Stang Motor Bergetar? Ini 6 Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Stang Motor Bergetar? Ini 6 Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Stang Motor Bergetar? Ini 6 Penyebab dan Cara Memperbaikinya – Image: Pixabay.com – josealbafotos

Stang Motor Bergetar? Ini 6 Penyebab dan Cara Memperbaikinya – Di musim penghujan kondisi jalanan sangat tidak mendukung sekali, antara lain  jalanan licin, banyak aspal yang terkelupas sehingga menimbulkan lubang yang cukup besar.

Keadaan seperti itu membuat para pengendara motor harus berhati-hati. Untuk para biker kerap kali merasa stang motor bergetar atau tidak stabil sewaktu dikendarai, pastinya hal tersebut sangatlah berisiko apabila terus dipaksakan.

Stang motor bergetar atau tidak stabil diakibatkan karena sejumlah faktor, antara lain yaitu karena sempat terjatuh ataupun kerap melibas jalanan berlubang. Namun tidak hanya karena 2 hal tersebut, setang motor bergetar atau tidak stabil disebabkan banyak hal.

Berikut ini enam hal yang dapat membuat setang motor Anda tak stabil serta terasa goyang:

6 Penyebab Stang Motor Bergetar

Kondisi Ban

Stang Motor Bergetar? Ini 6 Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Image: Pixabay.com – Unsplash

Benjolan di ban dapat membuat stang motor bergetar atau tidak stabil. Adanya benjolan pada ban bisa kita rasakan sewaktu dikendarai. Maka dari itu, periksalah apakah keadaan ban motor Anda rata atau terdapat benjolan. Jangan lupa pula periksa tekanan angin, apakah sudah sesuai dengan yang dianjurkan. Apabila pada ban terdapat benjolan akibat tambalan, segeralah ganti dengan ban baru, sebab bisa membahayakan sewaktu dikendarai.

 

Baca: Kenapa Ban Kendaraan Sering Kempes Tiba-tiba?

Kondisi Pelek

Velg bengkok alias speleng serta retak pun bisa membuat stang motor bergetar atau tidak stabil sewaktu dikendarai. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara kendaraan di standarkan berdiri, setelah itu putar ban kendaraan serta lihat gerakan roda.

Apabila terdapat bagian yang goyang, itu berarti velg kendaraan ada yang bengkok, dan jika retak maka segera diganti dengan velg yang baru. Hal tersebut sangat penting untuk keselamatan.

Bearing Roda

Bearing roda merupakan komponen yang berada di tengah roda serta berhubungan langsung dengan roda. Periksalah bearing roda, apakah terdapat bantalan peluru yang pecah atau retak. Jika ya, maka mesti segera diganti. Untuk memeriksanya, dapat dengan menggoyang roda ke kiri serta ke kanan. Jika terasa goyang, itu berarti bearing roda memang mesti diganti.

Komstir

Komstir merupakan komponen yang berada di sumbu antara segitiga garpu depan dengan rangka motor. Komstir ini memegang peranan dalam pengendalian. Umur penggunaan komstir yang telah lama akan terasa oblak, sulit digerakkan, terasa kasar serta ketika kendaraan dibelokkan terasa kurang.

Kerusakan komstir ini pada umumnya karena mangkuk-mangkuk serta bola-bola besi yang sudah aus. Segera lakukan penggantian serta usahakanlah membeli suku cadang yang baru dan asli.

Shockbreaker

Salah satu fungsi shockbreaker ialah untuk menyerap kejutan dari permukaan jalanan yang tak rata ataupun bergelombang, sehingga berkendara akan terasa nyaman. selain itu, shockbreaker pun berguna untuk meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalanan. Setang yang tak stabil ataupun goyang bisa diakibatkan karena shockbreaker rusak. Penyebab rusaknya shockbreaker umumnya karena terjatuh, sehingga posisi shockbreaker tak presisi ataupun tak lurus.

Segitiga Dudukan Setang

Periksalah segitiga dudukan pada setang motor yang menghubungkan antara komponen setang dengan shockbreaker. Umumnya kerap terjadi ketidaksejajaran, antara garpu kiri dengan garpu kanan.

Untuk mengetahuinya, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara meluruskan terhadap tempat yang rata ataupun datar dengan mengukurnya menggunakan fuller. Jika ditemukan ketidaksejajaran, maka lebih baik bawa segitiga tersebut ke tukang press untuk dilakukan perbaikan.

Add Comment