Sejumlah Masalah Pompa Air dan Solusinya

Sejumlah Masalah Pompa Air dan SolusinyaSejumlah Masalah Pompa Air dan Solusinya

Sejumlah Masalah Pompa Air dan Solusinya

Keterbatasan instalasi pemasangan air bersih melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) memaksa kita untuk membuat sumur pompa air sendiri guna mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari. Namun masalahnya bagaimana jika mesin pompa rusak? Pastinya kita beserta keluarga akan dibuat kerepotan, tidak hanya itu saja aktivitas kita pun akan terganggu. Nah, apabila mesin air rusak berikut ini sejumlah masalah pompa air dan solusinya.

Sejumlah Masalah Pompa Air dan Solusinya

1. Air Tidak Keluar

Tanya: Beberapa waktu yang lalu saya memasang pompa air. mesin air dapat menyala dengan baik, akan tetapi tidak keluar air, dan padahal tidak sedang kemarau. Apa penyebab serta bagaimana solusi masalah pompa air seperti itu?

Jawab: Cobalah periksa permukaan air tanah, periksalah apakah pipa pompa menyentuh air ataukah tidak. Idealnya pipa mesti masuk ke dalam air sedalam 0,5 meter dari permukaan air.

Apabila pipa tersebut menyentuh dan masuk ke dalam air namun air tidak juga naik, maka cobalah ukur kedalaman sumur sampai menyentuh permukaan.

Misalnya, jika kedalaman sekitar 0 – 8 meter maka mesti menggunakan pompa air semi jet. Apabila kedalaman sekitar 10 – 25 meter, maka jenis pompa air yang digunakan adalah pompa air jet pump. Sedangkan jika kedalaman lebih dari 30 meter maka mesti menggunakan pompa air submersible pump.

Perlu diingat, kesalahan dalam memilih pompa air bisa membuat air tidak naik ke permukaan. Contohnya kedalaman permukaan sumur sekitar 15 meter, namun kita menggunakan pompa jenis semi jet, maka air pun tidak akan bisa naik. Dikarenakan mesin air semi jet digunakan untuk sumur dengan kedalaman 0 – 8 meter.

Apabila sudah menggunakan jenis mesin air yang tepat namun air tak kunjung naik, bisa jadi ada kebocoran pada pipa atau karena sambungan pada pipa tidak terpasang erat. Apabila terjadi demikian maka segera perbaiki.

2. Air Tidak Jernih

Tanya: Mengapa air yang keluar berwarna kekuningan serta terkadang mengandung tanah? Apa yang harus dilakukan?

Jawab: Air yang keluar berwarna kekuningan diakibatkan terdapat kandungan besi yang lumayan tinggi, ataupun bisa juga kandungan material lainnya. Saran kami, cobalah untuk memeriksakan kondisi air tersebut ke badan yang berwenang.

Sedangkan untuk air yang keluar mengandung tanah disebabkan karena pipa yang ada di dalam air jaraknya terlalu dekat dengan dasar sumur atau tanah. Alhasil, ketika mesin air menyedot, maka tanah pun akan tersedot. Solusinya, angkatlah pipa mesin air sedikit lebih tinggi.

Baca:

3. Mesin Pompa Bising dan Pompa Air Keluarnya Kecil

Tanya: Mengapa setiap kali pompa dinyalakan selalu mengeluarkan bunyi yang sangat bising, dan air keluarnya kecil? Bagaimana cara mengatasinya?

Jawab: Bunyi bising pada mesin air dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama bisa dikarenakan sumber air ataupun permukaan air tanah mengalami penurunan. Sehingga ujung pipa pompa hanya menyentuh sedikit permukaan. Periksalah permukaan air tanah sumur tersebut, apakah mengalami penurunan atau tidak.

Penyebab yang kedua adalah ada salah satu komponen mesin air yang bernama ball bearing mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Penyebab mesin air mengeluarkan suara bising yang ketiga adalah bisa dikarenakan adanya kotoran, seperti kerikil di dalam pompa. Sehingga aliran air terhambat, dan mesin pun akan bekerja lebih ekstra. Solusinya, bersihkanlah mesin air Anda.

4. Mesin Pompa Air Tidak Menyala

Tanya: Masalah pompa air yang terakhir adalah mesin air tidak menyala. Kenapa kipas pada mesin air  tidak berputar, dan mesin air tidak menyala walaupun sudah dihubungkan dengan listrik? Apa penyebabnya, dan bagaimana solusinya?

Mesin air tidak menyala bisa disebabkan banyak hal. Bisa dikarenakan kapasitor yang mengalami kerusakan ataupun sudah tidak layak pakai. Solusinya, gantilah kapasitor dengan jenis yang sama seperti bawaannya. Selain itu, bisa pula karena motor pompa terbakar. Solusinya, bawalah pompa air ke ahli pompa.

Itulah beberapa permasalahan yang ada pada mesin air. Semoga bermanfaat.

 

Add Comment