Ini Manfaatnya jika Memiliki Asuransi Mobil

manfaat asuransi mobil

Manfaat asuransi mobil – Image Credit : gdbaker / pixabay.com

Manfaat asuransi mobil – Populasi kendaraan entah itu mobil ataupun motor dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hampir di seluruh wilayah pengguna kendaraan kian bertambah. Namun di sisi lain, bertambahnya jumlah kendaraan tak sepadan dengan kapasitas jalan raya, sehingga yang terjadi ialah kemacetan serta kecelakaan yang tak di inginkan.

Baca: Agar Klaim Asuransi Mobil atau Motor Tidak Ditolak, Pelajari 6 Hal Ini

Sewaktu terjadi kecelakaan, tentunya ada biaya yang mesti di keluarkan oleh pemilik kendaraan tersebut, misalnya biaya perbaikan kendaraan. Besar kecilnya biaya perbaikan tergantung dari parah atau tidaknya kerusakan tersebut. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kerugian yang terjadi yaitu dengan asuransi mobil.

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh apabila mengansurasikan mobil, berikut ini manfaat asuransi mobil.

Manfaat Asuransi Mobil

Memberikan Perlindungan.

Asuransi mobil bisa meminimalkan kerugian bagi pemilik kendaraan. Kerugian tersebut bisa berupa kerusakan kendaraan karena tabrakan, hilangnya kendaraan akibat dicuri dan lainnya.

Membantu perencanaan keuangan.

Sewaktu kendaraan mengalami kerusakan, tentunya pemilik mesti mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Dengan memiliki asuransi mobil maka kerusakan yang terjadi pada kendaraan akan di tanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian, pemilik kendaraan tak akan terbebani dengan biaya perbaikan, sehingga perencanaan keuangan pun tak akan terganggu.

Memberikan rasa aman.

Dengan memiliki asuransi mobil maka bisa memberi rasa aman, tenang serta bisa meningkatkan rasa percaya diri pemiliknya. Mengapa demikian ? sebab ketika dalam perjalanan pemilik kendaraan tidak akan merasa khawatir jika terjadi sesuatu yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraannya. Namun bukan berarti dalam menggunakan kendaraan dengan sembarang pakai, kita mesti tetap berhati-hati serta waspada ketika menggunakan kendaraan walaupun kendaraan tersebut sudah di asuransikan.

Perlindungan lebih.

Pada sejumlah jenis asuransi mobil, terdapat sejumlah perlindungan lebih. Tidak hanya perbaikan ( alk risk) maupun penggantian pada unit kendaraan ( TLO) saja, namun juga memberikan bantuan hukum. Ketika kecelakaan yang terjadi melibatkan pihak ketiga, tentunya memerlukan dana yang tak sedikit.

Mendapatkan layanan tambahan.

Terdapat sejumlah perusahaan asuransi yang menawarkan sejumlah pelayanan tambahan seperti hotline 24 jam serta derek mobil. Ketika mengalami sesuatu hal dalam perjalanan semisal kendaraan yang dipakai mengalami mogok, maka pihak asuransi akan memberikan mobil pengganti ketika mobil dalam perbaikan sehingga aktivitas pun tak akan terganggu.

Jenis Asuransi Mobil

Terdapat 3 jenis asuransi mobil, yaitu :

Comprehensive atau Asuransi Mobil All Risk.

Asuransi mobil jenis ini yaitu perlindungan yang diberikan oleh perusahaan atas kehilangan ataupun kerusakan mobil yang di akibatkan kebakaran, kejatuhan benda, pencurian, perbuatan jahat, benturan, tabrakan, kecelakaan lalu lintas dan yang lainnya.

Total Lost Only atau Asuransi Mobil TLO.

Perusahaan akan memberikan jaminan apabila mobil mengalami kerusakan menyeluruh yang diakibatkan kejatuhan benda, perbuatan jahat, kebakaran, perampasan, tabrakan, kecelakaan lalu lintas dan yang lainnya.

Mana yang lebih baik, Asuransi Mobil All Risk atau TLO ?

All Risk merupakan penggantian yang di akibatkan kerusakan secara keseluruhan ataupun hanya sebagian dari mobil. Sedangkan untuk TLO merupakan penggantian yang hanya diberikan apabila kerusakan kendaraan yang diasuransikan di atas 75%.

Dalam memilih jenis asuransi mobil, sebaiknya pilih asuransi mobil all risk. Walaupun biaya premi asuransi mobil alk risk lebih mahal namun perlindungan untuk ke depannya lebih menjanjikan daripada jenis TLO. Memang biaya premi TLO lebih murah, akan tetapi apabila kerusakan mobil di bawah 75% maka hal itu bukanlah tanggungan pihak asuransi, melainkan tanggungan pemilik kendaraan itu sendiri.

Itulah beberapa manfaat asuransi mobil. Bagaimana, sangat bermanfaat bukan ?

Add Comment