Mengenal Jenis-jenis Barometer

jenis Barometer

jenis Barometer – Foto Credit: Garry Knight / flickr.com

Jenis-jenis barometer – Barometer umumnya digunakan oleh ahli meteorologi, pelaut, serta pilot untuk memprediksi keadaan cuaca dengan cara mengukur perubahan pada tekanan atmosfer. Barometer ini bukan memberi tahu cuaca ketika hari itu juga, tetapi melainkan hanya memprediksi cuaca yang akan terjadi pada satu atau dua hari yang akan datang.
Terdapat 4 jenis barometer, setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasannya.

Jenis-jenis Barometer

1. Barometer air raksa.

Barometer air raksa terdiri atas tabung kaca vertikal, di dalamnya terdapat kolom merkuri. Bagian ujung atas dari tabung kaca tersebut di segel atau tertutup, sedangkan pada bagian ujung tabung kaca lainnya terbuka serta di benamkan di dalam tempat berisikan air raksa. Sewaktu tekanan atmosfer menurun, maka kolom merkuri di dalam tabung kaca tersebut pun akan menurun.

Baca: Apa itu Barometer Air Raksa dan Aneroid, Bagaimana Cara Kerjanya ?

2. Barometer air.

Barometer air dikenal juga dengan sebutan Goethe, barometer ini terdiri atas wadah kaca yang tertutup di mana wadah tersebut, setengahnya berisikan air dan terdapat cerat. Cerat kaca tersebut terhubung dengan wadah kaca. Dikarenakan saling berhubungan, cerat serta wadah kaca tersebut akan terisi air. Sewaktu tekanan atmosfer rendah, maka level air pada bagian cerat secara perlahan akan naik melampaui permukaan air di dalam wadah kaca.

3. Barometer aneroid.

Barometer aneroid di buat tahun 1843, mekanisme untuk membaca suatu perubahan tekanan atmosfer pada barometer aneroid sangat rumit. Alat ini terdiri atas wadah serta semacam logam yang lentur atau lebih dikenal dengan sebutan kapsul aneroid maupun sel. Barometer jenis ini terbuat dari bahan perpaduan tembaga dengan berilium. Sewaktu kotak logam mengalami pengembangan atau penyusutan yang di akibatkan perubahan tekanan luar, maka perangkat yang ada di dalam barometer akan menerjemahkannya ke dalam pembacaan tekanan udara.

4. Barometer Barograf (barograph).

Barometer yang terakhir ialah barometer barograf. Sebenarnya barometer ini merupakan barometer jenis aneroid. Barometer barograf tak hanya melakukan pembacaan saja, namun barometer barograf pun merekam hasil pencatatan yang di lakukan selama periode tertentu.

Barometer jenis ini terdiri atas silinder logam beserta lengan pena. Silinder logam berguna untuk membaca perubahan tekanan atmosfer, sedangkan bagian lengan pena berguna untuk mencatat hasil dari pengukuran. Itulah jenis barometer.

Add Comment