4 Kesalahan Pada CV yang Bisa Membuat Kamu Tidak Mendapat Panggilan Kerja

4 Kesalahan Pada CV yang Bisa Membuat Kamu Tidak Mendapat Panggilan Kerja

4 Kesalahan Pada CV yang Bisa Membuat Kamu Tidak Mendapat Panggilan Kerja

Tidak kunjung mendapatkan pekerjaan tentu bukan hal yang menyenangkan, padahal sudah melamar ke sana kemari namun panggilan kerja belum satu pun diterima. Jangan berputus asa dulu, kamu masih mempunyai kesempatan. Sebelum melamar pekerjaan lagi, sebaiknya introspeksi dulu. Apakah lamaran yang dikirim kan sudah benar?

Perlu diketahui, lamaran atau CV mempunyai peran yang sangat penting. Meskipun kamu adalah orang yang potensial, namun apabila CV-mu kurang meyakinkan ataupun ada kesalahan, maka pihak perusahaan pun akan mengabaikannya.  Oleh karena itu, sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan, alangkah baiknya periksa CV kamu terlebih dahulu. Berikut ini ada 4 kesalahan yang bisa membuat kamu belum  juga mendapatkan panggilan kerja.

4 Kesalahan Pada CV yang Bisa Membuat Kamu Tidak Mendapat Panggilan Kerja

1. Terlalu Sederhana

Jangan buat CV yang sederhana, buatlah yang berbeda dari lainnya namun tetap menonjolkan kelebihan sehingga kemungkinan untuk diterima bekerja semakin besar. Selain itu pastikan pula bahwa tidak ada kesalahan eja satupun, sebab pihak perusahaan akan menilai tingkat ketelitian seorang pelamar dari tidak adanya kesalahan eja pada CV.

2. Jeda Karir yang Lama

Meskipun kamu berpengalaman, namun jika mempunyai jeda karir yang cukup lama, terkadang pihak perusahaan ragu untuk mempekerjakan. Lalu bagaimana solusinya?

Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan mencantumkan beberapa kontak orang yang pernah bekerja dengan kamu sebelumnya, seperti mantan atasan, ataupun rekan kerja. Tujuannya supaya pihak perusahaan bisa menghubungi orang tersebut untuk memastikan sendiri bahwa meskipun kamu sudah lama tidak bekerja tetapi kamu adalah orang yang potensial.

3. Minim Keterampilan

Dalam membuat Curriculum Vitae, cantumkanlah semua keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Tujuannya untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu adalah orang yang tepat dan layak menjadi pegawai mereka.

4. Latar Belakang Tidak Konsisten

Sekarang ini pihak perusahaan tidak hanya melihat pelamar dari CV saja. Mereka pun kerap mengintip media sosial untuk bisa mengetahui latar belakang pelamar lebih dalam. Apabila ditemukan ketidaksamaan informasi, maka hal tersebut dapat membuat pihak perusahaan ragu memanggil kamu. Berikanlah informasi yang benar dan pastikan informasi pada lamaran mempunyai kesamaan dengan media sosial professional, contohnya LinkedIn.

Add Comment