Cara Sukses Mengembangkan Peluang Usaha Makanan

Cara Sukses Mengembangkan Peluang Usaha Makanan

Cara Sukses Mengembangkan Peluang Usaha Makanan

Peluang usaha makanan adalah salah satu contoh peluang usaha yang menjanjikan saat ini dan untuk masa depan. Tidak hanya itu saja peluang bisnis makanan ini cukup mudah untuk dilakukan, baik itu usaha makanan ringan, usaha makanan rumahan, bisnis makanan beku, usaha makanan rumahan, usaha makanan kering ataupun bisnis makanan lainnya. Asalkan memiliki modal yang cukup, keuletan, dan pastinya memilik niat untuk berwirausaha.

Peluang usaha makanan bukanlah bisnis yang gampang untuk dikelola. Jika Anda adalah seorang yang gampang menyerah dan tidak berusaha maksimal, maka dapat dipastikan peluang usaha makanan akan mengalami kegagalan.

Telah banyak contohnya beberapa pemilik bisnis makanan gulung tikar karena tidak memiliki niat untuk berusaha memajukan bisnis makanan yang dimilikinya. Walaupun mereka memiliki kekuatan finansial yang baik, namun jika tidak dibarengi dengan kreativitas, dan niat untuk berwirausaha, maka jangan harap untuk dapat sukses membuka peluang usaha makanan.

Namun, ada pula sebaliknya, beberapa pemilik bisnis makanan yang sukses dan dapat bertahan hingga detik ini. Mereka dapat bertahan dari kejamnya persaingan bisnis makanan, dikarenakan memiliki niat untuk berwirausaha. Selain itu mempunyai kreatif dan dapat menemukan peluang usaha makanan, sehingga pemasaran produk bisnis makanan mereka dapat berkembang.

Mengembangkan peluang usaha makanan adalah salah satu cita-cita yang pasti dimiliki oleh sebagian orang. Anda pun pastinya ingin membuka bisnis makanan sendiri. Ini adalah cita-cita yang wajar mengingat sifat manusia yang tidak pernah puas.

Dengan adanya niat untuk mengembangkan peluang usaha makanan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa hasrat akan kekayaan, kekuasaan, dan status sosial adalah tujuan utama anda sehingga Anda terdorong untuk memajukan peluang usaha makanan Anda, baik dengan bantuan keluarga, bantuan orang lain, ataupun dengan tenaga anda sendiri.

Mengembangkan peluang usaha makanan dapat dilakukan dengan cara-cara yang modern. Cara mengembangkan peluang usaha makanan dengan cara modern antara lain cara dengan menggandeng investor, perbankan atau modal ventura.

Lantas, bagaimana dan apa saja contoh bisnis plan makanan yang dapat Anda coba untuk meningkatkan dan mengembangkan peluang usaha makanan Anda ? Berikut ini ada bebrapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan peluang usaha makanan.

Cara Sukses Mengembangkan Peluang Usaha Makanan

Membuka Cabang (Branch)

Mengembangkan peluang usaha makanan dengan cara membuka cabang adalah yang paling banyak dilakukan, serta dipilih oleh beberapa para pengusaha peluang usaha makanan ketimbang Menjual peluang Bisnis.

Mengembangkan peluang usaha makanan dengan cara membuka cabang merupakan cara konvensional, dan bukan merupakan trik atau strategi baru. Adapun cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, Anda buat sebuah bisnis makanan yang menurut anda memiliki pertumbuhan bagus di tempat Anda. Bisnis tersebut menghasilkan keuntungan yang relevan dengan waktu yang akan berjalan. Karena pertumbuhan bisnis dan profit yang menguntungkan ini, Anda berniat untuk membuka satu lagi cabang di tempat lain. Tidak ada kebutuhan khusus dalam rangka membuka cabang, sehingga cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan
  2. Setelah Anda memiliki cukup modal untuk membuka usaha sejenis di tempat lain, kemudian pilih tempat yang menurut anda strategis. Tempat usaha kedua ini selanjutnya merupakan cabang yang pertama.
  3. Seiring berjalannya waktu, ternyata cabang Anda yang pertama ini menuai hasil. Cabang tersebut mendapatkan profit yang luar biasa, sehingga modal yang dikeluarkan untuk membuka cabang yang pertama ini telah 100% kembali. Tidak hanya itu saja bahkan terdapat profit yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Kemudian Anda merasa ingin membuka cabang ke dua di tempat lain tentunya dengan pilihan tempat yang strategis.

