Seperti apa Cara Memilih Tangga Portable yang Tepat ?

Cara Memilih Tangga Portable Yang Tepat – Pemilihan tangga sangat penting dilakukan terlebih tangga portabel. Memilih tangga yang tepat bisa mengurangi terjadinya risiko kecelakaan. Terdapat sejumlah hal yang menjadi bahan pertimangan ketika hendak membeli atau memilih tangga semisal jenis, bahan pembuat, panjang dari tangga serta beban maksimum yang bisa di tahan oleh tangga itu sendiri.

cara memilih tangga

Image Credit: www.slideshare.net

Baca: Seperti Apa Cara Menggunakan Tangga yang Benar ?

Cara Memilih Tangga Portable yang Tepat

Terdapat beragam tipe dan jenis tangga yang tersedia. Ada tangga yang bisa berdiri sendiri (Self Supporting) ataupun tangga yang mesti di sandarkan ketika menggunakannya (Non Self Supporting). Tentunya pada masing-masing jenis serta tipe tangga tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangan berdasarkan jenis pekerjaan itu sendiri. Maka dari itu memilih jenis serta tipe tangga mesti di sesuaikan dengan keperluan serta kebutuhan pekerjaan.

Tangga Extension Ladder (non self supporting).

Tangga dengan sistem slidding atau extension ladder meruapakan pilihan bagi Anda yang ingin mempunyai tangga lebih panjang. Tangga tipe ini bisa ditarik sesuai tinggi yang Anda perlukan. Tangga Extension Ladder ini terdiri dari sejumlah bagian-bagian yang saing tuang tindih. Pada bagian tersebut bisa ditarik.

Tangga Standart StepLadder (Self Supported).

Tangga Stepladder adalah jenis tangga yang bisa berdiri tanpa memerlukan penopang semisal dinding, sebab tangga ini dilengkapi dengan kaki di mana kaki tangga tersebut berguna sebagai penopang. Tangga Standart StepLadder di desain untuk di tempatkan di tempat dengan permukaan yang rata serta hanya di gunakan untuk seorang pekerja saja. Tangga jenis ini mempunyai pengunci untuk menjaga kedua bagian tangga (spreader bar) tak renggang.

Ketika menaiki tangga ini, janganlah menaiki hingga pijakan paling atas serta jangan menggunakan tangga ini layaknya tangga extension ladder. Terdapat bermacam jenis tangga  Standart StepLadder, yaitu Two Way Stepladder, Trestle Ladder, Orchard Ladder serta Platform Ladder.

Ketika menaiki tangga, janganlah melebihi berat maksimum dari penggunaan tangga. Adapun berat maksimum pada tangga ialah sebagai berikut.

  • Spesial duty atau tipe IAA Ladder berat maksimum ialah 375 Pounds.
  • Extra Heavy Duty atau tipe I-A Ladder berat maksimum ialah 300 Pounds.
  • Heavy Duty atau tipe I Ladder berat maksimum ialah 250 pounds
  • Medium Duty atau tipe II Ladder berat maksimum ialah 225 pounds
  • Light Duty atau tipe III Ladder berat maksimum ialah 200 pounds

Bahan dari tangga pun bermacam-macam, di mulai dari kayu, alumunium serta fiber Glass.

Kayu

Tangga berbahan kayu sangat aki digunakan, sebab kayu merupakan isolator yang sangat baik untuk tegangan distrik. Akan tetapi apabila tangga berbahan kayu ini tak di rawat, maka akan mudah rapuh. Berilah lapisan varnish pada tangga kayu, hal ini bertujuan untuk menjaga kayu tersebut supaya tetap awet.

Aluminium

Tangga berbahan alumunium lebih awet digunakan, ringan serta anti karat. Akan tetapi jangan sesekali menggunakan tangga alumunium apabila berada di dekat jaringan kabel bertegangan listrik. Sebab alumunium salah satu penghantar listrik.

Fiber Glass

Tangga dari bahan fiber akan tahan terhadap cuaca, tak cepat rusak serta menjadi isolator untuk tegangan listrik apabila kondisi tangga kering. Akan tetapi tangga ini lebih berat dari pada tangga bahan kayu serta alumunium. Itulah sejumlah cara memilih tangga portable yang tepat.

Add Comment