Seperti Apa Cara Menggunakan Tangga yang Benar ?

cara menggunakan tangga yang benar

Cara Menggunakan Tangga – Image credit: calprima.org

Cara menggunakan tangga – Tangga portabel adalah akses untuk naik maupun untuk turun dari suatu tempat yang mempunyai beda ketinggian yang tak dilengkapi dengan tangga permanen. Di dalam dunia kerja serta kehidupan sehari-hari, alat ini sering kali dipakai. Seiring dengan perkembangan, kecelakaan yang berhubungan dengan pemakaian tangga pun banyak terjadi. Penyebab kecelakaannya bermacam-macam, semisal dari kondisi tangga itu sendiri, posisi tangga yang tidak benar, serta tingkah pengguna tangga ketika berada di tangga.

Untuk memastikan keadaan tangga layak tidaknya untuk digunakan maka mesti melakukan pemeriksaan. Tidak hanya itu saja, cara menggunakannya pun mesti diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan terjadinya risiko kecelakaan bagi pengguna tangga. Pemasangan tangga pun berperan penting terhadap risiko kecelakaan, ketidakstabilan dalam penempatan bisa menyebabkan tangga terjatuh serta tergelincir.

Baca: Seperti apa Cara Memilih Tangga Portable yang Tepat ?

Cara Menggunakan Tangga yang Benar

Lantas seperti apa cara menggunakan tangga yang benar ? berikut tipsnya.

cara menggunakan tangga yang benar

  • Ketika hendak menempatkan tangga, pastikanlah tidak terdapat jaringan kabel bertegangan listrik.
  • Tempatkanlah tangga pada permukaan rata serta tak licin. Apabila permukaan tersebut tak rata, maka pergunakanlah tangga yang mempunyai Levelling Device.
  • Pasanglah pengunci tangga atau spreader bar pada posisi yang benar-benar sudah mengunci.
  • Batasilah area kerja dengan memakai barikade atau dengan memakai traffic cone. Hal ini bertujuan supaya tidak terdapat kendaraan atau pekerja lainnya yang melintas di area yang terdapat tangga tersebut.
  • Ketika menaiki tangga, maka sisakanlah 3 feet dari atas. Hal ini bertujuan supaya tangga tidak terpeleset.

Langkah tersebut adalah langkah yang bisa di terapkan apabila menggunakan tangga standar atau tangga portabel tanpa extension. Apabila memakai tangga dengan extension, maka pemasangannya sebagai berikut:

cara menggunakan tangga yang benar

  • Letakkanlah tangga dengan bagian kakinya menumpu ke bawah dinding.
  • Angkatlah bagian ujung tangga yang lainnya, serta berjalanlah mengangkat dengan bagian kakinya tetap dalam keadaan semula. Harap diingat, ketika membawa tangga maka posisi badan harus tetap lurus. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera punggung.
  • Peganglah tangga supaya tetap dalam keadaan tegak, serta angkatlah tangga menjauh dari bagian dinding sejauh 1/4 .
  • Setelah itu, tempatkanlah kaki Anda di anak tangga bagian terbawah dengan salah satu tangan harus tetap memegang tangga serta tangan bagian yang lainnya menarik tali extension.
  • Aturlah kembali tangga ke dinding. Aturlah seaman mungkin dengan memperhatikan perbandingan 4:1

Itulah sejumlah cara menggunakan tangga yang benar dan aman ketika melakukan pekerjaan. Akan lebih aman lagi apabila bagian atas dari tangga di ikat selama melakukan pekerjaan, serta selalu melakukan SOP kerja aman ketika berada di atas tangga.

Add Comment