3 Penyebab Mobil Boros Bensin atau BBM dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mobil Boros Bensin atau BBM

Penyebab Mobil Boros Bensin atau BBM – Image: philsfirst.com.ph

3 Penyebab Mobil Boros Bensin atau BBM – Setiap pemilik kendaraan tentunya ingin mobil yang dimilikinya irit bahan bakar. Walaupun mobil yang dimiliki sudah tertanam teknologi canggih, apabila penggunaannya salah hasilnya sama saja. Selain itu, komponen mesin yang bermasalah pun bisa membuat mobil boros BBM atau bahan bakar minyak.

Baca: 6 Tips Mudah Supaya Motor Matic Irit Bensin

Banyak hal yang menyebabkan mobil boros bbm Namun, menurut data yang diperoleh 99 % mobil boros bensin karena adanya kesalahan di dalam penyetelan busi, injektor atau karburator, dan klep mesin mobil. Setiap pemilik ingin mobilnya irit bahan bakar, namun sebagian dari mereka malah menghiraukan kondisi seperti demikian.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini penyebab mobil boros bensin dan cara mengatasinya.

3 Penyebab Mobil Boros Bensin atau BBM

Kepala dan Sumbu Busi Terlalu Renggang.

Jika kepala serta sumbu busi terlalu renggang maka akan membuat percikan api yang mana digunakan untuk membakar campuran BBM serta udara di mesin menjadi kecil. Dampak yang terjadi ialah pembakaran tidaklah sempurna.

Solusinya, aturlah tingkat kerenggangan sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh pabrikan. Biasanya tingkat kerenggangan sesuai pabrikan yaitu 0,8 hingga 1 milimeter. Usahakanlah tingkat kerenggangan sesuai dengan ukuran tersebut. Karena jika terlalu renggang maka api yang dihasilkan sangat kecil, sehingga pembakaran tidaklah sempurna. Pengaturan tingkat kerenggangan dapat dilakukan jika mobil sudah menempuh jarak sekitar 25 hingga 30 ribu kilometer.

Baca: 4 Cara Membersihkan Busi Motor Agar Awet dan Maksimal

Setelan Karburator Bermasalah.

Mobil berusia lima tahun ataupun lebih biasanya setelah karburator mengalami masalah. Adapun penyebab karburator bermasalah di antaranya ialah cara berkendara yang sering menginjak gas secara beruang dan penggunaan bahan bakar yang kualitasnya tidak bagus.

Jika Anda ingin mengetahui kondisi karburator mobil Anda, dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan menggunakan peralatan canggih. Pada umumnya bekel besar sudah menyediakan peralatan tersebut.

Posisi Klep Mesin Berubah.

Penyebab Mobil Boros Bensin atau BBM a

Penyebab Mobil Boros Bensin atau BBM a – Image: Pixabay.com /

Fungsi klep di mesin kendaraan ibarat pintu si sebuah gerbang. Jika pintu tersebut sudah rusak, maka arus keluar dan masuknya tidak dapat terkontrol. Maka dari itu, untuk mobil yang sudah berusia 5 tahun ataupun mobil baru yang terasa boros, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan pada bagian tersebut.

Atur ulanglah posisi klep di mesin. Karena jika terlalu rapat maka mobil bisa boros BBM. Klep yang terlalu rapat, ketika pengemudi menginjak gas dalam-dalam maka klep akan terbuka lebar. Akan tetapi jangan pula mengaturnya terlalu renggang, jika mengaturnya terlalu renggang maka mesin mobil Anda akan bersuara berisik.

Itulah 3 hal yang bisa menyebabkan mobil boros bensin atau bbm. Semoga dengan adanya 3 hal tersebut, mobil boros Anda bisa irit kembali.

Add Comment