6 Masalah AC dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6 Masalah AC dan Bagaimana Cara Mengatasinya Cara Mengatasi AC Bocor

Pendingin ruangan atau biasa disebut dengan istilah AC (Air Conditioner) menjadi salah satu alat elektronik yang kerap digunakan, entah itu di rumah, kantor ataupun di tempat lainnya. Terlebih bagi seseorang yang tinggal di area berhawa lembab ataupun panas.

Sama seperti alat elektronik lainnya, alat ini pun akan mengalami gangguan, entah itu karena kesalahan pengguna ataupun karena kerusakan teknis. Apabila mengalami gangguan tentunya ruangan akan menjadi kurang, yakni akan terasa panas atau pengap.

Di bawah ini ada beberapa permasalahan AC beserta solusinya.

6 Masalah Seputar AC dan Bagaimana Cara Mengatasinya

AC yang saya miliki bocor, airnya selalu menetes apabila AC dihidupkan. Apa penyebab AC bocor serta bagaimana cara mengatasi ac bocor?

Jawab: Terdapat sejumlah kemungkinan penyebab AC bocor adalah saluran pembuangan AC mampat sehingga airnya tidak bisa mengalir dengan lancar. Sehingga yang terjadi air akan meluap pada bak penampungan dan air pun akan menetes ke luar. Cara mengatasi AC bocor yakni carilah penyebab mampat serta bersihkanlah saluran tersebut.

Penyebab AC bocor selanjutnya adalah bagian pompa drain yang ada pada AC tak bisa berfungi dengan baik. Cara mengatasi AC bocor karena hal ini adalah menghubungi teknisi ataupun pusat pelayanan AC yang Anda miliki. Penyebab AC bocor pun bisa dikarenakan saluran pembuangan air AC yang kurang rapat.

Freon AC bocor. Apa penyebab freon ac bocor dan bagaimana cara memperbaiki freon bocor?

Jawab: Ada begitu banyak penyebab freon AC bocor, akan tetapi pada umumnya penyebab freon AC bocor karena adanya sambungan instalasi pipa yang kendur ataupun kurang kencang. Cara mengatasi freon AC bocor yakni kencangkanlah sekrup serta nut. Jika elu lakukanlah faring ulang dan jangan lupa lakukanlah pengecekan terhadap sambungan las pada bagian instalasi pipa guna memastikan ada atau tidaknya kebocoran.

Apakah kondensor perlu dirawat? Dan jika ya, maka bagaimana cara merawat kondensor AC ?

Jawab: Merawat kondensor pada AC sangat diperlukan, karena kondensor merupakan tempat pelepasan panas pada sebuah sistem AC. Jadi, supaya sistem AC bisa bekerja sempurna, maka pastikanlah kondensor AC selalu dalam kondisi bersih serta tidak terhalang benda apapun. Adapun perawatan kondensor ini dilakukan dengan cara pencucian secara berkala, biasanya sekitar 3 bulan sekali, namun tergantung kondisi lingkungan.

Apabila dinyalakan AC mengeluarkan suara berisik berderit-derit. Suara tersebut hilang beberapa saat kemudian, namun terkadang suara tersebut muncul kembali. Lalu apa penyebab AC berisik dan bagaimana cara mengatasi AC berisik?

Baca: Cara Memperbaiki AC Berisik, Sulit Hidup dan Terbakar

Jawab: Penyebab AC berisik bisa disebabkan banyak hal, di antaranya karena sekrup yang terpasang kurang kencang. Solusinya, kencangkanlah sekrup tersebut supaya suara berderit yang muncul hilang. Penyebab AC berisik yang kedua yaitu terdapat pipa yang bersentuhan langsung dengan cover ataupun bagian penutup Ac yang Anda miliki. Solusinya adalah atur ulang posisi pipa sehingga tak bersentuhan lagi dengan cover.

AC saya sering mengeluarkan bau yang kurang sedap apabila dihidupkan. Lalu bagaimana solusinya?

Jawab: Sebenarnya, AC tidak mengeluarkan bau. Jika muncul bau ketika AC baru dihidupkan, hal tersebut biasanya diakibatkan oleh sumber bau berasal dari makanan ataupun minuman yang terbawa oleh udara kemudian menempel pada kisi-kisi evaporator.

Atau bisa pula disebabkan karena adanya kotoran ataupun bakteri yang menumpuk pada bagian evaporator. Maka solusinya adalah lakukan perawatan dan pembersihan secara rutin, entah itu dilakukan secara sendiri ataupun meminta bantuan kepada sang ahli.

Jika ada masalah lain, silahkan berbagi melalui komentar.

3 Comments

  1. pelangi 11 April 2017
  2. Much abdus syukur 17 Juni 2017
  3. Koko 30 Juli 2017

Add Comment