Nih 4 Komponen yang Harus Dicek Ketika Klaim Asuransi Mobil

Klaim Asuransi Mobil

Klaim Asuransi Mobil – Image: pixabay.com – suvajit

Klaim Asuransi Mobil – Jika mobil yang Anda miliki terlindungi asuransi, maka banyak sekali keuntungan yang diperoleh salah satunya ialah Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya ketika memperbaikinya apabila mobil mengalami kerusakan baik itu kerusakan besar ataupun hanya kerusakan kecil seperti lecet, baret, penyok ringan, maupun lainnya.

Apabila mobil mengalami kerusakan yang Anda lakukan hanyalah melakukan klaim asuransi mobil kepada perusahaan asuransi yang didaftarkan. Perusahaan asuransi pun akan memperbaiki mobil Anda ke bengkel yang bekerja sama dengannya. Di indonesia sendiri perusahaan asuransi bermacam-macam seperti sinarmas, aca, garda oto, abda, pan pacific, dan lainnya. Untuk jenisnya ada asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO.

Akan tetapi jangan terlalu percaya begitu saja pada bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, sebab dikhawatirkan komponen mobil diganti bukan dengan komponen yang asli, melainkan diganti dengan komponen yang palsu.

Berikut ini merupakan empat komponen mobil yang biasanya mengalami kerusakan. Perhatikanlah ke empat komponen berikut sewaktu klaim asuransi mobil supaya tidak diganti dengan komponen yang palsu.

4 Komponen yang Harus Dicek Ketika Klaim Asuransi Mobil

1. Spion

Spion adalah bagian mobil yang sering rusak, bisa dikarenakan bersenggolan dengan mobil, motor ataupun karena hal lainnya. Maka dari itu, sewaktu memasukan mobil ke bengkel asuransi, Anda mesti memeriksanya kembali usai diperbaiki atau ketika sudah melakukan klaim asuransi mobil.

Untuk mengetahui spion yang diganti asli atau tidaknya yaitu dengan cara melihat kaca mika yang dipakai. Memang spion baru dengan spion asli tidak jauh berbeda. Namun sesudah beberapa lama maka mika spion palsu akan berubah warna yaitu terlihat menguning.

2. Lampu

Sama seperti spion, lampu juga merupakan komponen mobil yang sering diganti sewaktu kecelakaan, entah itu lampu depan ataupun lampu belakang. Apabila mobil Anda terdaftar asuransi, Anda akan merasa lega karena harga sepasang lampu cukup mahal. Karena harganya yang cukup mahal itulah, kemungkinan besar pihak bengkel asuransi menggantinya dengan lampu palsu. Cara mengetahui asli atau tidak bisa dilakukan seperti cara mengetahui keaslian spion. Apabila lampu palsu maka mika lampu akan cepat menguning.

3. Bemper

Untuk bemper tidak seperti spion ataupun lampu yang diganti dengan yang palsu. Biasanya bemper ini diganti dengan bemper rekondisi. Di mana bemper hanya diperbaiki bagian-bagian yang lecetnya saja setelah itu dicat ulang.

Untuk mengetahui bemper tersebut diganti atau hanya diperbaiki saja yaitu dengan cara mengecek bagian dalam bemper. Apabila benar-benar bemper rekondisi, maka Anda akan melihat bekas penyok pada bagian dalam bemper dan langsung lakukan protes.

4. Kaki-kaki

Komponen terakhir yang mesti dicek keasliannya sesudah mobil diperbaiki di bengkel asuransi yaitu kaki-kaki. Biasanya kaki-kaki mobil terdiri dari komponen The Rod, Ball Joint, Shock Breaker, Bushing Arm, serta Stabilizer.

Untuk memeriksa semua komponen tersebut lumayan sulit sebab letaknya tersembunyi. Untuk mengetahui keasliannya yaitu dengan cara melihat kemasan komponen-komponen tersebut. Apabila komponen tersebut asli, maka pada kemasannya terdapat stiker hologram

Itulah keempat komponen yang perlu di cek ketika klaim asuransi mobil. Tetap teliti, jangan sampai kita dibohongi.

2 Comments

  1. Garda Oto 7 Oktober 2016
    • Ahmad Sape'i 7 Oktober 2016

Add Comment