Lakukan Hal ini Ketika Mencuci Motor Supaya Mesin Awet

Mencuci Motor

Mencuci Motor

Sekarang ini sepeda motor sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk menjalankan aktivitas baik itu digunakan untuk bekerja, sekedar untuk jalan-jalan maupun lainnya. Hampir semua kalangan masyarakat mempunyai kendaraan mesin roda dua ini. Selain karena harganya yang relatif lebih murah daripada mobil, namun menggunakan motor pun lebih praktis.

Mengingat fungsi motor begitu penting dan digunakan setiap hari, tentunya harus dilakukan perawatan yang benar dan rutin supaya motor awet dan prima. Supaya motor awet tidak hanya melakukan perawatan dengan cara Service ke bengkel saja, namun dalam mencuci motor pun bisa mempengaruhi keawetan motor tersebut bahkan mencuci motor dengan cara yang salah bisa menyebabkan kerusakan mesin.

Dalam mencuci motor, banyak pemilik motor yang mencuci motornya asal-asalan. Padahal dalam mencuci motor terdapat sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan supaya mesin motor tidak rusak.

Setelah melakukan perjalanan jauh, bisanya motor akan kotor dan biasanya pemilik pun akan langsung mencucinya begitu saja walaupun mesin motor masih panas. Padahal, mencuci motor dengan keadaan mesin yang masih panas akan berakibat buruk bagi motor terlebih pada bagian mesinnya.

Logam panas serta air dingin merupakan dua hal yang saling bertentangan. Di dalam hukum fisika menjelaskan, bahwa perubahan suhu yang secara tiba-tiba bisa merusak logam. Hal ini pun berlaku pada bagian mesin motor.

Mencuci motor dalam keadaan panas, bisa menyebabkan blok mesin retak. Retaknya blok mesin diakibatkan perubahan suhu yang secara tiba-tiba. Tidak hanya keretakan pada blok mesin saja, namun pada bagian knalpot, dan bagian-bagian panas lainnya akan mengalami keretakan.

Contoh lainnya yang bisa disamakan yaitu dengan melakukan percobaan pada gelas kaca. Gelas kaca yang sebelumnya di isi dengan air dingin setelah itu secara tiba-tiba di isi dengan air panas, maka kemungkinan besar gelas tersebut akan retak karena mengalami perubahan suhu yang ektsrim secara tiba-tiba. Maka dari itu, apabila hendak mencuci motor sebaiknya jangan mencucinya ketika mesin masih dalam keadaan panas, sebaiknya tunggu hingga mesin benar-benar dingin, motor pun akan lebih awet, dan performanya tetap bagus. Terlihat sepele namun pengaruhnya sangat penting.

4 Comments

  1. momogrosir 4 November 2015
    • Ahmad Vei 4 November 2015
  2. Dafa36 6 Februari 2017
    • Ahmad Sape'i 11 Februari 2017

Add Comment