air Stainless Steel, Fiber Glass dan Polyethlene

Kekurangan dan Kelebihan Tangki Air Stainless Steel, Fiber Glass dan Polyethlene – Air adalah salah satu sumber alam yang mempunyai peran begitu vital untuk manusia dan hampir sebagian besar di dalam tubuh manusia terdiri dari air. Bisa dibayangkan bagaimana jika tidak ada air, maka kita semua tidak bisa mandi, minum, memasak dan lainnya.

Saking vitalnya banyak pemilik rumah menyediakan sebuah alat untuk digunakan sebagai penampung air atau lebih dikenal dengan istilah Toren Air atau Tandon Air. Banyak sekali manfaat tangki air ini, antara lain sebagai cadangan apabila suatu ketika terjadi kemarau maka tidak perlu khawatir lagi untuk mendapatkan air bersih, selain itu penampung air pun bisa menghemat listrik. Apa hubungannya tangki atau penampung air dengan hemat listrik?

Jika di rumah Anda tidak terdapat penampung air, maka secara tidak sadar kita akan menghidupkan air secara terus menerus. Hal tersebut tentunya sangat boros mengingat daya listrik yang dikeluarkan mesin pompa air sangat besar. Beda halnya jika terdapat pompa air, maka kita pun akan mengoperasikan pompa air hanya satu kali saja, dan hal tersebut akan menghemat tagihan listrik. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diberikan, menjadikan benda yang satu ini wajib Anda miliki. Apabila Anda berencana ingin membeli tangki air, sebaiknya baca artikel ini lebih lanjut.

Terdapat 3 jenis material tangki air yang tersedia di pasaran, yakni tangki air fiber Glass, tangki air Stainless Steel, dan tangki Air Polyethylene. Ketiga jenis tangki air tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Selain itu tahukah Anda bahwa beda material ternyata mempunyai pengaruh yang beda pula pada kesehatan air yang terdapat di dalamnya. Berbeda material, berbeda pula ketahanannya terhadap lumut dan cuaca. Untuk lebih jelasnya mengenai ketiga jenis penampung yang sudah disebutkan, simak artikel ini lebih lanjut.

Kelebihan dan Kekurangan Tangki Air

Tangki Air Fiber Glass

Kelebihan:

Tangki air FiberGlass mempunyai berat yang ringan, selain itu teksturnya terlihat lebih solid.

Kekurangan:
  • Rentan pada benturan, selain itu dinding tangki akan mudah rusak. Ketika terjadi benturan, maka serat fiber akan mudah rontok, sehingga dapat mengotori air yang terdapat di dalamnya. Dan apabila air yang tercemar serat fiber kemudian masuk ke dalam tubuh maka bisa mengakibatkan penyakit kanker.
  • Tidak tahan terhadap sinar Ultra Violet (UV) serta oksidasi jika terjemur sinar matahari, selain itu memudahkan untuk bertumbuh kembangnya jamur yang mengurangi kualitas air yang ada di dalamnya.
  • Kekurangan Tandon air FiberGlass yang lainnya adalah biaya perawatannya relatif mahal, dan bagian dinding yang keropos akan sangat sulit diperbaiki.

Tangki Air Stainless Steel

Kelebihan
  • Tangki air Stainless Steel tidak akan tembus sinar matahari sehingga tidak akan tumbuh lumut.
  • Toren air Stainless Steel ini tidak akan mudah berubah bentuk meskipun terdapat tekanan air dari dalam tangki.
  • Sudah diakui kualitasnya oleh FDA (Food, Drug & Administration)
  • Bentuknya terlihat mewah, elegan serta eksklusif.
Kekurangan
  • Ternyata semua keunggulan yang sudah dijelaskan harus dibayar mahal. Harga toren air jenis ini adalah kisaran 5 juta rupiah.
  • Pada bagian sambungan mudah karatan.
  • Tangki ini hanya untuk menyimpan air bersih dari PAM, sebab air bersih dari dalam tanah mengandung zat asam, di mana zat tersebut bisa menyebabkan karat.
  • Biaya untuk perbaikannya sangat mahal dan apabila terdapat kebocoran pada bagian dinding maka sulit diperbaiki

Tangki Air Polyethlene

Kelebihan
  • Kelebihan Tangki Air Polyethlene mudah dipindahkan sebab terbuat dari bahan plastik yang ringan.
  • Lapisan dinding jenis toren air ini sangat solid sehingga akan tahan benturan, tekanan serta tidak mudah bocor.
  • Mempunyai lapisan khusus yang bisa menghambat pertumbuhan jamur ataupun lumut.
  • Standarisasi SNI serta memperoleh pengakuan dari FDA USA, sehingga sangat direkomendasikan sebagai tandon air di rumah Anda
  • Dari segi harga, harga toren air jenis ini tidak terlalu mahal yaitu kisaran 1 juta rupiah.
  • Selanjutnya adalah mudah dibersihkan sehingga kualitas air yang ada di dalamnya akan lebih terjaga.
Kekurangan
  • Untuk kekurangan tidak begitu banyak, hanya terkesan kurang mewah ataupun eksklusif ketimbang jenis Stainless Steel.

Add Comment