Jangan Salah Pilih Asuransi, Perhatikan dulu Jenisnya

macam dan jenis asuransi

Image: pixabay.com

Jenis Asuransi – Asuransi berasal dari kata “Insurance” yang mempunyai arti pertanggungan. Pengertian Asuransi sendiri yaitu perjanjian antara tertanggung (Nasabah) dengan pihak penanggung (Perusahaan Asuransi). Dalam hal ini, perusahaan asuransi bersedia menanggung sejumlah kerugian yang dapat terjadi di kemudian hari sesudah pihak nasabah menyetujui pembayaran.

Ketika agen asuransi tengah menawarkan produknya, kita sebagai konsumen kerap kali hanya mengangguk-angguk saja ketika mendengarkan penjelasan agen tersebut. Pengetahuan terhadap jenis asuransi terkadang membuat kita pusing, ditambah penjelasan agen pun hanya sekedarnya saja sehingga kita sendiri bingung mengenai asuransi jenis apa yang mesti kita gunakan.

Supaya tidak bingung dalam memilih asuransi mana yang mesti digunakan, berikut ini jenis asuransi yang ada di Indonesia.

Jenis – Jenis Asuransi

Asuransi Mobil

Asuransi mobil tergolong jenis asuransi yang paling diminati, sebab jumlah kendaraan sekarang ini kian membludak. Mempunyai polis asuransi mobil adalah salah satu kewajiban yang harus dimiliki oleh pemilik mobil, terlebih untuk di daerah yang rentan terhadap kecelakaan.

 Asuransi Kesehatan

Untuk asuransi kesehatan ini tergolong ke dalam jenis asuransi yang banyak diketahui oleh banyak orang Indonesia serta paling banyak digunakan. Manfaat asuransi kesehatan ini ialah untuk menanggung beban biaya perawatan apabila suatu saat Anda sakit dan memerlukan perawatan medis. Pilihlah asuransi kesehatan terbaik yang benar-benar bisa memberikan jaminan kesehatan Anda.

Asuransi Jiwa

Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa pun tergolong ke dalam jenis asuransi yang paling banyak digunakan. Meskipun yang menggunakan asuransi ini kalangan menengah ke atas, namun setiap tahun jumlahnya kian bertambah.

Asuransi Rumah atau Properti

Yang termasuk ke dalam asuransi properti ini ialah rumah, ruko, hotel, gedung perkantoran dan yang lainnya. Tujuan dari asuransi jenis ini ialah untuk melindungi properti terhadap kerugian apabila suatu saat terjadi peristiwa semisal kebakaran ataupun hal lainnya yang menyebabkan kerusakan. Asuransi ini terbilang cukup laris terlebih untuk wilayah padat penduduk yang sangat rawan terjadinya kebakaran.

Baca: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Rumah yang Tepat ?

Asuransi Perjalanan

Bagi Anda yang gemar atau sering traveling maupun bepergian jauh, asuransi perjalanan ini mesti dimiliki. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda manfaatkan semisal ganti rugi akan bagasi yang hilang, biaya pengobatan apabila Anda tiba-tiba mengalami sakit di negara tujuan, hingga mengganti kerugian apabila ada keterlambatan jadwal penerbangan.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan ini merupakan jawaban dari tingginya biaya pendidikan sekarang serta di masa mendatang. Biasanya yang menggunakan asuransi pendidikan ini ialah keluarga yang baru terbentuk. Dengan asuransi pendidikan, maka sang orang tua bisa melindungi pendidikan sang anak di masa mendatang. Pilihlah asuransi yang bagus untuk sang buah hati Anda.

Asuransi Syariah

Mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim sehingga asuransi Syariah ini begitu berkembang pesat. Konsep dasar asuransi ini pun diatur oleh DSN atau Dewan Syariah Nasional serta MUI sebagai usaha yang saling melindungi serta tolong menolong antara sejumlah orang dengan melalui investasi dalam bentuk tabarru atau aset yang pola pengembaliannya untuk menghadapi risiko-resiko tertentu yang sesuai dengan Syariah.

Itulah jenis asuransi. Semoga bermanfaat.

Add Comment