Kelebihan Ban Tubless dan Biasa yang Wajib Diketahui

Kelebihan Ban Tubless dan Biasa yang Wajib Diketahui

Kelebihan Ban Tubless dan Biasa yang Wajib Diketahui – Image: Pixabay.com / PublicDomainPictures

Kelebihan Ban Tubless dan Biasa yang Wajib Diketahui – Ranjau paku sekarang ini menjadi momok yang menakutkan bagi pengemudi kendaraan, terlebih pengendara sepeda motor. Sebagian pengendara meyakini ranjau paku tersebut sengaja disebar di jalanan oleh para tukang tambal ban guna memperoleh keuntungan ataupun oleh para pelaku kejahatan untuk melakukan pencurian kendaraan dari pemilik yang berhenti dikarenakan memeriksa bannya akibat terkena ranjau tersebut.

Baca: Bagus Mana ! Mengganti Ban Baru, Lebih Baik Pasang di Depan atau Belakang Dulu ?

Bagi yang kerap pulang malam, tentunya harus lebih waspada dalam membawa kendaraannya supaya tidak mengalami kejadian pecah ban di tempat yang tidak terdapat tukang tambal ban ataupun di tempat yang gelap.

Sekarang ini terdapat banyak jenis ban, salah satunya ban tubless. Apa itu ban tubless ? Apa fungsi ban tubless ? Ban tubless adalah ban yang diisi nitrogen serta tidak mempunyai ban dalam. Ban ini diyakini anti bocor dan banyak yang bilang ban tubless lebih bagus daripada ban biasa.

Akan tetapi, apa benar ban tubless lebih bagus ketimbang ban biasa? Apa ada hal yang bisa membuktikan bahwa ban tersebut lebih bagus? Untuk menjawab itu semua, baca artikel ini lebih lanjut.

Berikut ini kelebihan ban tubless dan kekurangannya..

Kelebihan Ban Tubless dan Kekurangannya

Kelebihan Ban Tubless

Tidak sedikit pemilik kendaraan bermotor beralih untuk menggunakan ban tubless, dikarenakan ban ini mempunyai keunggulan yakni anti bocor walaupun sebenarnya ban ini tidak benar-benar anti bocor.

Ban tubless ini bukan ban anti bocor, namun ban ini tidak langsung kempis di saat ban tekenan benda tajam seperti paku, sehingga sang pemilik kendaraan masih ada waktu untuk membawa kendaraannya ke tambal ban terdekat.

kelebihan ban tubless yang tidak langsung kempes begitu terkena paku ini menjadikan pengendara bermotor tidak perlu merasa takut lagi jika terjebak di tempat yang gelap ataupun tempat berbahaya akibat ban kendaraannya terkena paku.

Kelebihan ban tubless lainnya ialah bagi Anda yang suka mengebut dan menikung tajam, ban ini sangat cocok untuk digunakan. Sebab alur ban tubless lebih mencengkam jalanan. Ban tubless sangat stabil walaupun digunakan dalam kecepatan tinggi.

Kekurangan Ban Tubless

Perlu di ingat, ban tubless hanya dapat dipergunakan pada pelek racing. Meskipun sudah terdapat alat yang bisa memasang ban ini pada pelek jari-jari, namun risiko bocornya nitrogen pada ban tersebut tetap saja ada. Harga bantubless lebih mahal daripada harga ban biasa.

Ban tubless lebih keras ketimbang ban biasa sebab mempunyai struktur karet yang lebih tebal serta padat. Dikarenakan ban ini mempunyai tekstur yang keras, sangat tidak disarankan untuk tidak digunakan bagi Anda yang kerap melewati jalan yang rusak, sebab pelek dan komponen lainnya akan cepat rusak.

Kelebihan Ban Tube atau Biasa dan Kekurangannya

Kelebihan Ban Tube atau Ban Biasa

Ban Biasa atau Ban tube merupakan ban konvensional yang mana penggunanya masih banyak, terutama di daerah pedalaman. Hal tersebut sangatlah cocok, mengingat penggunaan ban tube sangat tahan apabila digunakan di lintasan yang tidak begitu bagus, dikarenakan struktur karet ban tube lebih empuk.

Tidak hanya itu saja, usia pakai ban tube lebih panjang ketimbang ban tubless, sebab ban tube terbuat dari komponen yang lumayan kuat.

Baca: Kenapa Ban Kendaraan Sering Kempes Tiba-tiba?

Ban tube atau ban bias sangat nyaman dipakai sewaktu kondisi jalanan sedang macet, sebab ban ini bisa bermanuver dengan sangat baik. Harga ban tube atau harga ban biasa ini lebih murah ketimbang harga ban tubless serta bisa dipasang pada semua jenis pelek ban, tidak seperti ban tubless yang hanya bisa dipasang pada pelek racing saja.

Kekurangan Ban Tube atau Ban Biasa

Kekurangan yang paling utama dari ban tube yaitu mudah bocor serta menjadi sasaran empuk ranjau paku. Bagi pengendara, jika sedang apes seperti bocor maka mesti mencari-cari tukang tambal ban, tidak seperti ban tubless yang apabila terkena paku maka tidak akan kempes.

Tidak ada masalah jika tukang tambal ban tersebut letaknya tidak jauh. Kalau tukang tambal ban tersebut jauh bagaimana? Tentu kita mesti mendorongnya. Lebih sial lagi apabila ternyata ban dalamnya sudah sobek, sehingga mau tidak mau kita mesti menggantinya dengan ban dalam baru. Sehingga pengeluaran akan lebih mahal.

Itulah sejumlah kelebihan ban tubless dan ban biasa beserta kekurangannya. Semoga bermanfaat.

Add Comment