Kenapa Ban Kendaraan Sering Kempes Tiba-tiba?

penyebab ban kempes

Penyebab Ban Kempes – Image: commons.wikimedia.org

Penyebab Ban Kempes Tiba-tiba – Mengendarai kendaraan terutama sepeda motor dengan kondisi yang tengah terburu-buru bisa membuat kesal yang ternyata ban mengalami kempes. Kejadian tersebut tentunya membuat pengendara tidak nyaman apalagi kejadian tersebut terjadi di kala waktu genting maupun di tempat yang sulit untuk menambal ban.

Baca: Bagus Mana ! Mengganti Ban Baru, Lebih Baik Pasang di Depan atau Belakang Dulu ?

Banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan ban kempis secara tiba-tiba, salah satunya karena lantai yang dingin. Lantai dingin bisa menyebabkan penyusutan ban. Motor yang sering mengalami ban kempis yaitu motor matic. Hal tersebut disebabkan karena mesin pada motor matic berada di bagian belakang dekat dengan ban. Sewaktu motor berjalan, suhu panas mesin tersebut akan mempengaruhi ban yang berada dekat dengan mesin.

Berikut ini sejumlah penyebab ban kempes secara tiba-tiba.

Penyebab Ban Kempes Tiba-tiba

1. Ban Terlalu Tipis

Sebaiknya gantilah ban apabila ban kendaraan Anda sudah terlalu tipis, ban yang sudah terlalu tipis akan gampang bocor. Menggunakan ban yang sudah tipis tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara saja, namun juga mengganggu keamanan berkendara yang dapat mengakibatkan tergelincir. Ban yang sudah tipis tingkat kebocorannya sangat tinggi apabila digunakan di jalan yang berbatu ataupun dikendarai dalam kecepatan tinggi.

2. Bocor Halus

Bocor halus bisa terjadi karena ban mengenai kerikil tajam, meskipun kerikil tersebut berukuran kecil seperti lubang jarum. Bocor halus ini tidak terlihat, namun efeknya akan terasa dua hari kemudian. Tidak hanya arena kerikil saja, namun bocor halus pun dapat disebabkan karena ban luarnya sudah mulai menipis. Ketika ban terkena paku maupun benda tajam lainnya maka benda tajam tersebut akan menembus ke ban dalam.

3. Kondisi Pentil Sudah Tidak Baik

Penyebab ban kempes secara tiba-tiba bisa disebabkan karena pentil sudah tidak layak digunakan. Pentil merupakan saluran masuknya angin ke ban, pentil ini juga berfungsi untuk menutup udara dari dalam sehingga udara yang ada di dalam tak keluar begitu saja. Cara memeriksa pentil kendaraan mengalami kerusakan atau tidak bisa dilakukan dengan cara memeriksa palngnya, yaitu dengan memakai air sabun cuci yang dioleskan ke bagian ujung pentil tersebut. Apabila pada palng pentil mengeluarkan gelembung maka dapat dipastikan pentil tersebut mengalami kerusakan.

4. Kondisi Ban Dalam Kurang Baik

Sebaiknya ganti ban dalam yang sudah melebihi 3 kali penambalan sebab kondisinya sudah tak layak digunakan. Meskipun proses penambalannya berjalan baik, namun terlalu banyak penambalan sangat tidak baik bagi performa ban.

Tidak hanya itu saja, menggunakan ban dalam yang ukurannya terlalu besar dari ban luar pun dapat menjadi alasan mengapa ban bisa kempis secara tiba-tiba sebab terjadi gesekan di antara ban dalam yang terlalu besar dengan ban luar.

Add Comment