Beragam Masalah Mesin Cuci Rusak dan Solusinya

Beragam Solusi dan Masalah Mesin Cuci Rusak

Beragam Solusi dan Masalah Mesin Cuci Rusak

Mesin cuci kini menjadi pilihan banyak orang sebagai alat untuk membantu mengatasi cucian menumpuk. Apabila Anda masih menggunakan cara konvensional, sudah saatnya beralih ke alat ini.

Kini mesin yang sangat membantu ini bisa didapatkan dengan mudah, dan harganya pun terjangkau. Harga mesin cuci sendiri mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Mahal atau tidaknya harga mesin cuci tergantung spesifikasi yang ada di dalamnya.

Di pasaran sendiri mesin pencuci pakaian ini tersedia dalam beragam model dan merk, mulai dari mesin cuci 1 tabung, 2 tabung, top loading, dan front loading. Untuk merek ada mesin cuci Samsung, Sharp, LG, Polytron, Electrolux, Panasonic, Sanyo, Sanken dan masih banyak lagi.

Baca: Mana yang Lebih Bagus, Top Loading atau Front Loading ?

Pada artikel ini tidak akan membahas mengenai masing-masing jenis atau model tersebut. Namun akan membahas mengenai seputar solusi mengatasi permasalahan yang ada pada mesin cuci.

Apabila di rumah Anda terdapat alat yang satu ini dan mengalami beberapa masalah seperti di bawah ini, maka baca artikel ini lebih lanjut.

Masalah Mesin Cuci Rusak dan Solusinya

Mesin Cuci Rusak Tidak Berputar

Tanya: Saya mempunyai mesin cuci 1 tabung, namun tidak mau berputar sewaktu dihidupkan. Padahal bagian kabelnya sudah terhubung ke stop kontak. Lantas bagaimana solusinya?

Jawab: Pastikanlah lampu indikator telah menyala serta pintu sudah tertutup dan ada pula beberapa jenis mesin cuci 1 tabung (otomatis) akan bekerja atau berputar jika jumlah air yang ada di dalam tabung pencuci sudah mencukupi. Maka pastikanlah posisi level yang ada di dalamnya sudah sesuai.

Merawat Mesin Cuci

Tanya: Bagaimanakah cara merawat mesin cuci yang benar?

Jawab: Setelah menggunakannya, pastikan untuk selalu membersihkan dan mengeringkannya. Pastikan pula selang pembuangan air sudah di taruh sesuai pada tempatnya.

Pada mesin keluaran terbaru biasanya mempunyai fitur pembersihan. Sebaiknya lakukanlah pembersihan dengan tombol fitur tersebut. Tidak hanya itu saja, jangan lupa pula untuk selalu membersihkan bagian luar mesin dengan menggunakan lap, sebab jika tidak maka akan kotor, berkarat serta menjadi mudah rusak.

Mesin Berdengung

Tanya: Mesin pencuci saya kerap berdengung serta terkadang mengeluarkan bau-bau terbakar, apa penyebabnya serta bagaimana solusinya?

Jawab: Hal tersebut dapat terjadi akibat beban yang terlalu banyak ataupun posisi mesin berada di area lembab. Untuk solusinya, sesuaikanlah beban cucian sesuai dengan kapasitas serta usahakan supaya diletakkan di area yang lebih kering. Apabila masalah tersebut belum juga teratasi, sebaiknya hubungi petugas Service.

Sering Berhenti Mendadak

Tanya: Kenapa ya mesin sering eror serta berhenti sewaktu proses mencuci, selain itu air yang mengalir pun sangat kecil sekali. Bagaimanakah solusinya?

Jawab: Solusinya silahkan cek sumber aliran air apakah keran telah terbuka penuh. Pada umumnya ada berapa jenis mesin pencuci pakaian yang mempunyai saringan atau filter air. Periksa dan bersihkanlah.

Hasil Bilas Tidak Bersih

Tanya: Mengapa mesin tidak dapat membilas dengan bersih, dan selalu terdapat sabun yang tersisa pada cucian. Apa penyebabnya, lalu bagaimana solusinya?

Jawab: Penyebabnya bisa diakibatkan beban cucian ataupun pemberian sabun yang terlalu banyak, dan jenis sabun yang dipakai tidak sesuai. Untuk solusinya, pastikanlah jumlah beban cucian sudah seusai dengan kapasitas, dan jangan lupa sesuaikan posisi level airnya. Supaya hasil cucian lebih bersih, sebaiknya gunakan sabun cuci yang di khususkan untuk mesin pencuci.

Add Comment