Menjual Peluang Bisnis (Business Opportunity)

Cara Sukses Mengembangkan Peluang Usaha Makanan

Setelah kita mengetahui contoh bisnis plan makanan dengan membuka cabang (branch), mengembangkan peluang usaha makanan selanjutnya adalah beranjak ke contoh peluang bisnis makanan yang berikut adalah Menjual Peluang Bisnis (Business Opportunity).

Belakangan ini terdapat beberapa pengusaha-pengusaha muda yang memulai bisnisnya dari nol dengan tingkat penguasaan dan pemahaman peluang dan strategi bisnis. Karena pengetahuan mereka akan bisnis yang sangat tinggi, biasanya mereka akan memulai bisnis yang sederhana. Namun dapat dikembangkan dan menjadi daya Tarik orang untuk membeli produknya.

Contoh dari cara mengembangkan peluang usaha makanan dengan menjual peluang bisnis (business opportunity) adalah bisnis kedai satu menu. Misalnya kedai tersebut hanya menjual satu menu saja, bisnis makanan ringan,  dan sebagainya.

Cara yang dilakukan untuk menerapkan strategi menjual peluang bisnis adalah

  1. Pertama, Anda buat bisnis yang sangat sederhana, mudah dikembangkan, dan produknya banyak digemari, dan dibutuhkan oleh masyarakat. Karena sifat produknya yang sangat digemari oleh masyarakat sehingga tingkat pengembalian modal, dan profit akan sangat tinggi hanya dalam waktu relatif singkat. Kemudian, satu hal yang akan terjadi adalah permintaan pasar akan meningkat
  2. Dalam rangka mengimbangi permintaan pasar, Anda sebagai pengusaha bisnis ini menawarkan kerja sama kepada pihak ketiga yang memiliki kekuatan finansial untuk ikut bergabung dalam bisnis Anda. Anda adalah pengusaha bisnis ini, yang selanjutnya akan bertindak sebagai operator bisnis. Sedangkan pihak ketika akan berkedudukan sebagai pemodal atau investor, dan bekerja sama sebagai partnership untuk mengembangkan bisnis tersebut
  3. Kemudian, Anda dan pihak ketiga perlu menyusun sebuah proposal usaha makanan yang di dalamnya tersusun program kemitraan. Anda perlu mempromosikan proposal bisnis makanan ini kepada masyarakat. Dalam proposal bisnis makanan tersebut juga berisi besarnya modal finansial yang harus disetor mitra kerja dan beberapa role games untuk masing-masing pihak
  4. Setelah mendapatkan beberapa orang yang ingin bergabung ke dalam bisnis tersebut, maka Anda sebagai operator bisnis harus melakukan seleksi untuk menentukan calon investor yang dianggap layak untuk bekerja sama dengan Anda di masa depan. Tentunya dengan melakukan proses seleksi, terdapat beberapa variabel pertimbangan yang dapat Anda terapkan, di antaranya kemampuan finansial calon investor, prospek usaha, lokasi usaha, ketersediaan bahan baku produk, pertimbangan pengaruh lingkungan seperti lingkungan sosial, politik, dan budaya, serta jaminan keamanan.
  5. Setelah terjadi kesepakatan, maka Anda dan beberapa mitra kerja terpilih menandatangani perjanjian kerjasama. Dalam draft perjanjian kerjasama yang ditandatangani, tentunya berisi aturan main, job description, dan boundary antara Anda sebagai operator bisnis, mitra kerja anda, dan para investor selaku pemilik modal. Pengusaha berhak mendapat royalti merek dagang oleh investor, sedangkan investor berhak atas keuntungan bisnis yang dikelola secara bersama-sama.

Setelah anda mengetahui beberapa cara untuk mengembangkan peluang usaha makanan , anda dapat langsung menerapkan beberapa contoh strategi yang telah disebutkan di atas.

Strategi bisnis adalah strategi yang bukan diperuntukkan bagi orang yang berhati lemah, dunia wirausaha merupakan dunia orang-orang kreatif, orang-orang yang mau berusaha, dan kreatif. Semoga cara mengembangkan peluang usaha tersebut membuat bisnis makanan Anda benar-benar berkembang.

Add Comment